Hastag Campus

5 Hal Ini Harus Dipertimbangkan Ketika Memutuskan Kuliah di Perantauan

Kuliah di perantauan mungkin menjadi hal yang kita inginkan saat masa sekolah. Membayangkan kehidupan jauh dari orang tua, tidak ada yang mengawasi, dan bisa bebas kemanapun pasti membuat kamu tertarik. Ingin merasakan hidup mandiri dan kuliah di tempat yang lebih baik pasti menjadi alasan terbesarmu. Namun, dibalik itu semua ada hal yang harus kamu pertimbangkan saat kuliah di luar kota. Apa aja sih hal yang harus kamu pikirkan lagi? Simak list di bawah ini yuk!

1. Pikirkan apakah kamu bisa sunguh-sungguh kuliah tanpa pengawasan orang tua
Ketika orang tua tidak ada di dekat kita akan ada rasa malas untuk sungguh-sungguh belajar di perantauan. Bahkan niat kita yang tadinya belajar berubah karena lingkungan pertemanan yang salah. Dalam hal ini, kamu harus mempunyai tekad kuat untuk sukses di tanah rantau meskipun tidak ada orang tua yang mengawasi.

Baca juga: 9 Manfaat Mengikuti Program Double Degree, Bagus untuk Masa Depanmu!

2. Merantau berarti kamu harus siap mandiri
Ketika di tanah rantau yang kamu jalani bukan hanya kehidupan perkuliahan saja. Banyak hal yang akan kamu hadapi dan harus dijalani sendirian. Jika dulunya kamu mengandalkan orang tua atau temanmu, sekarang kamu harus melewati sendiri tanpa bantuan siapapun.

3. Merantau bukan karena ingin mencoba tapi untuk dijalani
Kalau kamu merantau hanya karena rasa ingin mencoba, pemikiranmu salah. Ketika kamu mencoba dan menemukan tantangan yang sulit kamu akan mudah menyerah. Jangan mempunyai pikiran hanya ingin mencoba saja di perantauan. Tapi, berpikirlah untuk menghadapi tantangan yang baru.

Baca juga: Simak, Ini 5 Manfaat Exchange Program bagi Mahasiswa

4. Kamu harus meninggalkan fasilitas yang diberikan orang tuamu
Saat sekolah kamu masih di antar jemput, makanan sudah pasti tersedia, dan ada yang menyiapkan pakaianmu. Namun, ketika kuliah kamu harus melewati itu sendiri. Harus membersihkan tempat tinggalmu sendiri, mencari makan sendiri, dan banyak hal yang harus dilakukan sendirian. Semua fasilitas orang tua harus kamu tinggalkan.

5. Beradaptasi dengan lingkungan baru merupakan hal yang berat
Kalau kamu memutuskan untuk merantau, sudah pasti ada lingkungan yang baru. Disitulah kamu dituntut untuk beradaptasi. Di lingkungan yang baru nanti kamu juga harus menjaga sikap. Pastikan kamu melakukan segala sesuatu dalam batas sopan.

Merantau bukan berarti kamu bersenang-senang karena bebas dari orang tua. Kebebasanmu adalah tantangan terbesar yang akan kamu jalani. Pasti banyak dilema yang akan kamu hadapi dikarenakan lingkungan pertemanan. Namun, saat itu semua sudah dilewati sampai cita-citamu tercapai artinya kamu berhasil. Untuk kamu yang ingin merantau, pertimbangkan apakah kamu mampu menjalani itu semua.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star