Hastag Campus

5 Hal yang Harus Selalu Kamu Ingat Saat Menjalankan KKN, Catat!

KKN merupakan kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata yang mengandung arti perkuliahan tersebut dilakukan di lapangan secara langsung melalui komunitas masyarakat yang ada pada sektor wilayah tertentu.

Memang seperti yang kita ketahui bahwa KKN adalah satu kegiatan yang harus dilewati sebelum akhirnya memulai pengerjaan skripsi. Selalu saja ada beragam cerita menarik saat menjalankan praktik tugas kuliah yang satu ini, meski begitu selalu ada aturannya lho selama melakukan praktik di sana sehingga tidak dapat sembarangan.

Untuk kamu yang mungkin akan menjalankan KKN, berikut 5 hal yang harus kamu ingat selama KKN berlangsung. Simak, yuk daftarnya!

1. Patuhi aturan dan norma yang berlaku pada daerah tersebut
Setiap daerah apalagi jika sudah masuk ke pedesaan dan jauh dari perkotaan pastilah masih memiliki beragam masyarakat murni yang memiliki aturan serta norma-normanya tersendiri.

Hal itulah yang membuat para mahasiswa harus mampu mematuhi segala aturan dan norma yang ada agar tidak dicap tidak sopan ataupun justru mengganggu ketentraman dari masyarakat di sana.

Baca juga: 5 Tips Sukses di Tempat Kerja untuk Semua Posisi dan Bidang Pekerjaan

2. Hormati kepercayaan mereka
Sebagai negara yang kental dan kaya akan budaya, tak heran bila setiap sektor wilayah di Indonesia selalu memiliki ciri khasnya tersendiri bahkan hingga ke aspek kepercayaan dari masyarakatnya.

Bila kamu mendapatkan lokasi KKN di mana masyarakatnya masih memegang teguh kepercayaan mereka, tentu akan jauh lebih baik bila kamu mampu menghormati kepercayaannya dan tidak mengusik sama sekali jika kamu berbeda paham

3. Bersikap ramah
Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Pepatah tersebut dapat dikatakan cocok untuk menggambar situasi yang satu ini, di mana kamu harus mampu bersikap ramah dan murah senyum terhadap masyarakat lokal. Tentu saja karena kitalah yang memiliki tujuan dan kebutuhan untuk melakukan praktik tersebut, maka kitalah yang harus dapat bersikap ramah pada warga sekitar.

Baca juga: Ini Tips Menjawab Contoh Soal Psikotes Saat Melamar Kerja

4. Luruskan niat untuk semata-mata melakukan praktik kuliah
Satu hal yang tentu harus terus kamu ingat selama menjalankan praktik kuliah atau KKN adalah dengan cara memiliki niat yang mantap. Bila memang tujuan datang ke suatu wilayah tersebut adalah semata-mata karena tujuan kuliah serta tidak ada maksud lain apalagi jika maksud tersebut memiliki konotasi tidak baik.

5. Ikut melestarikan lingkungan
Umumnya lokasi dari KKN adalah desa yang masih terjaga dari sentuhan perkotaan. Tentu sebagai pendatang, kamu harus membiasakan diri untuk menjaga lingkungan sekitar yang ada serta tidak berbuat kerusakan pada aspek apa pun selama menjalankan praktik di sana. Pastikan bahwa kamu berpartisipasi aktif dalam pemeliharaan lingkungan sekitar.

Nah, 5 hal di atas menjadi sesuatu yang harus selalu kamu ingat selama menjalankan KKN di sana. Selama apa yang kamu perbuat baik dan tidak melanggar apa pun, tentu kamu dapat menjalankan kegiatan dengan perasaan tenang. Setuju?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star