Hastag Campus

5 Sifat yang Wajib Kamu Miliki Agar Lolos Seleksi Masuk PTN Favorit

Saat ini kebanyakan orang memilih untuk kuliah di PTN daripada PTS. Tapi bukan berarti PTS lebih buruk lho. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Sedangkan yang membuat PTN lebih digemari karena biayanya lebih murah dikarenakan mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Tapi sayangnya kuota masuk PTN sangat terbatas. Setiap tahunnya PTN Di berbagai Indonesia hanya menyediakan sekitar 100 ribu kursi, sedangkan yang mendaftar mencapai 500 ribu peserta. Hal ini tentu dibutuhkan kegigihan yang tinggi agar bisa tembus PTN impian.

Maka dari itu kamu perlu memiliki 5 sifat yang harus ditanamkan pada diri agar kamu bisa lolos seleksi masuk PTN nantinya. Sifat apa saja sih? Yuk simak di bawah ini.

1. Self-aware
Mereka yang memiliki self-aware tinggi memiliki kemampuan untuk memahami kelebihan dan kekurangan mereka. Sehingga mereka jarang sekali terjebak di situasi yang salah. Karena sebelum mengambil keputusan, mereka selalu memikirkannya matang-matang.

Ketika memiliki tujuan, yakni ingin berkuliah di PTN tertentu, mereka juga akan memikirkan taktik apa saja yang harus mereka lakukan. Sehingga ketika bertempur, mereka merasa dimudahkan karena telah sering berlatih.

Untuk melatih self-aware, kamu bisa mencoba untuk mengidentifikasi dirimu sendiri dan apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya.

Baca juga: 5 Hikmah Penting dari Skripsi, Gak Sekadar Syarat Lulus

2. Ambisius
Jika kamu benar-benar ingin masuk PTN, kamu harus memiliki niat dan ambisi yang kuat. Ambisi tersebut juga harus dibarengi dengan kerja keras. Kamu juga harus siap mengorbankan waktumu untuk bermain demi belajar materi untuk UTBK. Tetapi percayalah bahwa semuanya tidak akan sia-sia saat kamu mendapat kata selamat di hari pengumuman nanti.

3. Konsisten
Konsisten adalah kunci agar kamu bisa diterima di PTN yang kamu inginkan. Kamu harus konsisten belajar. Lebih baik mencicil materi sedikit demi sedikit asal teratur dibandingkan melahap habis beberapa bab tapi tidak konsisten. Dan juga jangan lupa untuk latihan soal. Kamu bisa menargetkan diri harus mengerjakan sekitar beberapa soal dalam sehari dan juga rutin tentunya.

4. Optimis
Apapun nanti hasilnya, kamu harus selalu berpikiran optimis. Kamu harus yakin jika tidak ada perjuangan yang sia-sia. Karena yang terpenting adalah kamu sudah berusaha semaksimal mungkin. Percayakan hasilnya pada yang di Atas. Jika kamu sudah benar-benar pasrah, Tuhan tidak akan pernah mengecewakanmu.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Tingkat Akhir, Biar Cepat Lulus!

5. Kreatif
Kreatif memang sangat diperlukan di mana saja. Bahkan ketika belajar pun diperlukan kreativitas. Kamu tentunya tidak mau kan sistem belajar yang itu-itu saja alias membosankan. Kamu memang membutuhkan sesuatu yang sedikit unik agar lebih semangat untuk belajar.

Misalnya kamu bisa mengasah kreativitasmu dengan membuat mind mapping. Sehingga otakmu lebih mudah menyerap materi tersebut karena disajikan dengan cara yang kreatif.

Nah, itulah 5 sifat yang harus kamu miliki agar bisa lolos seleksi masuk PTN favorit. Yuk, segera asah kelima sifat tersebut mulai sekarang.

Sumber: Idntimes.com

2 replies to “5 Sifat yang Wajib Kamu Miliki Agar Lolos Seleksi Masuk PTN Favorit

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star