Hastag Campus

8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

Semester pertama adalah langkah awal dari perjuangan panjangmu selama kuliah. Apa yang kamu lakukan di semester pertama kuliah sangatlah berdampak pada empat tahun kedepannya. Ini delapan hal yang harus kamu lakukan.

1. Kenali dirimu lebih dalam lagi
8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertamatheodysseyonline.com
Yaa, di semester pertama adalah waktunya untuk menjelajahi dan menggali lebih dalam makhluk apa sebenarnya kamu ini. Apa passion, kelebihan dan tujuan hidup kamu. Jika tidak bisa mengenali diri sendiri, susah juga untuk sukses dalam perjuanganmu kedepannya.

Ikutilah tes psikologi online gratis yang tersedia di internet, sering-seringlah konsultasi dengan ahli psiokologi pendidikan di kampusmu. Biasanya di kampus terdapat badan konsultasi mahasiswa yang siap menerima kegalauan dan curhatmu.

2. Rajin masuk kelas
8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertamapexels.com
Kelihatannya sederhana, tapi ini cukup jadi masalah bagi sebagian orang. Masuk perkuliahan, kamu sudah mulai bebas dengan gaya belajarmu tanpa pengawasan ortu yang ketat. Iman kamu bakal tergoda untuk bolos kelas. Kalau di semester awal saja sudah sering bolos, apalagi di semester akhir besok.

3. Bergabung dengan organisasi/komunitas
8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertamasindonews.net
Ya, tahur pertamamu adalah momentum untuk eksplorasi. Banyak organisasi dan komunitas yang mulai open recruitment. Biasanya mereka baru buka lagi setahun lagi, Jangan sampai menyesal karena tidak memanfaatkan waktu pendaftaran ini! Jangan sampai jadi mahasiswa yang kuliah pulang kuliah pulang saja ya 🙂
Baca Juga : 7 Alasan Masuk Akal Kenapa Kamu Harus Jadi Mahasiswa Ambisius Saat Kuliah!

4. Petakan orang-orang di lingkungan sekitarmu
8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertamaariyanidesi.blogspot.co.id
Sebagai anak baru, kamu harus mulai memetakan orang-orang yang ada di sekitarmu agar tidak salah pergaulan. Kamu akan dikelilingi banyak orang dari A sampai Z. Kenali dosen yang killer, mana dosen yang santai. Mana teman yang serius kuliah dan mana yang kuliahnya cuman main-main saja. Kamu harus bisa memilih jaringan mana yang terbaik untuk dijaga dan diprioritaskan.

LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH
Editor’s Picks
8 Jawaban Cerdas Saat Ada Yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Single
10 Kebaya Yuanita Christiani, Cocok Buat Kamu Yang Suka Warna Cerah
Inspirasi Nama Anak Indro Warkop, Si Bungsu Terinspirasi Dari Motor!
5. Perluas jaringanmu
8 Poin yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertamahmpsupi.blogspot.co.id

Kamu harus sering-sering PDKT ke Dosen, Senior, staf kemahasiswaan, anak Pers, BEM kampus dll. Mereka adalah orang-orang prospektif yang bermanfaat sekali jika kamu kenal akrab dengan mereka.

6. Mulai cari mentor!
Kamu harus menarget beberapa orang yang kamu anggap sebagai role model, sosok inspiratif penuh pengalaman yang bisa memberikan arah dan nasehat. Orang ini bisa saja dosen, senior, pejabat, kenalan organisasi bahkan teman seangkatan. Kamu akan bertemu banyak orang hebat besok, jadilakanlah mereka mentor agar kamu tidak tersesat mengejar kesuksesanmu. Keep humble and learn from them!

7. Mulai membuat rencana jangka panjang
Setelah lulus besok mau ngapain? mungkin agak susah menjawab pertanyaan itu waktu kamu masih semester pertama. Namun, kamu tetap harus punya tujuan jangka panjang meskipun masih fleksibel, ini sebagai standing point kesuksesan kamu kelak. Jangan sampai menyesal karena terlambat mempersiapkannya. Segera cari-cari info terkait kampus atau perusahaan tujuan kamu setelah lulus besok. Jangan lupa juga timeline persemester mau ngapain aja dari sekarang, persiapkan dari sekarang yaa!

8. Maksimalkan media sosial untuk update info
Social media kamu harus mulai follow akun info penting untuk kesuksesanmu. Mulailah follow akun yang membagikan tentang info kampus, beasiswa, exchange dll. Informasi adalah hal sederdhana dan utama kesuksesanmu, jangan sampai hanya karena telat info jadi alasan kegagalanmu.

Gimana? Banyak kan yang harus dilakukan di semester pertama. Semangat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star