Hastag Campus

5 Cara Agar Tetap Fokus Kuliah Meskipun Kamu Bekerja

Tidak sedikit orang yang menjalankan kuliah sambil bekerja. Ada yang kuliah di malam hari, namun di pagi harinya ia bekerja. Ada juga yang kuliah di siang hari, namun pada pagi harinya masuk kerja.

Sering kali karena kelelahan bekerja, seseorang menjadi sulit untuk fokus pada kuliahnya. Kuliah pun terancam keteteran. Namun, sebenarnya ada cara agar kamu bisa tetap fokus kuliah meskipun bekerja. Berikut ini 5 caranya. Yuk, disimak!

1. Gunakan waktu luang untuk mengerjakan tugasmu
Saat kamu memiliki waktu luang, maka jangan sia-siakan waktu itu untuk belajar. Kerjakan tugas kuliahmu dengan cara mencicil, jadi kamu tidak akan kelabakan mengerjakan tugas dalam satu waktu.

Kamu mungkin bisa mengerjakan tugas kampus setelah pulang kerja atau saat menunggu kelas dimulai. Intinya, manfaatkan waktu luang yang ada untuk menyelesaikan satu per satu tugas yang diberikan dosenmu.

2. Saat jam istirahat kerja, kamu bisa mengkaji ulang bahan-bahan kuliahmu
Saat kamu bekerja, tentu ada masa jeda atau istirahat, seperti istirahat makan siang. Biasanya waktu istirahat berkisar 1,5 jam. Waktu ini sangat berharga jika dibuang percuma untuk ngobrol sambil makan siang dengan teman-temanmu.

Sebaiknya, setelah makan siang selesai,kamu bisa mengulas materi-materi kuliah yang telah kamu dapatkan dari kampus. Kaji ulang dan lihat lagi materi mana yang belum kamu pahami dan mana yang sudah. Dengan begitu kamu bisa mengukur kemampuanmu dalam memahami mata kuliah yang kamu ambil di kampus.

3. Gunakan hari Minggu untuk mengunjungi perpustakaan kampus
Meski hari Minggu adalah hari libur, tapi tidak sedikit orang yang memanfaatkan tanggal merah ini untuk merampungkan tugas-tugas yang masih tersisa. Kamu bisa memanfaatkan hari minggu untuk mengunjungi perpustakaan kampus.

Di beberapa universitas, perpustakaan tidak mengenal kata libur sehingga selalu buka di setiap harinya. Dengan mengunjungi perpustakaan, kamu bisa mencari buku-buku yang relavan dengan tugas atau mata kuliahmu, sehingga kamu memiliki bahan bacaan untuk menambah wawasan pada mata kuliah yang kamu ambil.

4. Usahakan selalu hadir kuliah kecuali kamu sakit atau berhalangan hadir
Supaya kamu gak ketinggalan penjelasan dari dosen terkait materi kuliah, maka jangan pernah absen di kelas, kecuali jika kamu sakit atau berhalangan hadir.

Ingat, meski kamu bekerja dan membuatmu sedikit merasa letih, namun tetaplah hadir dan jangan abaikan kuliahmu dengan jarang masuk kelas. Sebab, jika kamu terbiasa bolos kuliah, hal itu juga akan merugikanmu sendiri.

5. Bertanya pada dosen atau temanmu yang aktif di kelas tentang materi yang belum kamu pahami
Jangan sia-siakan kesempatan bertanya kepada dosen terkait materi kuliah yang belum kamu pahami secara mendalam. Nantinya dosen akan membantumu memberikan rujukan bacaan atau referensi yang tepat untuk menajamkan kemampuanmu memahami materi yang ada.

Tak hanya dosen, kamu juga bisa bertanya atau berdiskusi dengan temanmu yang aktif di kelas. Biasanya anak yang aktif di kelas memiliki nilai plus yakni mampu untuk menyerap materi kuliah dengan baik, sehingga kamu bisa bertanya langsung pada temanmu.

Demikian 5 cara agar tetap fokus kuliah meskipun kamu bekerja. Cobalah mengatur waktumu sebaik mungkin, sehingga kegiatan kuliah dan bekerja tetap berjalan optimal.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star