Hastag Campus

Cara Sukses Magang untuk Mahasiswa Tingkat Akhir, Pasti Dapat Nilai A!

Magang merupakan salah satu proses menuju kelulusan mahasiswa. Proses ini merupakan kerja nyata setelah lama berkuliah di kelas. Mahasiswa diminta untuk praktik langsung di lapangan untuk mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya.

Walaupun melelahkan, banyak keuntungan yang didapat jika kamu benar-benar memanfaatkannya. Berikut cara sukses magang untuk mahasiswa tingkat akhir.

1. Anggaplah dirimu sebagai pegawai sesungguhnya di kantor tempatmu magang, bukan orang asing!
Jika kamu ingin dianggap berkualitas baik dan serius, maka jalani pula magang dengan serius. Walaupun kamu anak magang, tetapi pekerjaanmu akan berdampak bagi perusahaan juga. Tunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu merupakan orang yang antusias dan berkualitas untuk membantu mereka.

Kamu bisa menerapkan hal ini dengan datang tepat waktu atau lebih pagi daripada atasanmu. Selalu mengumpulkan tugas yang diberikan tepat waktu serta berpakaian dengan rapi adalah cara lainnya. Semua itu akan menunjukkan bahwa kamu serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Perhatikan juga bagaimana budaya kerja di kantormu. Usahakan untuk bisa beradaptasi dengan mereka agar proses kerjamu lebih enak. Hal tersebut mungkin terdengar sepele, tetapi bisa menjadi nilai plus dibandingkan dengan anak magang lainnya.

Baca juga: Acap Terlupa, Ini 6 Persiapan Krusial sebagai Mahasiswa Internasional

2. Lakukanlah semua tugas yang diberikan atasanmu secara maksimal dan jangan mengeluh!
Terimalah setiap tugas yang diberikan dengan tidak mengeluh. Namun, tetap perhatikan apakah tugas tersebut sesuai dengan bagianmu atau tidak. Perhatikan pula kemampuanmu dalam mengerjakannya. Jika tidak yakin, jangan sungkan untuk meminta bimbingan atasan agar kamu terlihat mau belajar dan tidak mudah mengeluh.

Jadilah pendengar yang baik dengan mendengarkan setiap instruksi dengan seksama. Tunjukkan bahwa kamu memperhatikan setiap detail pekerjaan. Hal tersebut akan mengindikasikan kalau kamu peduli pada kualitas.

Berikan yang terbaik untuk setiap pekerjaan magang, baik tugas reguler atau tugas besar. Kerjakan dengan motivasi yang baik dan tekad melebihi ekspektasi. Walaupun kamu hanya anak magang, bukan tidak mungkin pekerjaanmu memberikan dampak yang positif

3. Jangan lupa untuk selalu meminta saran dan feedback kinerjamu kepada atasan
Inilah bagian terpenting dalam proses magang. Walau sudah berjuang, bisa jadi pekerjaanmu belum sempurna. Karena itu, jangan sungkan untuk menerima saran dan kritik dari atasanmu. Itu akan membantumu membangun diri menjadi lebih baik demi dunia kerja kelak.

Jika kamu ingin meneruskan pekerjaan di kantor tersebut, kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihanmu dalam bekerja.Tanyakan juga bagaimana caranya agar kamu dapat meningkatkan kualitas pekerjaan. Belajarlah semaksimal mungkin dari proses magang ini.

Meminta masukan juga menunjukkan bahwa kamu orang yang bijaksana. Kamu akan dinilai berani menerima kritik dan saran. Tetaplah bersikap dewasa jika sudah dikoreksi dan terus tingkatkan kualitasmu untuk prospek karier masa depanmu.

4. Hindarilah penggunaan media sosial yang terlalu sering saat fokus bekerja. Kecuali, memang ini pekerjaanmu
Jika pekerjaanmu tidak membutuhkan media sosial, sebisa mungkin hindari membukanya. Membuka media sosial akan membuatmu tidak fokus bekerja dan menghasilkan pekerjaan yang kurang maksimal. Usahakan menjauhkan gawai saat sedang fokus bekerja.

Kalau kamu sudah menyelesaikan pekerjaan, barulah cek media sosialmu. Namun, jangan kelamaan! Sebaiknya, kamu meminta pekerjaan lain daripada hanya asyik bermain media sosial. Ingat! Akun sosial media tidak akan ke mana-mana. Namun, kesempatan belajar dan berkembang akan lewat begitu saja ketika kamu hanya bermain media sosial.

Baca juga: Mau Dapat Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri? 17 Hal Ini Wajib Dihindari!

5. Bukalah diri dan bertemanlah dengan karyawan lainnya agar memiliki relasi yang luas dan baik
Jika kamu ingin bergabung sebagai pegawai dalam kantor itu, jangan lupa membuka diri terhadap lingkungan sekitar. Bukan hanya dengan sesama mahasiswa magang, jalinlah relasi yang luas dengan karyawan dan atasan. Coba untuk berkomunikasi dengan setiap orang dan cari tahu pekerjaan yang mereka lakukan.

Jaga hubungan baik tersebut sampai magang berakhir. Kamu bisa meminta kontak orang-orang tersebut untuk tetap berhubungan melalui media sosial atau email. Kelak, relasimu bisa menjadi orang yang membantumu ketika mencari pekerjaan usai wisuda.

6. Terakhir, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada atasan atas bimbingannya. Terlebih, ketika proses magang usai
Mengucapkan terima kasih merupakan bentuk bahwa kamu menghargai setiap pembelajaran yang atasan kamu berikan. Jangan hanya dengan atasanmu saja, ucapkan juga terima kasih kepada orang-orang yang bersinggungan dengan pekerjaanmu.

Beri tahu mereka betapa kamu menghargai kesempatan bekerja dan belajar dari mereka. Hal ini memberikan rasa positif bagi semua orang yang mendengarnya.

Itulah cara sukses magang untuk mahasiswa tingkat akhir. Melakukan hal yang dikuasai, tidak cukup untuk membuatmu jadi anak magang yang menonjol. Lakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin karena inilah langkah terakhir sebelum beralih menjadi karyawan profesional.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star