Hastag Campus

5 Sifat yang Harus Dimiliki Oleh Mahasiswa, Maba Harus Tahu!

Mahasiswa adalah sebuah status tertinggi bagi seseorang yang sedang mengemban tanggung jawab untuk belajar di suatu perguruan tinggi, baik itu untuk strata satu bahkan hingga gelar doktor.

Sebagai mahasiswa, tentu banyak orang beranggapan bahwa stereotip yang melekat adalah seseorang dengan kemampuan akademik yang baik dan cerdas serta mampu menjadi harapan baru bagi bangsa dan negara.

Untuk kalian yang mungkin baru saja melanjutkan pendidikan menjadi seorang mahasiswa, berikut 5 sifat wajib yang harus dimiliki oleh para mahasiswa.

1. Memiliki pemikiran yang kritis
Sebagai seorang mahasiswa tentu tuntutan yang diberikan akan jauh lebih berat jika dibandingkan para siswa yang masih duduk di sekolah tingkat akhir. Mahasiswa harus memiliki pemikiran yang kritis terhadap suatu hal sehingga tentu pola pikir seperti inilah yang diharapkan akan selalu ada pada mahasiswa masa kini.

Baca juga: Cara Sukses Magang untuk Mahasiswa Tingkat Akhir, Pasti Dapat Nilai A!

2. Pandai berargumen dan menyampaikan pendapat
Jika mahasiswa sudah memiliki kemampuan berpikir yang kritis tentu saja untuk selanjutnya ia harus mampu berargumen dan menyampaikan apa yang ia pikirkan terhadap publik.

Jangan sampai justru hanya beropini, tetapi tidak mampu berargumen. Selama argumen yang diberikan memang benar adanya, sesuai fakta yang ada, tentu tidak ada yang perlu dipersoalkan.

3. Kepercayaan diri
Sebagai mahasiswa yang sudah menempuh pendidikan hingga ke tingkat perguruan tinggi, rasanya sangat disayangkan bila pencapaian akademik yang didapat tidak didukung dengan kepercayaan diri yang tinggi. Tentu saja akan sangat sulit beradaptasi serta menunjukkan kemampuan bila tidak punya kepercayaan diri, padahal di perguruan tinggilah kita dituntut untuk saling bersaing satu sama lain.

Baca juga: 5 Tips Memilih Pekerjaan Tepat untuk Kamu yang Fresh Graduate

4. Supel dan mudah bergabung
Tidak seperti saat kita masih menjadi siswa, relasi yang terjalin saat sudah menyandang predikat sebagai mahasiswa tentu akan sangat berbeda. Perlu adanya sifat supel dan kemampuan untuk mudah bergabung dengan orang-orang baru sebab tentu relasi yang ada akan jauh lebih luas. Percuma saja bila kita sudah menyandang status sebagai mahasiswa bila justru kita terlalu tertutup dan tidak bergaul.

5. Mandiri
Jika sebelumnya saat masih berada di sekolah menengah akhir, kita cenderung diawasi dari segi akademik dan tingkah laku, maka saat sudah berada di perguruan tinggi tentu semua hal tersebut menjadi tanggung jawab sendiri.

Kamu harus mampu bertanggung jawab atas pencapaian akademik maupun tingkah laku yang kamu perbuat di lingkungan kampus, hal itulah yang membuat mahasiswa wajib memiliki sifat mandiri yang tinggi.

Nah, 5 sifat di atas adalah sifat yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa masa kini. Mahasiswa baru atau maba tentu harus memahami dan memiliki sifat-sifat tersebut guna menjadi calon bibit-bibit bangsa yang unggul. Kamu siap?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star