Hastag Campus

Keren, 7 Dampak Positif yang Didapat Saat Memilih Kuliah Sambil Kerja

Selepas lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas atau SMA, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. Antara lanjut ke jenjang perguruan tinggi atau memilih terjun ke dunia kerja. Tentu saja dua-duanya mempunyai plus dan minusnya masing-masing. Namun, gak sedikit juga lho, yang memilih melakoni keduanya sekaligus.

Banyak alasan yang mendorong seseorang memutuskan untuk kuliah sekaligus bekerja. Bisa karena keterbatasan orangtua yang hanya bisa menyekolahkan hingga lulus SMA atau memang karena ingin mulai hidup mandiri.

Nah, kalau saat ini kamu tengah menjalani sebuah pekerjaan sekaligus berstatus sebagai mahasiswa, kamu patut berbangga ya. Sebab, dampak positif berikut ini pasti kamu rasakan.

1. Dapat tambahan uang jajan
Salah satu nilai plus yang jelas didapatkan kalau kamu bekerja tentu saja adalah gaji. Yap, karena statusmu saat ini masih seorang mahasiswa tentu saja pekerjaan yang kamu tekuni tak bisa full seperti karyawan kantoran pada umumnya. Kamu bisa ambil kerja part time atau freelance sesuai minat dan kemampuanmu.

Walau penghasilan yang didapat belum seberapa, tapi karena kamu masih single, maka itu bisa lebih dari cukup kok untuk memenuhi kebutuhan pribadimu sendiri. Selain tentunya dapat suntikkan dana dari orangtua, kamu jadi punya uang jajan tambahan kan. Tapi jangan lupa sisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung ya.

2. Terampil mengatur waktu
Karena memiliki tanggung jawab yang double, mau tak mau kamu harus dapat mengatur waktumu dengan bijak. Jangan sampai salah satunya jadi terbengkalai karena fokusmu tak terbagi dengan baik. Kuliah harus dapat selesai tepat waktu, sementara pekerjaanmu juga gak boleh keteteran. Oleh karena itu, kamu jadi ekstra cekatan dalam me-manage waktu yang ada.

Gak heran deh, kalau saat ini kamu lebih bisa menghargai waktu dan selalu berusaha tidak ngaret kalau ada janji.

3. Punya lingkup pergaulan yang luas
Saat telah menyandang gelar sebagai mahasiswa, tentunya kamu akan mempunyai banyak teman baru. Tak hanya yang satu jurusan atau fakultas denganmu, teman-teman dari jurusan dan fakultas lain pun banyak yang kamu kenal. Pergaulanmu bakal lebih luas dibandingkan saat masih sekolah dulu.

Tetapi, jika kamu memilih untuk kerja sambil kuliah otomatis temanmu juga akan bertambah dari kawan kerja, klien sampai orang-orang yang dijumpai saat melakukan pekerjaan. Percaya deh, dengan punya banyak relasi seperti itu, bakal memudahkanmu di kemudian hari. Siapa tahu kan dari sekedar kenal bisa lanjut jadi rekan bisnis.

4. Pandai bersosialisasi
Kalau dulu saat masih sekolah kamu suka malu-malu bila bertemu orang baru, kini kamu lebih bisa membawa diri dan percaya diri. Hal tersebut karena saat terjun ke dunia kerja, kamu dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan banyak orang. Sama halnya dengan kehidupan di lingkungan kampus, kamu tak bisa lagi menjadi pribadi yang individualis dan mesti bisa berkawan dengan siapa saja.

Karena baik di tempat kerja maupun saat kuliah, kamu membiasakan diri untuk berhubungan baik dengan semua orang, maka gak heran kalau sekarang kamu mulai bisa luwes mengakrabkan diri dengan orang baru sekalipun. Makin banyak teman nih.

5. Sebagian waktumu dihabiskan dengan kegiatan yang positif
Banyak orang berpendapat, masa muda adalah saatnya memuaskan diri untuk bersenang-senang. Mumpung masih lajang, manfaatkan waktu untuk main bareng teman-teman atau menjelajah tempat-tempat eksotis di Indonesia.

Memang pendapat itu gak salah, bersenang-senang itu perlu agar pikiran bisa relax dan segar kembali. Tapi jika tujuan utamamu saat masih single adalah bersenang-senang terus, itu sih kurang tepat ya.

Dengan memilih kerja sambil kuliah akan membantumu menghabiskan sebagian waktu luang untuk kegiatan yang lebih positif. Kamu gak perlu memaksakan diri dengan mengambil lebih dari satu pekerjaan, sementara masih punya tanggung jawab nilai di bangku kuliah.

Dengan belajar mandiri sejak dini, tentu kamu bisa lebih bisa menghargai kerja kerasmu sendiri. Urusan liburan, tentu ada saat yang tepat kok untuk melakukannya. Misalkan saja saat weekend.

6. Lebih siap menghadapi masa depan
Mulai bekerja bahkan saat tengah menyelesaikan kuliah, membuatmu lebih siap mental untuk menghadapi masa yang akan datang. Setelah mengantongi gelar Sarjana, tentu kamu gak bakal galau mau cari kerja apa atau enaknya bikin usaha apa. Karena telah lama berkecimpung di dunia kerja profesional, kamu juga telah punya pandangan mengenai profesi apa yang bakal ditekuni.

Bisa jadi lho, meskipun belum kelar kuliah kamu sudah tahu akan bekerja di mana nantinya. Atau ternyata kamu sudah bersiap-siap untuk memulai suatu usaha. Wah keren deh.

7. Memiliki banyak pengalaman
Terjun ke dunia kerja sekaligus menyelesaikan kuliah, tentu membawa segudang pengalaman baru buatmu. Hampir tiap hari ada saja kejadian tak terduga yang kamu alami. Baik itu kejadian yang menyenangkan atau bahkan yang menyusahkan. Saat bekerja, sesekali pasti bakal menemui kesulitan. Dari sinilah, mental serta kecakapanmu diuji. Layaknya menghadapi ujian tengah semester saat kuliah. Masalah pekerjaan itu juga, harus dituntaskan dengan baik.

Ingat kalimat bijak “Pengalaman adalah guru terbaik”. Nantinya segala pengalaman yang pernah kamu alami itu, akan membantumu di kemudian hari. Terpenting, adalah jangan gampang menyerah saat menemui kesulitan ya.

Melakoni sebuah pekerjaan sekaligus merampungkan studi memang bukan perkara yang gampang. Ada dua tanggung jawab yang mesti kamu emban dan selesaikan dengan tuntas. Gimana, apakah ketujuh dampak positif barusan, mulai kamu rasakan?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star