Hastag Campus

5 Tips Memilih Pekerjaan Tepat untuk Kamu yang Fresh Graduate

Bagi kamu yang masuk ke dalam golongan fresh graduate tentu mencari pekerjaan adalah sesuatu yang susah-susah gampang. Sebab banyak perusahaan yang membuka peluang kerja bagi fresh graduate tapi di saat yang sama kamu juga harus hati-hati dan cermat dalam memilih lowongan pekerjaan. Nah kalau kamu sedang bingung, yuk simak beberapa tips di bawah ini agar memilih pekerjaan yang tepat.

1. Pilih yang sesuai kemampuanmu
Tips yang pertama adalah pilih pekerjaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan yang kamu punya. Sangat penting bagi seseorang mengetahui sejauh mana kemampuan yang ia punya, karena sangat berperan dalam menentukan jenis pekerjaan yang cocok. Kamu yang fresh graduate coba terapkan ini.

Baca juga:Harus Mengerjakan Tugas Tapi Malas? Ini 5 Cara untuk Tetap Produktif!

2. Selaras dengan passion atau tidak bukan masalah selama kamu bisa
Tips selanjutnya ialah kamu harus memikirkan baik-baik apakah kamu harus bekerja sesuai passion atau tidak. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kerja selaras dengan passion bisa lebih menyenangkan namun bukankah tidak apa-apa jika berbeda dengan passion? Kamu sebagai fresh graduate justru bisa menambah pengalaman lebih banyak.

3. Cermati setiap lowongan kerja yang ada
Ketika kamu tahu ada lowongan pekerjaan, jangan buru-buru untuk segera melamar. Apalagi jika dalam satu waktu ada cukup banyak lowongan dan posisi dalam pekerjaan yang ditawarkan. Sebaiknya kamu cermati terlebih dahulu, mulai dari lokasi, gaji, hingga peraturan dan cara kerja yang ada di sana. Hal ini menghindari kamu sebagai fresh graduate terjebak dalam pekerjaan yang salah.

Baca juga:5 Tips Penting untuk Fresh Graduate yang Baru Masuk ke Dunia Kerja

4. Terlepas dari gaji, pengalaman adalah hal yang kamu butuhkan
Untuk bertahan hidup kita memang membutuhkan uang, namun jangan memandang pekerjaan dari jumlah gaji yang mereka tawarkan. Gaji bukan segalanya, sebab kamu sebagai fresh graduate lebih membutuhkan pengalaman yang berkualitas agar menunjang masa depanmu.

5. Jangan ikut-ikutan teman
Lalu tips terakhir dalam memilih pekerjaan bagi fresh graduate adalah jangan ikut-ikutan teman. Memang bekerja bersama seseorang yang telah kita kenal baik merupakan suatu hal yang menyenangkan, tapi kemampuan setiap orang tidaklah sama begitu juga kamu dan temanmu. Pilihlah suatu pekerjaan yang memang menjadi pilihanmu untuk memulai karir dan mengembangkan diri, sebab sepulang kerja juga tetap dapat bertemu teman, kan?

Itulah beberapa tips sederhana yang patut kamu coba dalam memilih pekerjaan apalagi jika kamu fresh graduate. Apapun pekerjaan yang kamu pilih, semangat ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star