Hastag Campus

6 Tips Adulting yang Wajib Dipelajari Mahasiswa Baru

Jadi mahasiswa yang harus merantau ke kota lain adalah sebuah tantangan yang tak mudah, terutama buat yang belum berpengalaman dan tak punya saudara di tanah rantau. Namun, itu adalah jalan yang sudah kamu pilih dan dapatkan. Gak perlu sedih dan galau, semua orang pasti akan mengalaminya.

Buat mahasiswa baru, ini beberapa tips adulting alias beranjak dewasa dan pergi dari zona nyaman yang harus kamu ketahui.

1. Mengatur keuangan lewat prioritas pengeluaran
Saat merantau, kamu mulai menyadari bahwa uang saku itu bukan hanya tentang jajan makanan dan barang yang kamu suka. Uang saku dari orang tua harus kamu alokasikan untuk membiayai beberapa pengeluaran wajib seperti bayar sewa kost, belanja bulanan, makan dan minum, bayar uang kuliah, hingga iuran lainnya.

Untuk itu, saat sudah menerima uang saku dari orang tua. Langsung alokasikan dana yang kamu punya untuk pengeluaran wajib terlebih dahulu. Di sini kamu akan belajar untuk memilah pengeluaran sesuai dengan prioritas.

Baca juga: 5 Tips untuk Menguasai Berbagai Skill dengan Cepat

2. Mengatur pola makan dan belanja kebutuhan sehari-hari
Penting pula bagimu untuk mengalokasikan dana khusus makan dan minum. Tak melulu harus beli makan di luar dengan hitungan Rp10.000 – 20.000 sekali makan, kamu bisa membeli bahan-bahan mentah, kering, atau makanan instan yang lebih murah dan mudah dimasak sendiri.

Kenali pula pola makan dan kebutuhanmu. Jangan membeli makanan terlalu banyak yang akhirnya hanya terbuang sia-sia, juga jangan sampai lupa makan dan akhirnya jatuh sakit. Inti dari merantau adalah mengenali dirimu sendiri.

3. Sedia obat-obatan pribadi selalu
Hidup sendiri artinya tak akan ada orang tua atau saudara yang akan siap siaga jika kamu tiba-tiba sakit. Kamu mungkin punya teman yang akan datang membantu. Namun, untuk berjaga-jaga jika tak ada yang bisa datang membantu, selalu siap dengan obat-obatan dalam kotak P3K.

Selain plester dan obat antiseptik, jangan lupa sediakan pula obat untuk penyakit-penyakit ringan yang tetap menyebalkan seperti flu dan demam. Misal suatu saat penyakit menyerang, kamu yang sudah tak kuat pergi ke luar kamar untuk ke apotek pun tetap aman.

4. Belanja ala penganut gaya hidup minimalisme
Orang-orang minimalis hanya beli barang yang mereka butuhkan dan membuat mereka senang. Mereka juga cenderung membeli barang dengan kualitas baik agar tak perlu membuang-buang barang dan cari penggantinya.

Tips ini bisa menghemat banyak uang sakumu yang sering kali melayang pergi hanya untuk barang-barang yang sebenarnya tidak begitu kamu butuhkan.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Memberi Pencerahan Saat Bingung Pilih Jurusan Kuliah

5. Atur jadwal bersih-bersih
Lawan rasa malas dan mengatur jadwal bersih-bersih rutin. Luangkan waktu 20-30 menit tiap harinya untuk membersihkan kamar. Misal hari Senin, kamu menyapu dan mengepel. Di hari Selasa, kamu hanya akan membersihkan debu. Di hari Rabu kamu hanya akan mencuci. Dengan begitu kamu punya lebih banyak waktu di akhir pekan.

6. Luangkan waktu buat mengasah keterampilan
Terakhir, jangan lupa untuk membekali dirimu dengan soft skill alias keterampilan lain selain belajar formal di kampus. Gali dan asah keterampilanmu lewat hobi dan minatmu. Kamu juga bisa mencoba kursus online atau bahkan ikut kursus yang tersedia di kota kamu tinggal.

Meski terlihat sulit dan gak nyaman, merantau punya banyak manfaat untuk kehidupanmu di masa depan. Sebab, tak selamanya orang tua akan mendampingi kamu. Selain belajar yang sungguh-sungguh, kuliah di perantauan akan mengubahmu jadi sosok yang lebih dewasa.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star