Hastag Campus

Kuliah Kependidikan, Ini 6 Hal yang Diperoleh dari Praktik Lapangan

Setiap calon pendidik akan mendapatkan kesempatan untuk terjun secara langsung ke sekolah melalui kegiatan praktik lapangan. Masa yang ditempuh oleh seorang mahasiswa dalam menjalankan kegiatan tersebut bervariasi bergantung kebijakan kampus.

Tujuan utama pelaksanaan kegiatan tersebut adalah agar mahasiswa sebagai calon pendidik mampu memahami keadaan sekolah secara utuh. Calon guru juga diberi kesempatan untuk mengamalkan ilmu yang diperoleh selama kuliah.

1. Mengenal lingkungan sekolah secara nyata
Praktik pengalaman lapangan memberikan calon guru banyak waktu untuk mengenal lingkungan sekolah secara nyata. Mahasiswa diperkenankan belajar berbagai aspek pendidikan yang ada di sekolah.

Belajar bukan lagi sekadar menerima teori di kampus bersama dosen, namun calon pendidik dapat bersentuhan langsung dengan lingkungan pendidikan.

Baca juga: 5 Alasan Bekerja Paruh Waktu Selagi Mahasiswa itu Bermanfaat Banget!

2. Bertemu siswa-siswa super unik
Tak jarang seorang guru terhibur oleh tingkah laku para siswa yang lucu dan konyol. Mahasiswa yang sedang praktik lapangan juga tak luput dari hal semacam itu. Banyak tingkah laku siswa yang dapat membuat calon guru terkesan.

3. Pengalaman dari guru senior
Mahasiswa yang menjalankan masa praktik lapangan didampingi oleh seorang guru pamong yang bertugas membimbing mahasiswa. Tak jarang guru pamong merupakan orang yang sangat menginspirasi karena beliau bersedia membagi banyak pengalaman yang diperoleh selama menjadi pendidik.

4. Memperoleh banyak relasi
Berada di lingkungan sekolah memungkinkan kamu sebagai calon guru untuk bertemu banyak orang. Kamu bisa mengenal banyak teman dan guru di sekolah. Kesempatan tersebut dapat menambah peluang memperoleh informasi yang mungkin bermanfaat saat kuliah ataupun telah kamu lulus kuliah.

Baca juga: Ini Beberapa Soft Skill yang Wajib Kamu Kuasai di Dunia Kerja

5. Mendapatkan banyak inspirasi sebagai pendidik
Matamu dapat terbuka lebar oleh sentuhan lingkungan pendidikan yang sesungguhnya. Kamu dapat belajar banyak hal dan tak jarang terkesan oleh peristiwa di sekolah yang tidak kamu duga sebelumnya.

6. Menambah keterampilan mengajar
Kamu dapat mengasah keterampilanmu sebagai calon guru secara leluasa. Berbagai kemampuan seperti penguasaan materi dan pengelolaan kelas sangat mungkin dikembangkan.

Itulah beberapa hal yang dapat diperoleh hanya jika kamu kuliah di jurusan pendidikan. Tetap semangat ya bagi para calon guru! Guru merupakan pengubah wajah dunia.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star