Hastag Campus

7 Tips Ciptakan Study Space yang Bisa Bikin Betah Nugas

Meja belajar adalah salah satu hal penting bagi setiap orang, terutama yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di depan laptop atau membaca buku, juga menulis. Bisa dibayangkan bagaimana hidup tanpa meja belajar di kost-an atau rumah? Pastinya kamu bakal sering menghabiskan uang jajan untuk belajar di kafe kece.

Nah, demi program penghematan dan kelancaran proses belajar apalagi kamu yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis. Coba cek inspirasi study space atau ruang belajar berikut untuk diwujudkan di kamarmu.

1. Tak perlu menaruh terlalu banyak barang di meja, cukup letakkan barang yang kamu perlukan
Ini supaya kamu gak merasa risih dan malas saat melihat meja yang berantakan dan penuh benda-benda kurang berfaedah. Meja yang rapi dan luas bisa membuatmu merasa belajar di meja kafe yang kosong. Setuju?

2. Pilih bahan kayu dengan warna alami biar makin betah
Meja kayu dengan warna alami secara tidak langsung bisa menumbuhkan mood-mu untuk belajar atau bekerja. Apalagi jika kamu seorang yang suka dengan pemandangan alam, jendela lebar untuk dapat penerangan alami bisa membuatmu bekerja sambil liburan.

3. Boleh taruh benda favorit di mejamu asal tak membuatnya tampak penuh sesak
Bukan hal yang dilarang kok untuk meletakkan barang-barang favoritmu seperti cinderamata, pajangan, atau bingkai foto. Asalkan kamu bisa menatanya dengan rapi sehingga tidak mengganggu kinerja dan konsentrasimu.

4. Pastikan penerangannya cukup, agar mata tak cepat lelah
Bila perlu kamu bisa menambahkan lampu belajar yang bisa kamu pergunakan untuk menambah fokus penerangan di sekitar meja belajar saja. Terkadang lampu ruangan bisa membentuk bayangan saat kamu menulis atau membaca, lampu meja bisa mengatasinya.

5. Pilih kursi dengan sandaran supaya punggung tak cepat lelah
Sandaran pada kursi sangat penting untuk menyangga punggungmu. Jangan melihat kursi dari bentuknya yang unik saja, faktor ergonomis sangat penting sehingga kamu pun tidak mudah letih saat harus duduk dalam waktu lama. Usahakan juga kamu sesekali berdiri dan berjalan.

6. Meja lipat dengan desain sederhana ini bisa jadi trik jitu supaya kita gak nyampah di meja
Dengan space yang cukup kecil ini kita akan terlatih untuk gak nyampah di meja belajar. Apalagi kalau modelnya lipat, jelas tak ada ruang buat menaruh barang secara acak-acakan di atas meja.

7. Taruh pajangan dan fotomu pada papan buletin
Ini supaya benda-benda favoritmu itu tidak mengurangi ruang belajarmu di meja. Lebih leluasa dan fokus tanpa kehilangan penyemangat.

Mudah banget ‘kan tipsnya? Semoga belajarmu menyenangkan ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star