Hastag Campus

Inilah 6 Manfaat Belajar Bikin Infografis bagi Mahasiswa

Istilah infografis pasti gak asing lagi buat kamu yang hobi berselancar di dunia maya. Situs berita, iklan, penjelasan tentang produk serta informasi untuk sosialisasi ke masyarakat adalah contoh konten yang biasanya diolah ke dalam bentuk infografis.

Infografis terdiri dari dua kata yaitu info dan grafis, artinya grafis yang menampilkan informasi. Informasi di dalamnya bisa berupa gambar dan kata-kata.

Infografis yang baik adalah yang mampu merepresentasikan data, angka, diagram dan naskah. Tak sekadar visual yang ciamik, infografis pun dibuat dari olahan data yang ingin kita sebar pesan moralnya.

Mahasiswa sebagai iron stock di masa depan, jangan sampai ketinggalan. Kamu juga perlu belajar cara membuatnya agar manfaatnya bisa kamu rasakan.

Apa saja manfaat yang kamu dapatkan jika mampu menguasai pembuatan infografis? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Menumbuhkan minat baca
Sudah jadi mahasiswa malah makin malas membaca buku atau artikel? Ada yang mengalaminya juga?

Sebagian mahasiswa justru kehilangan masa-masa berharganya untuk membaca beragam pengetahuan yang wajib dimilikinya. Penyebabnya banyak seperti kesibukan yang tidak terkendali, terus bersentuhan dengan urusan tugas, organisasi hingga bekerja paruh waktu. Selain itu, mahasiswa semakin kehilangan orientasi untuk membaca. Mereka bingung harus membaca konten seperti apa dan manfaat yang mereka cari.

Dengan membuat infografis, suka atau tidak kamu mesti membaca konten berupa isu-isu yang penting untuk disebar. Bacaan itu bisa berasal dari jurnal, artikel atau buku.

Baca juga: 5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Bekerja Secara Cerdas, Wajib Tahu!

2. Skill yang berguna untuk menghadapi tugas akhir
Beberapa keterampilan yang akan kamu butuhkan saat mengerjakan tugas akhir adalah analisis data dan mengolah narasi secara menarik. Dua hal itu bisa kamu dapatkan saat mempelajari infografis. Bisa dibilang, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Tidak hanya bisa menghasilkan infografis, kamu juga berkesempatan mengasah keterampilan analisis data dan mengolahnya menjadi narasi yang kuat.

3. Mengasah keterampilan desain grafis dan analisis data
Analisis data dan desain grafis adalah keterampilan yang sangat diperlukan di era Industri 4.0. Hal ini terbukti dari visual-visual segar dan cantik pada aplikasi, logo dan tampilan website semakin digandrungi. Tidak hanya itu, kemunculan startup-startup yang sukses juga tidak jauh dari peran big data.

Bikin infografis akan jadi pemacu yang bagus untukmu mengasah dua skill tersebut.

4. Sarana untuk menyebarkan pesan-pesan positif hingga viral
Tidak melulu kata-kata penggugah dan gambar monoton untuk membuat konten viral. Mulai sekarang, kamu bisa naik level dengan merancang infografis untuk menyebarkan pesan-pesan positif.

Bahkan, dampak yang dibawa oleh infografis jauh lebih kuat karena didukung dengan logika ilmiah dan data. Meski tidak semua infografis wajib menyertakan data, setidaknya tampilan infografis jauh lebih meyakinkan.

Baca juga: Ingin Skor TOEFL Bagus Tanpa Kursus? Lakukan 4 Hal Mudah Ini!

5. Menjadi problem solver bagi masyarakat super sibuk
Beberapa kalangan di masyarakat kita ada yang begitu sibuk dalam urusan kesehariannya. Mulai dari urusan kerja, keluarga, tetangga, organisasi dan lain-lain.

Meski sibuk, wawasan kekinian tetap mereka butuhkan. Tapi, mereka hampir tidak punya waktu untuk membaca, menulis, menyimak acara televisi dengan tenang akibat padatnya aktivitas.

Infografis bisa menjadi solusi untuk kondisi orang-orang seperti itu. Tampilannya yang menarik tapi padat makna akan sangat membantu pembaca menyerap informasi dengan baik.

6. Cara segar memasarkan produk/jasa secara digital
Saking menariknya, infografis bahkan bisa dimanfaatkan untuk iklan produk atau jasa dari bisnis yang kamu miliki.

Rancanglah visual yang berhubungan dengan konten iklan. Kamu bisa memanfaatkan gambar vektor dari situs-situs gratis. Buatlah narasi singkat, padat, jelas dan tepat sasaran agar iklan dari infografis yang kamu buat lebih menarik perhatian calon pelanggan.

Nah, itulah manfaat luar luar biasa yang bakalan kamu rasakan jika serius menekuni infografis di bangku kuliah.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star