Hastag Campus

Lakukan 6 Cara Menabung Biar Bisa Bayar Kuliah Sendiri yang Mudah Ini!

Saat sudah menjadi mahasiswa, pasti kebutuhan makin banyak dan makin mahal. Gak selamanya juga kamu bisa terus-terusan minta orangtua. Paling gak, kamu punya uang simpanan sendiri untuk keperluanmu. Simak enam cara menabung biar bisa bayar kuliah sendiri berikut!

1. Cari kampus yang dekat dengan tempat tinggalmu
Sebelum kuliah, pikirkan kampus yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Selain gak perlu keluar uang untuk biaya kos, kamu bisa pulang untuk makan saat istirahat. Uang jajan jadi aman, deh!

Baca juga: 5 Tips Agar Tetap Konsisten dan Serius Kuliah Sampai Wisuda

2. Mengikuti kerja freelance atau part time
Saat uang saku pas-pasan, itulah tanda bahwa kamu harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Karena jadwal mahasiswa yang padat, kamu bisa mengikuti kerja freelance atau part time. Manfaatkan akhir pekan atau saat pulang kuliah untuk menambah uang saku.

Kamu bisa menjadi seorang event organizer, bekerja di kafe, jadi admin, dan masih banyak lagi. Tetapi, ingat manajemen waktu ya biar tugas kuliah gak berantakan!

3. Memiliki usaha sampingan
Kamu bisa memiliki usaha sampingan sendiri atau join dengan teman. Manfaatkan sosial media atau e-commerce yang ada. Kamu bisa menjadi dropshipper. Kalau ada modal, kamu bisa membuka online shop kecil-kecilan. Lumayan banget buat menambah pemasukan!

4. Selalu ingat bahwa gak semua barang diskon itu kamu butuhkan
Seringkali, banyak ditemui mahasiswa dengan uang pas-pasan yang membeli banyak barang. Alasannya karena diskon besar-besaran. Padahal, belum tentu juga kamu membutuhkan barang itu. Selalu utamakan kebutuhan terlebih dahulu, baru yang lain ya! Jangan menghambur-hamburkan uang!

Baca juga: Antilupa! Ini 5 Tips Mengingat Materi Kuliah saat Presentasi di Kampus

5. Niat dan komitmen untuk menabung
Ini adalah hal yang paling penting di antara yang lain, yaitu menabung. Tetapi, menabung pun gak akan berhasil kalau emang gak ada niat. Milikilah komitmen untuk menyisakan sekitar 20-50 persen uang yang kamu dapat. Bawa bekal tiap hari, juga ampuh bikin hemat lho! Gak jajan lagi deh!

6. Menjadi mahasiswa yang aktif saat di kampus
Jadilah mahasiswa yang aktif! Entah itu aktif di kelas, aktif mengikuti acara-acara kampus, dan aktif mencari info mengenai beasiswa. Karena secara gak langsung, itu akan membuka banyak relasi. Segala urusanmu justru akan lebih dimudahkan. Siapa tahu kamu bisa dapat beasiswa, kan?

Terapkan enam cara menabung di atas biar pemasukanmu cukup untuk kebutuhan hidupmu. Jangan boros lagi, ya!

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star