Hastag Campus

7 Hal Menantang Ini Bisa Membantumu Menyerap Pelajaran Lebih Mudah

Tidak sedikit dari kita yang menjadi uring-uringan begitu materi yang diajarkan di kelas tidak bisa kita pahami maksudnya. Hal itu bisa berimbas kepada ambruknya nilai ketika guru mengadakan kuis, ulangan maupun ujian. Padahal yang namanya memahami pelajaran adalah modal awal kita untuk dapat meningkatkan prestasi. Agar menyerap pelajaran bisa menjadi lebih mudah, berikut ini beberapa resep yang bisa kamu lakukan.

1. Cobalah untuk Membaca Dulu Materi yang Akan Diajarkan
Mungkin awalanya akan membuatmu membosankan. Tapi yakinlah, nanti hasilnya akan begitu mengasyikkan. Malam atau sehari sebelum pelajaran dimulai, biasakanlah untuk membaca materinya terlebih dahulu. Kalau sudah terbiasa, nantinya ketika pelajaran dimulai, kamu akan bisa bilang, “Owh, ini kan yang aku pelajari tadi malam ya!”

2. Buatlah List Pertanyaan, Makin Banyak Makin Baik
Ketika sedang memahami pelajaran sehari sebelumnya itu, buatlah daftar pertanyaan sebanyak-banyaknya. Kalau belum dapat, coba ulangi lagi membacanya. Sesuatu yang kamu anggap gampang pun, tetap masih sangat layak dijadikan pertanyaan. Otak kita baru terangsang dengan adanya pertanyaan-pertanyaan itu. Setelah itu di hari dimana pelajaran itu diajarkan, bila guru sudah membuka ruang bertanya, kemukakanlah semua pertanyaan yang ada di daftarmu itu.

Selain bermanfaat untuk kamu sendiri, hal ini akan bermanfaat juga untuk gurumu karena dengan itulah ruang diskusi menjadi terbuka lebar.

Baca juga: 6 Hal Sederhana Ini yang Membuatmu Jadi Pemalas, Yuk Dikurangi!

3. Kalau Kau Tak Sukai Gurunya, Sukai Materinya. Kalau Kau Tak Sukai Materinya, Sukai Gurunya.
Belajar dengan menyenangkan akan lebih memudahkan otak dalam menyerap berbagai aneka informasi baru. Rasa benci kita pada guru atau materi justru sebenarnya malah menutupi otak kita dalam merekam informasi yang ada. Kalau memang kita tak suka pada gurunya, carilah berbagai hal di materinya yang membuatmu begitu tertantang dan penasaran. Bila tak suka pada materinya, cobalah telusuri kehidupan gurumu yang mungkin akan membuatmu menjadi lebih gampang suka padanya. Yang jelas, jangan sampai ada perasaan benci, terlebih lagi untuk guru maupun pelajarannya.

4. Hubungkan Antara Materi Pelajaran dengan Kehidupan
Terkadang belajar dengan menggunakan contoh seperti uang akan lebih mudah ditangkap oleh kita. Kenapa? Karena konteks uang begitu erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Hal inilah yang seharusnya kita gunakan setiap kali kita belajar. Coba hubungkan hal yang sedang kamu pelajari dengan beraneka hal yang dekat atau kamu pakai setiap harinya.

5. Coba Ajarkan Dulu Materinya ke Teman-Teman
Dalam piramida belajar, inilah aktivitas tertinggi yang paling signifikan dalam penyerapan ilmu. Mengajarkan kepada orang lain akan membuka pemahaman kita tentang mana yang sudah benar-benar kita kuasai dan mana yang belum sepenuhnya. Bila sudah tahu akan lebih enak untuk kita untuk menyempurnakannya, apalagi kalau misalkan ada teman kita yang bertanya, maka ilmu yang didapatpun pastinya akan terus bertambah.

Baca juga: Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktu

6. Pelajari dan Coba Latihan Soal-Soalnya.
Sekedar paham pada dasarnya tidak serta merta membuat kita terampil dan mengerti benar mengenai masalahnya. Karena ternyata bila ada persoalan serupa ditempatkan di persoalan lain, kita masih membutuhkan daya pikir yang tidak sedikit. Contoh yang paling konkrit disini adalah pelajaran matematika dan fisika. Untuk memastikan apakah kita memang benar sudah memahaminya atau belum, cara yang paling tepat adalah dengan mencoba berbagai latihan soal-soal yang tersedia di buku.

7. Googling dan Cari Referensi Lain.
Dunia digital yang merajelala ini mengajarkan kepada kita bahwa ilmu pengetahuan kini tidak terbatas hanya apa yang dipelajari di ruang-ruang kelas saja. Kita yang di Indonesia ini bahkan sudah bisa mendapatkan pengajaran yang sama didapatkan oleh mereka yang sekolah di luar negeri. Untuk itulah, seyogyanya dunia internet ini kita manfaatkan dengan penggalian seluas-luasnya untuk ilmu pengetahuan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star