Hastag Campus

5 Tips Penting Agar Kamu Bisa Bekerja Secara Cerdas, Wajib Tahu!

Kamu tentu sering mendengar, kalau kerja keras adalah suatu keharusan kalau ingin mencapai kesuksesan di bidang apapun. Tidak salah memang, namun dengan seiring berjalannya waktu, kerja keras juga dinilai kurang efektif lho untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan. Kenapa?

Ya, karena kerja keras juga membutuhkan usaha keras yang seringkali bikin energi terkuras. Nah, solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan bekerja secara cerdas. Lalu, bagaimana caranya agar bisa bekerja secara cerdas? Berikut lima tips penting yang wajib kamu coba!

1. Prioritas itu penting, jadi buatlah to do list secara cerdas
Bekerja secara cerdas berarti tahu apa saja hal penting yang harus dikerjakan. Sehingga, membuat to do list dengan cerdas adalah suatu kewajiban. Caranya? Ya, kamu bisa memulainya dari prioritas yang paling utama, kemudian baru disusul oleh hal-hal lain.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat waktu dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain itu kamu juga menyimpan tenaga dan energimu untuk melakukan pekerjaan lain. Jadi, segera buat to do list dengan cermat dan cerdas, ya!

Baca juga: Acap Terlupa, Ini 6 Persiapan Krusial sebagai Mahasiswa Internasional

2. Jangan menunda-nunda, gunakan waktu sebaik mungkin
Sikap menunda-nunda adalah ‘musuh’ utama bagi kamu yang ingin bekerja secara cerdas. Sebab, waktu adalah hal yang sangat berharga ketika melakukan suatu pekerjaan. Semakin kamu dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan waktu dengan baik, semakin baik pula hasil yang akan kamu dapatkan. Jadi, mulai sekarang stop kebiasaan menunda-nunda, ya.

3. Ingat untuk melakukan jeda istirahat di sela-sela pekerjaan
Bila bekerja keras mengutamakan usaha yang sangat keras, tanpa memperhatikan aspek lain yang penting, maka lain halnya dengan bekerja cerdas. Ingat ya, memanfaatkan waktu dengan baik bukan berarti menggunakan semua waktu yang ada hanya untuk bekerja. Kamu juga perlu jeda istirahat sejenak di sela-sela kesibukan kerja, lho. Dengan begitu, pikiran dan tubuh kamu akan lebih segar dan siap saat kamu harus kembali bekerja.

4. Biarkan ide-ide kreatif membantumu saat bekerja
Esensi dari bekerja cerdas adalah bekerja dengan cara-cara yang lebih cerdas dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Itu artinya, kamu perlu kreativitas dalam bekerja, biarkan ide-ide kreatif mengalir dalam pikiranmu. Mungkin saja, ide-ide tersebut dapat memberikanmu inspirasi agar dapat bekerja dengan lebih efektif dan tentunya memudahkan dirimu dalam bekerja.

Baca juga: 7 Hal Menantang Ini Bisa Membantumu Menyerap Pelajaran Lebih Mudah

5. Buatlah keputusan secara cerdas agar memudahkan kamu saat bekerja
Jangan salah, saat bekerja pun sebenarnya kamu selalu dihadapkan dengan berbagai keputusan, walau keputusan yang tampak sepele sekalipun. Setiap keputusan yang kamu buat dengan cerdas, akan memudahkan langkahmu dalam bekerja. Sehingga, keputusan tersebut nantinya akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Jadi, pada dasarnya kerja keras tetap diperlukan lho, hanya saja ada baiknya bila kamu kombinasikan dengan kerja cerdas, agar kamu bisa mendapat hasil yang optimal dari pekerjaan yang dilakukan. Semoga bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star