Hastag Campus

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus Kuliah Selain Bekerja

Buat kamu yang baru saja lulus kuliah, congratulations!

Kini kamu telah menyandang gelar dan siap untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk sampai di tahap ini; kamu telah melewati berbagai mata kuliah, dosen killer, praktikum, rapat himpunan mahasiswa, KKN, magang, dan tentu saja tugas akhir yang tidak mungkin dilewatkan yaitu skripsi.

Setelah lulus kuliah, kebanyakan orang berpikir untuk langsung mencari kerja atau kembali melanjutkan studinya. Tapi sebenarnya, kamu juga bisa, lho, melakukan hal-hal bermanfaat lainnya sebelum kamu terjun ke dunia kerja.

1. Do your hobby
Kamu senang melukis? Atau memasak? This is the right time to do your hobby!

Setelah lulus kuliah, tentu kamu akan mempunyai banyak waktu luang untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Kamu bisa menekuni kembali hobi yang dimiliki dengan serius, atau bahkan bisa saja kamu menghasilkan uang dari hobi yang kamu sukai!

Buat kamu yang masih bingung dalam menentukan hobi dan passion, inilah saat yang tepat bagi kamu untuk mengeksplorasi bakat dan minat yang terpendam di dalam diri. Mulailah dengan cara mengikuti berbagai kegiatan yang sekiranya mampu membangkitkan rasa penasaranmu serta menarik perhatianmu.

Baca juga: Bukan Jenuh, Ini 5 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Malas Belajar

2. Belajar bahasa baru
Bingung harus menuliskan skill apa saja di CV untuk melamar pekerjaan nanti? Worry not, belajar bahasa baru bisa menjadi solusinya. Kamu bisa mempelajari bahasa asing yang kamu inginkan.

Di era dengan teknologi yang sangat canggih ini, kamu bisa dengan mudah mempelajari berbagai bahasa yang ada di dunia dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia di smartphone kamu. Selain mengisi waktu luang, kamu juga menambah bisa skill dan pengetahuan baru.

3. Mengikuti kursus atau pelatihan
Selain menambah pengetahuan dan skill, sertifikat yang kamu dapatkan dari mengikuti kursus atau pelatihan nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan yang kamu lamar, lho!

Kursus yang dapat kamu ikut pun sangat beragam, mulai dari kelas memasak, melukis, alat musik, berkuda, atau bahkan kamu juga bisa mengikuti kelas online seperti kelas design atau digital marketing.

Baca juga: 7 Rutinitas Ini Buat Kamu Pintar Berbahasa Asing! Yuk, Lakukan!

4. Traveling
Setelah penat berurusan dengan skripsi, tentu otak dan jiwamu butuh istirahat serta suasana yang baru. Traveling atau liburan bisa menjadi solusi paling jitu. Ini saatnya kamu mengunjungi tempat-tempat yang sudah lama ada di bucket list kamu

Entah liburan sendiri atau bersama teman-teman maupun keluarga, pergi ke suatu tempat baru bisa memberikan perspektif dan mindset yang berbeda dalam hidupmu yang bisa membantu kamu sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja.

5. Volunteer
Sering berpikir ingin bermanfaat bagi sesama dan membantu orang lain? Maybe volunteer is all you need. Untuk kamu yang jiwa sosialnya tinggi, tentu volunteer bukanlah hal yang asing lagi. Kegiatan volunteer atau relawan sendiri tentu akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan dan akan menjadi suatu pengalaman yang mengajarkan banyak hal.

Dari kegiatan ini, kamu bisa memperluas lingkungan pertemanan dan bertemu dengan orang-orang baru. Tak hanya itu, kamu akan lebih mengerti arti dari persaudaraan serta melatih rasa empati terhadap sesama.

Adanya pengalaman volunteer ini juga nantinya akan dilihat sebagai nilai tambah oleh perusahaan tempat kamu melamar. Kamu akan dinilai sebagai individu yang peduli akan sesama serta mampu mencerminkan kepribadian yang positif.

6. Internship
Ingin bekerja namun masih ragu-ragu? Kamu bisa mencoba program internship atau magang sebelum kamu benar-benar terjun ke dunia kerja. Banyak perusahaan yang membuka program magang untuk para fresh graduate.

Dari program tersebut, kamu bisa mempelajari, memahami, dan mendapat gambaran bagaimana alur pekerjaan di suatu perusahaan. Selain itu, pengalaman magang ini nantinya bisa kamu tambahkan sebagai experience di CV kamu, lho!

Selama proses magang, kamu harus menunjukkan kemampuanmu yang terbaik, karena bukan tidak mungkin kamu akan ditawari menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut apabila performamu memuaskan dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

7. Rehat
Menyelesaikan kuliah tentu bukanlah hal yang mudah dan tentu adalah sebuah prestasi. Oleh karena itu, kamu berhak untuk rehat sejenak demi menenangkan pikiran. Ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengenal dirimu lebih baik lagi, serta memikirkan ulang mimpi-mimpi serta pencapaian yang kamu miliki selama ini.

Pekerjaan apa yang ingin kamu lamar, apakah perlu melanjutkan studi, ataukah membuka usaha yang selama ini kamu idam-idamkan, take your time to answer all the questions that pop up in your mind. Tidak perlu terburu-buru, seperti lagu Rehat milik Kunto Aji, biarkanlah semesta bekerja untukmu!

Ingat, semua manusia di muka bumi ini punya timelinenya masing-masing. Sembari menunggu terjun ke dunia kerja, lakukanlah hal-hal yang menjadi passionmu dan persiapkan dirimu agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star