Hastag Campus

Tips biar Performamu Maksimal saat Magang, Bikin Atasan Tertarik

Bagi beberapa orang yang sudah berpengalaman bekerja, masa probation atau masa percobaan barangkali dapat dilalui tanpa kendala yang berarti. Namun bagi para jobseeker yang baru mendapatkan pekerjaan pertama kali, biasanya harus berusaha lebih lagi untuk menyesuaikan diri.

Pada masa percobaan, karyawan diminta perusahaan untuk menunjukkan kemampuan yang maksimal. Potensi yang berhasil dilihat oleh HRD betul-betul diperhatikan dan diberi penilaian sampai masa percobaan selesai.

Lalu, kira-kira tips apa saja yang bisa dilakukan oleh bagi karyawan yang masih pada masa percobaan agar dapat melakukan dengan maksimal?

1. Berusaha tepat waktu dan profesional
Usahakan untuk terus tepat waktu, baik itu saat menepati waktu jam kantor maupun menyelesaikan tugas. Pada tahap ini, atasan akan melakukan penilaian secara bertahap dan berkelanjutan sampai masa percobaan selesai. Tunjukkan kemampuan optimal kamu dan jangan malu untuk bertanya tentang tugas yang belum kamu mengerti.

Baca juga: 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Salah Jurusan, Hati-hati!

2. Jujur dan selalu inisiatif memberi kontribusi serta inovasi
Beranilah untuk jujur sekalipun itu pahit, termasuk dalam hal ini adalah jujur terhadap kemampuan yang kamu miliki. Jika seandainya kamu belum mampu, katakan dan mintalah arahan untuk menyelesaikan tugas yang kamu jalankan.

Perhatikan dengan detail setiap bimbingan dan berusahalah selalu teliti. Jangan lupa untuk selalu berinisiatif dan responsif terhadap pekerjaan. Kamu dituntut untuk mengerti pekerjaan sekaligus berkoordinasi dengan tim.

3. Menjaga motivasi selama masa probation
Coba untuk terus menjaga motivasi dengan fokus terhadap tugas setiap harinya. Tentukan apa yang ingin kamu capai dengan terus bersemangat. Barangkali ada rasa tidak kompeten atau minder karena pengetahuan yang kurang, namun dengan menjaga motivasi serta tetap optimis maka kamu akan lebih mudah menyesuaikan. Kamu selalu bisa bertanya pada rekan kerja yang lebih senior.

4. Bersosialisasi dengan cara yang positif
Pada masa percobaan, bukan hanya performa kerja yang dijadikan penilaian, melainkan cara bersosialisasi serta kemampuan berkomunikasi dengan rekan kerja. Maka kamu harus membangun relasi yang baik antara kamu dan rekan kerja lain. Usahakan untuk terus mendekatkan diri dengan menciptakan percakapan ringan selagi ada waktu senggang.

Baca juga: 6 Tips Cepat Pahami Materi Jika Buku Kuliahmu Tebal & Membosankan

5. Beri target dan pengukuran pada kinerja kamu sendiri
Memberikan target pada dirimu sendiri akan membantu kinerja kamu tetap terkendali. Karena tak dimungkiri, kinerja kamu juga terus dipantau oleh atasan selama masa percobaan. Bukan hanya menunjukkan kesungguhan kamu dalam bekerja, namun memiliki target yang jelas akan membuat mereka yakin kalau kamu serius dan memiliki tujuan di setiap pekerjaan yang kamu selesaikan.

6. Selalu tanamkan jiwa mau belajar dalam dirimu
Untuk mengikuti masa percobaan memang tidak mudah dan penuh tantangan, namun jika kamu menanamkan jiwa pelajar maka itu akan lebih mempermudah. Tanamkan jiwa mau belajar dan apabila ada hal-hal yang kurang kamu pahami segera bertanya pada mereka yang lebih mengerti.

Semoga dengan menerapkan tips di atas akan membuat kamu lebih percaya diri dan dapat menyelesaikan target kerja saat masa percobaan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star