Hastag Campus

Mau Kuliah ke Luar Negeri? Pastikan 5 Hal Ini Sudah Dipertimbangkan

Mungkin, gak sedikit diantara kamu yang berminat untuk kuliah ke luar negeri. Memang, selain karena kualitas pendidikannya yang oke, kamu tentu mencari pengalaman hidup gak ternilai yang biaa kamu dapatkan selama tinggal di negara tujuan studimu nanti. Kamu pun bisa berteman dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tapi kuliah ke luar negeri juga butuh pertimbangan, lho! Yuk, simak beberapa hal yang harus kamu perhitungkan sebelum memutuskan kuliah ke luar negeri.

1. Sumber dana
Sumber dana menjadi pertimbangan penting buat kamu yang akan kuliah ke luar negeri, terutama di negara-negara yang memiliki kurs mata uang lebih tinggi dari Rupiah. Kamu harus memastikan dana yang kamu punya cukup untuk membayar biaya pendidikan, riset, serta biaya hidup bulanan selama tinggal di negara tujuan. Kalau kamu gak punya sumber dana yang memadai, gak perlu khawatir karena kamu bisa menyiasatinya dengan mencari beasiswa.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Tingkat Akhir, Biar Cepat Lulus!

2. Keluarga
Buat kamu yang masih single, mungkin kamu bisa bebas untuk studi ke luar negeri. Tapi buat kamu yang sudah berkeluarga, ini menjadi pertimbangan penting sebelum studi ke luar negeri. Tentunya, kamu harus memikirkan apakah suami atau istrimu akan diajak ke negara tujuan studimu. Kalau gak diajak, kamu harus siap-siap tinggal berjauhan dengan keluargamu. Kalau iya, kamu harus siap mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan untuk tinggal bersama keluarga, seperti paspor, apartemen, dan lain-lain. Kamu juga harus pandai-pandai membagi waktumu untuk keluarga dan untuk urusan studi.

3. Kesiapan mental
Memutuskan kuliah ke luar negeri berarti kamu siap untuk keluar dari “zona nyaman”. Gak hanya menghadapi budaya dan iklim yang berbeda, kamu juga harus siap menghadapi sistem pendidikan yang benar-benar berbeda dengan di Indonesia. Nantinya, kamu harus siap beradaptasi dengan perbedaan-perbedaan di sana. Kamu pun harus siap hidup mandiri dan jauh dari orang tua.

Baca juga: 5 Tips Sukses Mengikuti Ujian di Kampus dengan Sistem Close Book

4. Pilihan negara yang cocok
Memilih negara studi bisa jadi pertimbangan penting buatmu. Beberapa hal bisa kamu pertimbangkan, seperti keamanan negara tersebut, budaya dan bahasa sehari-hari yang digunakan, universitas dan jurusan yang ditawarkan, jauh dekatnya dari Indonesia, dan masih banyak lagi. Kamu juga harus memikirkan sarana yang bisa menunjangmu disana, seperti misalnya adanya tempat ibadah atau ketersediaan makanan halal untuk kamu yang beragama Muslim.

5. Pilihan universitas dan jurusan yang sesuai
Sebelum jauh-jauh kuliah ke luar negeri, kamu sebaiknya sudah mempertimbangkan universitas dan jurusan yang worth it buat kariermu ke depannya. Kamu juga harus memastikan proses pendaftaran ke universitas dan jurusan yang telah dipilih bisa kamu ikuti dengan baik, seperti berbagai dokumen dan biaya pendaftaran yang dibutuhkan, timeline pendaftaran, dan lain-lain.

Nah setelah tahu pertimbangan-pertimbangan di atas, apa kamu sudah mantap kuliah ke luar negeri? Tetap semangat meraih mimpi ya, guys!

Sumber: Idntimes.com

One reply to “Mau Kuliah ke Luar Negeri? Pastikan 5 Hal Ini Sudah Dipertimbangkan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star