Hastag Campus

5 Tips Dasar Belajar Pemrograman untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Apa kamu adalah calon mahasiswa jurusan Teknik Informatika? Jika iya kamu bisa membaca tips berikut ini bagi kamu calon mahasiswa jurusan Teknik Informatika dan bagi kamu yang memang belum begitu paham tentang Teknik Informatika, kamu juga bisa membaca tips berikut ini, agar kamu memiliki sedikit pengetahuan seputar jurusan Teknik Informatika.

1. Kenali terlebih dahulu apa itu “Pemrograman”
Tidak ada salahnya kita cari-cari terlebih dahulu mengenai seputar Pemrograman agar nanti tidak salah pengertian. Kamu bisa mencari artikel seputar Pemrograman agar dapat membantu kamu dalam mendalami arti dari Pemrograman.

Baca juga: Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancar

2. Tentukan bahasa pemrograman yang kalian minati
Tentu saja, dalam belajar sebuah pemrograman kita harus menentukan bahasa pemrograman apa saja yang harus kita kuasai yang nantinya akan menjadi modal utama kita, ketika nanti kita masuk kampus. Ada banyak bahasa pemrograman seperti, Java, C++, Python, Ruby, C#, C, PHP, Javascript, dll. Yang penting kita konsisten dahulu terhadap 1 bahasa pemrograman.

3. Mulai mencari referensi mengenai pemrograman
Mencari referensi disini bisa diartikan dalam mencari sumber dalam belajar kita. Karena pemrograman ini di kategorikan sulit, maka kita harus mencari sumber yang detail dalam membantu kita dalam belajar. Bisa juga membeli buku seputar pemrograman atau melihat tutorial di berbagai platform video cara membuat program menggunakan bahasa pemrograman.

Baca juga: 8 Fakta Beasiswa PMDSU, S2 dan S3 Sekaligus!

4. Mulailah belajar dan terus latihan
Tanpa belajar, kita tidak bisa menjadi apa-apa. Maka dari itu jika kita ingin memulai sebuah proses untuk ke jenjang yang lebih expert, maka kita harus belajar. Jika kita sudah tau apa itu Pemrograman, sudah menentukan bahasa pemrograman yang ingin kita kuasai terlebih dahulu, sudah mencari refrensi dari sumber yang kredibel, maka saatnya untuk mengaplikasikannya ke dalam metode belajarmu.

5. Selalu mencoba untuk mencari grup/mentor seputar pemrograman
Tanpa dibimbing mungkin kita juga tidak akan ada apa-apanya. Nah kita bisa mendapatkan ilmu tentang pemrograman melalui grup atau komunitas yang membahas seputar dunia Pemrograman dan juga teman atau guru yang sangat ahli dibidang Pemrograman. Selain menambah ilmu dan wawasan, kita juga bisa bergabung dalam suatu komunitas atau grup Pemrograman dan menjadi bagian dalam grup atau komunitas tersebut. Pada intinya adalah selalu niat dan selalu mencoba untuk mempraktikkan saja.

Itulah tadi beberapa hal dasar yang perlu kamu lakukan untuk memperdalam skill pemograman yang kamu pelajari. Semoga tips-tips di atas dapat membantumu ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star