Hastag Campus

5 Tips untuk Menguasai Berbagai Skill dengan Cepat

Pengetahuan saja tidak cukup untuk bersaing di era digital seperti sekarang ini. Mesin pencari, artificial intellegence hingga robot mampu menyimpan berbagai informasi dengan jumlah yang sangat besar dan dapat diakses dengan begitu mudahnya. Oleh karena itu, sebagai manusia yang dikaruniai akal dan pikiran hendaknya tidak hanya menguasai pengetahuan saja namun juga harus memiliki keahlian untuk bersaing dan terus berinovasi di era digital. Berikut ini langkah-langkah agar kamu mampu menguasai berbagai skill dengan cepat.

1. Tentukan skill yang ingin kamu kuasai
Manusia adalah mahluk yang tidak pernah puas. Ingin menjadi fotografer profesional, ngin menjadi pelukis, ingin menjadi penulis, ingin menjadi penyanyi dan masih banyak keinginan lainnya yang ingin dicapai. Fokuslah pada satu keahlian yang memiliki dampak yang besar terhadap hidup kamu terlebih dahulu, setelah kamu menguasai keahlian tersebut barulah pelajari skill lain yang kamu inginkan.

Baca juga: 8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

2. Temukan alasan mengapa ingin menguasai skill tersebut
Jika kamu ingin mempunyai banyak uang, kuasai skill yang membuat kamu memperoleh banyak uang. Jika kamu merasa tidak bahagia karena bentuk tubuh, maka mulailah untuk bergaya hidup sehat. Jika kamu ingin mempunyai pasangan, maka belajarlah untuk menarik perhatian lawan jenis. Ketika mempelajari skill baru, ada kalanya kita terdistraksi dengan hal lain sehingga tidak fokus terhadap target yang ingin dicapai. Selalu ingat alasan mengapa ingin menguasai skill ini membuat kamu terus bersemangat dan tidak mudah berhenti di tengah jalan.

3. Tetapkan target
Sejauh mana Kamu ingin menguasai suatu keahlian, apakah level beginner, advanced atau expert. Langkah selanjutnya adalah pecah target yang kamu tetapkan menjadi kegiatan-kegiatan yang harus kamu lakukan setiap harinya. Misalnya Kamu ingin menguasai cara memotret dengan mode Manual, maka kamu harus menguasai 3 hal dasar dalam fotografi, yaitu Aperture, Shutter Speed and ISO. Alokasikan 2 hari untuk mempelajari masing-masing fitur tersebut, maka dalam satu minggu kamu sudah bisa memotret dengan mode Manual.

Baca juga: Simak, Ini 5 Manfaat Exchange Program bagi Mahasiswa

4. Alokasikan waktu untuk mempelajari skill baru
Tidak mempunyai banyak waktu merupakan salah kendala dalam rangka meningkatkan skill yang kita miliki. Mempelajari skill baru membutuhkan waktu, sedangkan Kamu sudah mempunyai jadwal harian yang padat? Hal tersebut dapat disiasati dengan mengganti kegiatan yang kurang bermanfaat seperti menonton televisi, stalking mantan dan bergosip menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan skill.

5. Finished is better than perfect
Ketika membuat sebuah karya dan kita ingin memperoleh pujian dari orang lain, maka kita cenderung mengerjakan hal tersebut dengan sangat hati-hati dan memerlukan waktu yang cukup lama. Kerjakanlah sebuah karya dengan cepat untuk memperoleh feedback dari orang lain, dengan adanya feedback kita dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, sehingga kita bisa terus meningkatkan kualitas hasil karya yang kita buat.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star