Hastag Campus

5 Keterampilan yang Bisa Kamu Dapat Jika Kuliah Sambil Freelance

Freelance merupakan pekerjaan lepas seperti penulis naskah lepas, desainer grafis, pemasar media sosial, desainer web, atau bahkan berjualan online. Dengan begitu kamu bisa berkuasa terhadap pekerjaanmu sendiri. Banyak pula keterampilan yang bisa kamu ambil dalam melakukan hal tersebut.

Ini dia lima keterampilan yang bisa kamu jadikan pelajaran untuk dunia pekerjaan kelak.

1. Yang pertama adalah kamu dapat memiliki keterampilan branding untuk bekalmu bekerja
Saat kamu memberikan layanan freelance atau menjalankan toko online sendiri, kamu akan menyadari bahwa branding merupakan hal yang penting. Branding adalah cara kamu untuk membangun para pelanggan dan menghasilkan minat pada layanan atau produk yang kamu tawarkan.

Dengan membangun toko online atau freelance kamu dapat mempelajari bagaimana branding dapat dilakukan dengan benar. Seperti melibatkan presentasi nama bisnis serta aspek visual yang baik. Semuanya harus dijalankan dan digambarkan secara konsisten agar identitas usahamu kuat dan terjaga.

Baca juga: 5 Trik Jitu Menabung untuk Fresh Graduate, Belajar Atur Keuanganmu

2. Selanjutnya kamu jadi mengerti bagaimana melakukan pemasaran menggunakan web
Kamu juga bisa menyadari bahwa pentingnya praktik pemasaran melalui web dan kamu jadi akan mencari tahu bagaimana mengatur situs web secara profesional. Seperti melakukan pemilihan desain yang tepat untuk tampilan web, menampilkan konten-konten yang bermakna dan bermanfaat, pemasaran melalui media sosial, dan lainnya.

Karena melalui web, pasar yang kamu bangun akan lebih luas dan menjangkau orang-orang lebih banyak. Melalui web para pelanggan juga lebih bisa mengakses secara efektif dan hanya menekan beberapa tombol saja. Selain berjualan barang, web juga bisa kamu jadikan untuk melakukan pemasaran jasamu.

Bahkan, web dapat dijadikan sebagai gudang portofolio kamu untuk menyediakan jasa, sehingga orang-orang lebih mudah melihat kelebihanmu dan menghubungimu. Jadi penting bagimu untuk mengerti dan mempelajari bagaimana mengendalikan web.

3. Kamu juga jadi memiliki keterampilan untuk berwirausaha untuk bekalmu kelak agar tidak selalu bekerja kepada orang lain
Bekerja freelance atau menjalankan usaha secara online merupakan salah satu cara untuk memulai dan mengasah keterampilan berwirausaha. Kamu akan menjadi bos untuk diri kamu sendiri dan kamu secara tidak langsung akan mempelajari keterampilan mendasar bagaimana menjalankan sebuah bisnis dan membuatnya berkembang.

Keterampilan berwirausaha meliputi bagaimana mengembangkan sebuah produk atau jasa, menetapkan harga, berjualan, branding, pemasarannya, pelayanan terhadap pelanggan dan perlengkapan lainnya. Dengan begitu kamu sudah mengasah jiwa berwirausaha sejak masih dalam jenjang kuliah.

Baca juga: 6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguan

4. Keempat, kamu juga jadi mengetahui bagaimana cara memenuhi ekspektasi dari para pelanggan
Saat kamu melayani pelanggan, kunci utamanya adalah kepuasan para pelanggan. Jadikan manajemen ekspektasi para pelanggan sebagai misi kamu berusaha. Pastikan bahwa pelangganmu akan bahagia setiap saat, tetapi jangan juga menjanjikan yang berlebihan kepada pelanggan.

Bagimu yang menyediakan jasa, bernegosiasilah untuk menyamakan ekspektasi antara kamu dan pelanggan sehingga tidak menjadi salah komunikasi yang menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. Jadi kesepakatan dalam menyelaraskan ekspektasi itu penting.

5. Terakhir, karena kamu bekerja secara lepas, kamu harus memiliki manajemen waktu yang baik untuk mengatur setiap job yang kamu dapat
Menjadi seorang freelancer dan memiliki toko online, kamu akan menjadi bos atas dirimu sendiri. Maka dari itu kamu memiliki ujian terbesar untuk disiplin dan manajemen waktu terhadap diri sendiri. Kamu harus memutuskan kapan ingin bekerja dan seberapa banyak pekerjaan dan pelanggan yang akan kamu ambil.

Kamu juga harus bertanggung jawab terhadap deadline yang sudah kamu janjikan kepada pelanggan, jika gagal memenuhinya maka reputasimu akan bermasalah. Jadi mengatur waktu merupakan keterampilan yang sangat bisa kamu ambil saat melakukan freelance atau berjualan secara online.

Menjadi freelancer dan berjualan online akan membuatmu punya keunggulan dan kelebihan untuk bekerja nantinya. Keterampilan di atas akan kamu dapatkan dan merupakan hal yang berharga untuk bekerja.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star