Hastag Campus

7 Rutinitas Ini Buat Kamu Pintar Berbahasa Asing! Yuk, Lakukan!

Di era globalisasi seperti sekarang, kemampuan dalam berbahasa asing sangat dibutuhkan, apalagi untuk kamu yang punya mimpi melanjutkan studi di luar negeri. Tidak mungkin kita hidup di negeri orang tanpa mengerti bahasa mereka, bukan?

Kalaupun kamu tidak ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kemampuan bahasa asing tetap akan digunakan saat bekerja di dalam negeri. Orang yang dapat berkomunikasi banyak bahasa akan dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, sebab orang-orang seperti inilah yang dapat membawa masa depan perusahaan mereka lebih maju dan bekerja sama dengan perusahaan asing.

Nah, menyadari pentingnya kemampuan berbahasa asing, sudah saatnya untuk kamu berhenti santai-santai dan mulai belajar. Mari dicoba dengan melakukan tujuh langkah sederhana berikut.

1. Mencari dan mencatat materi dari internet
Vocab, grammar, tata bahasa, formal dan informal, semuanya dapat kamu temukan dengan mudah dalam internet. Kalau kamu malas mencatat, maka cobalah untuk menonton video youtube yang menjelaskan mengenai materi bahasa yang kamu inginkan. Ada banyak, kok. Dari bahasa Inggris, Mandarin, Korea, bahkan German, semua ada!

Baca juga: Walaupun D3, Jurusan Ini Dapat Langsung Bekerja

2. Menonton film bahasa asing dilengkapi subtitle
Sadar atau tidak, menonton film berbahasa asing dapat meningkatkan kemampuan listening dan conversation. Kamu juga dapat lebih mudah dalam meniru logat dan aksen bicara mereka agar semakin lancar. Tapi jangan hanya terlarut pada jalan cerita tanpa memperhatikan bahasanya, ya!

Ingat, tujuan utama kamu menonton film adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing. Orang yang sering menonton film bahasa asing akan lebih fasih berbicara ketimbang orang yang tidak pernah menonton sama sekali.

3. Biasakan menghafal lima kosakata tiap malam
Malas? Lelah? Ngantuk? Lawan semua itu! Kalau kamu terus-terusan malas, kamu akan terjebak dalam lingkaran rasa nyaman yang membuat kamu tidak produktif. Lagipula, rutinitas untuk menghafal lima kosakata tiap malam bukan hal yang susah. Bayangkan, bila dalam sehari kamu mendapat lima vocab, maka dalam seminggu kamu sudah menghafal 35 vocab. Kalau dikalkulasikan dalam satu bulan, kamu mendapat 140 vocab yang berbeda.

Baca juga: 5 Tips Agar Tetap Konsisten dan Serius Kuliah Sampai Wisuda

4. Mendengar, mencatat, dan menghafal kosakata dari lirik lagu
3M yang sederhana dan pasti akan membuat belajarmu menjadi lebih menyenangkan. Setiap dari kita pasti suka mendengar lagu, entah itu lagu galau atau lagu ceria. Dari bahasa Inggris, Korea, atau Jepang, semua ini bisa menambah pengetahuan kosakatamu, lho! Mulailah dengan cara yang sederhana, yakni mencatat dan menghafal lirik. Kemudian cari artinya, dan terapkan pada kalimat lain.

5. Cobalah berbicara dalam bahasa asing
Takut salah? Malu karena grammar masih berantakan? Dua hal tersebut adalah penghalang besar saat belajar bahasa asing. Kalau kamu memang malu dan tidak ada rekan yang bisa diajak latihan percakapan, maka cobalah untuk berbicara dengan dirimu sendiri. Walau belum fasih dan masih banyak kesalahan kata pada grammar, setidaknya kamu mau mencoba untuk improve dan terus membiasakan lidah agar dapat lancar berkata-kata dalam bahasa asing.

6. Membaca novel bahasa asing
Dari membaca novel, kamu bisa mendapat variasi kosakata yang baru. Bukan hanya itu, kamu juga dapat dengan mudah mengetahui susunan kalimat dalam berdialog. Tidak perlu novel tebal yang penggunaan katanya rumit, mulailah dengan novel tipis (atau buku cerita anak-anak) yang menggunakan kosakata sederhana.

7. Terus berlatih, terus belajar, terus mencari
Tips terakhir yang akan membuat pengetahuanmu dalam berbahasa berkembang. Teruslah untuk belajar dan jangan menyerah. Nantinya akan ada saat-saat dimana kamu bertemu grammar memusingkan, saat ketika kamu malas, saat-saat ketika kamu ingin berhenti. Tetapi ingatlah tujuan awalmu belajar bahasa, motivasilah dirimu setiap hari dengan kalimat sederhana, “Aku sudah memutuskan untuk memulai. Maka aku juga harus menyelesaikan sampai tuntas.”

Belajar setengah-setengah tidak akan membuahkan hasil yang baik, bukan?

Nah, berikut tujuh rutinitas sederhana yang bisa kamu terapkan agar kemampuan berbahasamu menjadi fasih. Gimana? Asyik dan mudah untuk dilakukan, bukan?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 replies to “7 Rutinitas Ini Buat Kamu Pintar Berbahasa Asing! Yuk, Lakukan!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star