Hastag Campus

Ingin Skor TOEFL Bagus Tanpa Kursus? Lakukan 4 Hal Mudah Ini!

TOEFL adalah kependekan dari Test of English as a Foreign Language, tes ini merupakan tes bahasa inggris yang meliputi kemampuan Listening, Reading, and Structure. TOEFL juga sebagai tes yang sangat diperlukan dalam bidang akademik dan bidang kerja. Terlebih jika ingin bekerja atau melanjutkan pendidikan di luar negeri, maka nilai TOEFL yang bagus sangatlah kalian perlukan.

Untuk dapetin skor TOEFL yang bagus, susah nggak sih? Tentunya sesuai kemampuan bahasa inggris kalian ya guys. Kebanyakan dari mereka yang ingin dapat skor TOEFL yang bagus akan ikut kursus bahasa inggris di berbagai tempat, dan itu semua nggak gratis ya guys. Nah, untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk dapetin skor TOEFL yang bagus.

1. Ganti Playlist Dengan Lagu Berbahasa Inggris
Nah, untuk melatih Listening Skill mu, tentunya telingamu harus peka terhadap berbagai macam kata dalam bahasa inggris ya guys. Jangan salah, banyak sekali kata dalam bahasa inggris yang punya pengucapan atau pronunciation yang hampir mirip loh, seperti beach dan bitch.

Dengan mengganti playlist musikmu dengan musik-musik berbahasa inggris, tentunya akan membantu telingamu untuk terbiasa dengan berbagai kata inggris. Kamu bisa juga memasang aplikasi lirik untuk mempermudah melihat apa yang sebenarnya diucapkan oleh si penyanyi, seperti musixmatch atau joox.

Baca juga: 7 Cara Memaksimalkan Otak dengan Keterampilan Menyelesaikan Tugas

2. Ganti Subtitle Film Yang Kamu Tonton dengan Bahasa Inggris
Untuk mempertajam kemampuan listening kamu, cara yang satu ini bisa banget kamu terapin. Dalam film, kamu akan nemuin kata-kata yang munkin jarang kamu temukan. Berbeda dengan musik yang berisi sedikit kata-kata, dalam film kamu bakal nemuin banyak sekali kata yang diucapkan para pemainnya.

Terlebih lagi, telingamu akan dipaksa untuk mendengarkan cara pengucapan dari orang yang berbeda-beda. Karena pengucapan para pemain film terkadang terlalu cepat, sampai telinga kita bingung dengernya, kalian bisa gunakan fitur decrease speed di media player kalian, mungkin suaranya akan jadi aneh, tapi ini akan sangat membantu kemampuan listening kalian guys.

3. Ganti Buku Bacaanmu Dengan Buku Berbahasa Inggris
Selanjutnya adalah tips untuk mempertajam kemampuan reading, kalau kalian masih lebih memilih buku hasil terjemahan bahasa inggris ke indonesia, maka mulai sekarang kalian harus merubah cara pandang tersebut. Mulai sekarang kalian harus ganti buku-buku yang ada di rak buku dengan aneka buku berbahasa inggris. Cara ini akan memaksa kalian untuk terbiasa membaca kata-kata dalam bahasa inggris, dengan cara ini kalian juga akan lebih menemukan berbagai kata ilmiah yang jarang kalian temui di film atau di musik.

Dalam TOEFL, bacaan yang akan disajikan bukan bacaan singkat yang isinya cuman satu sampai dua paragraf, tapi bacaan dengan banyak sekali paragraf dan berisi banyak sekali kata sulit. Soal dalam TOEFL biasanya akan berbunyi “the word … in the third paragraph means?” jika kalian nggak terbiasa dengan kata-kata sulit, alhasil kalian bakal banyak melakukan kesalahan dalam reading test.

Baca juga: 7 Cara Memaksimalkan Otak dengan Keterampilan Menyelesaikan Tugas

4. Pelajari Buku English Grammar
Tips ini adalah tips paling penting dalam persiap untuk mengerjakan TOEFL. Pada bagian structure test, kamu akan disajikan berbagai macam soal mengenai tata bahasa yang benar dalam bahasa inggris, dan ini sama sekali nggak bisa kamu kira-kira atau hanya bermodalkan perasaan guys.

Oleh karena itu, mempelajari english grammar sangatlah penting. Kalian tidak perlu pergi mencari tempat kursus yang membutuhkan biaya mahal untuk mempelajari english grammar, kesemua materi mengenai tata bahasa bahasa inggris sudah banyak dibukukan. Kalian bisa membeli buku english grammar, seperti Understanding and Using English Grammar oleh Betty Schrampfer Azar, Essential English Grammar oleh Raymond Murphy. dan masih banyak lagi buku yang lain.

Nah, mudahkan untuk dapetin nilai bagus di TOEFL tanpa harus kursus. Yang terpenting adalah niat dari dalam diri kalian ya guys, kalau niat kalian udah besar pasti usaha kalian juga besar, dan ingat hasil nggak bakal menghianati usaha guys

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star