Hastag Campus

5 Tips Sukses di Tempat Kerja untuk Semua Posisi dan Bidang Pekerjaan

Orang bijak pernah berkata, “bekerjalah untuk mempersiapkan diri menghadapi kesempatan yang akan datang”. Setiap posisi dan bidang pekerjaan selalu dilengkapi dengan kurva belajarnya sendiri yang dipengaruhi oleh industri, kultur perusahaan, dan proses internal.

Tidak ada dua pekerjaan yang persis sama, tetapi banyaknya pengalaman yang diperoleh saat menjalani pekerjaan membuat kita memiliki peningkatan skill yang dapat diaplikasikan ke peluang baru suatu saat nanti.

Berikut ini adalah tips sukses di tempat kerja yang dapat digunakan oleh siapa saja, terlepas dari industri, bidang dan posisi pekerjaan. Simak baik-baik jika ingin kariermu melejit ya!

1. Jangan takut untuk bertanya
Malu bertanya sesat di jalan. Pepatah ini relevan jika dikaitkan dengan dunia profesional. Tak sedikit pekerja yang sibuk meminta maaf setelah menanyakan sesuatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

Mengajukan pertanyaan menunjukkan bahwa kamu terlibat, ingin tahu, dan mencoba melakukan sesuatu dengan benar. Namun, jangan tanyakan pertanyaan ‘bodoh’ alias yang bisa kamu Google dan cari tahu dengan mudah. Pertanyaan jenis ini biasanya berakar pada kemalasan.

Kamu perlu inisiatif dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia sebelum bertanya ke atasan atau rekan kerja. Tetapi jangan malu-malu berbicara ketika benar-benar tidak jelas ya. Mengajukan pertanyaan adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan dan mendapatkan kepercayaan diri.

Lagipula, mana yang sebenarnya lebih buruk: menanyakan sesuatu pekerjaan agar pekerjaan menjadi lebih baik? Atau terus membuat kesalahan demi kesalahan karena tidak ingin bertanya?

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus Kuliah Selain Bekerja

2. Jangan malu mengakui ketidaktahuan akan sesuatu
Sulit untuk mengakui ketika kita tidak tahu atau tidak memahami sesuatu. Seringkali ini terjadi karena kita takut orang lain akan menyangka bahwa kurangnya kejelasan tersebut seolah karena kita tidak memperhatikan.

Mungkin kamu takut mereka akan berpikir kalau kamu lambat dalam memahami hal-hal, atau bahkan salah mengartikan kemampuanmu. Namun, mengungkapkan ketidaktahuan secara terbuka membutuhkan nyali yang besar. Malah pengakuan ini dapat memberimu kredibilitas nyata di tempat kerja.

Ini adalah cara yang bijak dan lebih dihormati dibandingkan berpura-pura mengerti dan memberi jawaban omong kosong yang menghabiskan waktu semua orang.

Kamu bisa mencoba alternatif kalimat seperti, “Saya tidak terbiasa dengan software ini, apakah Bapak atau Ibu keberatan membimbing saya menggunakan ini?” atau “Saya belum punya jawaban untuk pertanyaan itu sekarang. Saya akan cari tahu lalu melaporkannya kembali ke Bapak atau Ibu.”

3. Mengakui kesalahan
Jangan menjadi orang yang mudah membuat alasan dan sibuk menyalahkan ketika ada masalah. Kadang-kadang kesalahan bersifat kolektif. Tetapi seberapa penting sih siapa yang harus disalahkan dibandingkan solusi dari situasi tersebut? Gunakan kesalahan sebagai kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang dapat bertanggung jawab dan menemukan solusi.

“Itu salah saya, maaf, saya akan memperbaikinya sekarang” terdengar jauh lebih baik daripada “wow, saya tidak tahu mengapa ini terjadi, email saya pasti tercampur” atau “ups, saya tidak punya banyak waktu untuk mengedit karena saya sibuk dengan pekerjaan lain minggu ini.”

Jika kamu melakukan kesalahan dalam pekerjaan, alasan mengapa hal itu terjadi tidaklah terlalu penting. Selamatkan dirimu dengan mengakui bahwa kamu telah mengacaukannya. Dengan mengakui kesalahan, kamu akan lebih lega dan tidak akan ada pertanyaan ataupun pernyataan lanjutan yang kamu perlu jelaskan.

Pun, menyalahkan orang lain, itu akan membuatmu terlihat seperti seseorang yang membutuhkan bantuan ekstra untuk menyelesaikan sesuatu tepat waktu. Jadi, jika lain kali kamu melakukan kesalahan besar atau kesalahan kecil, langsung saja akui itu.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipikirkan Fresh Graduate Ketika Pertama Kali Bekerja

4. Jangan takut untuk menetapkan batasan
Yang ini sangat penting untuk diingat saat memulai karir di perusahaan baru atau dengan klien baru. Namun, meski kamu telah bekerja selama bertahun-tahun, kamu juga perlu menerapkan batas-batas pribadi ketika menyangkut keseimbangan pekerjaan dan kehidupan.

Kamu tidak harus terikat dengan email atau pesan singkat di Whatsapp/Slack/Hangouts dan lain-lain setiap saat. Di beberapa kasus mungkin kamu perlu melakukan sesuatu di luar jam kerja normal. Tapi jangan takut untuk mengatur ini sesuai kebutuhan ya.

Kebiasaan membalas surel rekan kerja yang tidak mendesak di tengah malam, atau menanggapi chat yang dikirim atasan pada hari Minggu pagi, atau menjawab panggilan kerja di saat yang tidak seharusnya, lebih baik dihindari. Jika kamu menjadikan ini kebiasaan, itu sama saja kamu mengklaim diri sebagai orang yang selalu dapat diakses dan bisa memberi respons kapan pun di mana pun.

5. Manfaatkan peluang sebaik-baiknya
Tetapi kamu perlu memanfaatkan peluang yang dimiliki saat ini di tempat kerja. Apakah perusahaanmu menggunakan alat atau software yang bisa meningkatkan skill-mu. Atau mungkin membaca buku-buku paling update di perpustakaan kantor. Kenapa gak?

Usahakan untuk memanfaatkan fasilitas dan peluang di tempat kerja untuk mengembangkan diri, skill, wawasan, dan juga relasi. Bahkan sesederhana fasilitas seperti wifi, PC, hingga pelatihan keterampilan.

Di kondisi dan situasi yang kepepet dan tak nyaman sekalipun, kamu bisa tetap memaksimalkannya kok. Misalnya, menjadwalkan diri untuk menulis atau mengerjakan proyek pribadi sebelum jam kerja yang mulai jam 9 pagi.

Atau menggunakan waktu istirahat makan siang untuk keluar berjalan-jalan dan mencari relasi baru. Mungkin juga kamu bisa melakukan perjalanan ke kantor sambil mendengarkan podcast atau audiobook. Yang pasti, lihatlah setiap jeda dan kesempatan sebagai peluang untuk mengembangkan diri.

Itu dia 5 tips sukses di tempat kerja untuk semua posisi dan bidang pekerjaan yang bisa kamu aplikasikan mulai saat ini. Siap-siap karier melejit nih!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star