Hastag Campus

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Tak Bisa Wisuda Bareng Sahabat

Bisa lulus dari bangku kuliah dan mendapatkan gelar sarjana merupakan hal yang paling diimpi-impikan oleh semua mahasiswa tingkat akhir. Apalagi jika saat kamu lulus, berbarengan dengan teman yang sudah berjuang bersama-sama dengan kamu dari awal pertama kalian masuk kuliah.

Namun, tidak semua orang bia mewujudkan mimpi-mimpi tersebut lho. Buktinya, ada saja beberapa orang yang ditinggal wisuda atau tidak bisa lulus bersama dengan teman seperjuangan. Meskipun begitu, kamu gak boleh putus asa dan bersedih berlarut-larut. Tetapi ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, saat tidak bisa wisuda bareng teman seperjuangan di saat kuliah.

1. Tetaplah bersabar dan berusaha untuk memperbaiki semua kesalahan-kesalahan yang sempat kamu lakukan
Rasa sedih dan iri kepada teman yang bisa merayakan kelulusan tepat waktu merupakan hal yang sangat wajar. Namun, jangan terlalu lama-lama bersedih dan galau guys. Justru kamu harus belajar menanamkan sifat sabar dan mulailah untuk memperbaiki semua kesalahan yang sempat kamu lakukan di masa-masa kuliah.

Misalnya, ubahlah kebiasaan bangun siang kamu dengan bagun lebih pagi lagi, tidak menunda-nunda tugas, memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal positif, hingga dekatilah orang-orang yang bisa membuat kamu lebih maju lagi. Dijamin, tidak lama lagi kamu akan segera lulus dan menyandang gelar sarjana.

Baca juga: 8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

2. Jangan pernah berpikir yang tidak-tidak dan ucapkanlah selamat kepada teman seperjuangan
Jika kamu merasa marah atau merasa tidak suka kepada teman yang bisa lulus kuliah duluan. Jelas-jelas ini merupakan tindakan yang sangat salah dan tidak banget untuk kamu lakukan. Di saat teman bisa lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Seharusnya kamu harus ikut berbahagia dan mengucapkan selamat kepadanya guys.

Jangan pernah sekali-kali merasa ditinggalkan. Karena semua yang teman kamu dapatkan adalah hasil kerja kerasnya selama ini. Justru kamu bisa meniru semangat dia untuk bisa lulus dan bisa belajar banyak dari teman kamu itu.

3. Gak perlu merasa minder atau malu
Kamu merasa malu dan minder gak sih di saat teman bisa lulus lebih dahulu, sedangkan kamu masih berjuang di bangku kuliah? Jika kamu merasa malu dan minder, lebih baik ubah dari sekarang. Apalagi, jika kamu menjaga jarak atau memutuskan hubungan, hanya karena malu dan merasa minder kepada teman yang bisa lulus duluan.

Percayalah, sahabat kamu tidak akan pernah mengolok-olok atau menganggap kamu kurang pintar kok. Justru dia akan mendukung kamu agar bisa segera lulus dan membantu kamu dalam banyak hal. Intinya jangan pernah memutuskan tali persahabatan, hanya karena malu atau minder guys.

Baca juga: Mengenal Tes Bahasa dari Berbagai Negara, Gak Cuma TOEFL lho!

4. Mulailah mencari teman atau lingkungan baru yang bisa membuat kamu semakin maju
Mencari teman baru dan lingkungan baru di sini, bukan berarti kamu memutuskan hubungan persahabatan dengan dia yang telah lulus lho. Tetapi, karena sahabat kamu sudah tidak akan belajar di kampus lagi, jadi kamu jangan sampai kesepian atau tidak mempunyai teman sama sekali guys.

Mulailah untuk mencari sahabat atau lingkunagn baru yang bisa memberikan semangat positif kepada kamu. Bisa dengan orang yang lebih muda dari kamu atau teman satu angkatan, yang sama-sama belum lulus juga bisa. Intinya, jangan sampai kamu sendirian dan gak punya teman guys.

5. Mempelajari beberapa hal baru di kampus yang belum sempat kamu pelajari
Terakhir, tidak hanya sekedar lulus atau bisa mendapatkan gelar sarjana saja yang harus kamu perjuangkan. Tetapi, cobalah untuk menambah pengalaman atau pengetahuan baru, dengan mempelajari banyak hal baru di kampus. Entah itu dalam hal organisasi, mendalami mata kuliah, hingga belajar untuk lebih bersikap dewasa lagi saat menjadi mahasiswa.

Namun tetap, prioritas utama kamu harus bisa lulus lho. Intinya mempelajari banyak hal baru bisa membuat kamu menjadi tidak mudah bosan saat menjalani masa-masa terakhir kamu duduk di bangku kuliah.

So, jadilah orang tidak muduh putus asa dan perbaiki kesalahan yang sempat kamu lakukan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star