Hastag Campus

5 Tips Ampuh Agar Semangat Kuliahmu Tidak Hanya Ada di Awal Saja

Suasa belajar di bangku kuliah jelas sangat berbeda dengan belajar di sekolah, saat kamu masih SMA. Makannya tidak jarang, semangat para mahasiswa baru sangatlah besar untuk bisa mendapatkan ilmu sebanyak mungkin. Namun, tidak jarang semangat tersebut hanya bertahan beberapa semester atau bahkan hanya beberapa bulan saja.

Supaya semangat kamu tidak mudah luntur dan akan bertahan sampai lulus nanti. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dari sekarang lho. Apa saja kira-kira? Yuk kita simak di bawah ini.

1. Jadikan ospek sebagai momen pencarian sahabat terdekatmu
Ospek atau masa pengenalan mahasiswa baru, ternyata mempunyai beberapa manfaat. Salah satunya kamu bisa mencari sahabat yang bisa memberikan pengaruh positif, saling memberikan semangat, hingga bisa menjadi teman untuk bersenang-senang.

Apa jadinya jika selama belajar selama empat tahun, kamu tidak mempunyai sahabat terbaik? Pasti kamu akan merasa kesepian dan akan cepat merasa bosan saat menjadi mahasiswa. Carilah beberapa teman terbaik dari sekarang, yang bisa menambah semangat kamu untuk giat belajar

Baca juga: 5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

2. Tidak hanya teman satu angkatan saja, gali juga ilmu-ilmu dari para senior
Meskipun posisi kamu sebagai mahasiswa baru, jangan sekali-kali untuk segan atau malu berkumpul dengan senior-senior kamu. Galilah ilmu dan ambil hikmah dari pengalaman-pengalaman mereka selama menjadi mahasiswa. Seperti tips menghadapi dosen galak, tips mengatasi tugas yang menumpuk, hingga masalah asmara juga bisa kamu tanyakan kepada mereka.

3. Carilah kegiatan-kegiatan kampus yang bisa membuat semangat kamu selalu bertambah
Kamu termasuk orang yang suka dengan sebuah organisasi? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan kegiatan-kegiatan kampus untuk menyalurkan hobi dan bakat yang kamu punya. Tidak hanya itu, aktif dikegiatan-kegiatan kampus juga bisa membuat semangat kamu selalu stabil lho. Karena tentunya, kamu akan menemukan orang-orang baru dan kegiatan kampus pun, selalu seru alias anti bosen.

Baca juga: 5 Alasan Logis Kamu Sebaiknya Bekerja Dulu Sebelum Lanjut Kuliah S2

4. Sebelum mengambil keputusan, pikirkan baik-baik jurusan yang kamu pilih
Bagi kalian yang belum menentukan jurusan, alngkah baiknya untuk dipikirkan secara baik-baik. Jangan sampai kamu salah mengambil jurusan dan jangan sampai kamu terjebak dalam keputusan yang salah. Karena percaya atau tidak hal ini sangat berpengaruh terhadap semangat kuliah kamu nanti lho.

Sedangkan bagi kamu yang sudah terlanjur mengambil jurusan yang salah. Kamu tidak perlu bersedih atau berputus asa guys. Kamu tetap akan mendapatkan banyak keuntungan kok. Salah satunya kamu akan mendapatkan dunia baru dan pengalaman baru, di luar dari apa yang kamu ketahui.

5. Selalu ingat dengan tujuan mengapa kamu harus kuliah
Saat semangat kamu mulai memudar, coba ingat kembali cita-cita dan tujuan kamu untuk kuliah. Pastikan bahwa niat kamu tetap sama dan semangatnya pun, tetap sama seperti pertama kali kamu masuk kuliah. Selain itu, kamu juga harus selalu ingat dengan perjuangan orang tua yang mengharapkan kamu agar segera lulus dan bisa sukses.

Meskipun kamu sudah terbilang mahasiswa yang cukup lama. Bukan berarti semangat kamu harus menurun. Tetap semangat dan tetap optimis untuk bisa selalu menjadi yang terbaik.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star