Hastag Campus

7 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Tingkat Akhir, Biar Cepat Lulus!

Mahasiswa tingkat akhir selalu memiliki satu penyakit yaitu malas. Padahal, sudah tinggal selangkah lagi menuju kelulusan. Kesusahan dalam manajemen waktu sendiri yang paling sering dialami oleh mahasiswa tingkat akhir, jadinya gak lulus-lulus dari perguruan tinggi. Ikuti tips di bawah ini yuk, biar lulus tepat waktu!

1. Buat rencana kegiatan setiap hari
Saat malam hari sebelum tidur, buatlah rencana kegiatan apa saja yang akan dilakukan esok hari. Karena saat direncanakan, kamu bisa menyiapkan segala keperluannya biar gak berantakan dan mengganggu aktivitas yang lain.

2. Fokus pada prioritas pekerjaan
Kamu perlu tahu mana prioritas pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Selalu fokus, biar tugas-tugas dan pekerjaan lainnya cepat selesai.

Baca juga: Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancar

3. Hindari menunda-nunda pekerjaan
Dilarang keras menunda pekerjaan. Semakin ditunda akan semakin menumpuk dan kamu akan makin malas mengerjakannya. Dicicil mulai dari sekarang ya!

4. Jangan terlalu menyibukkan diri
Jangan terlalu sibuk dalam berkegiatan, entah itu di kampus maupun luar kampus. Kalau sibuk kamu terlalu sibuk, pekerjaan yang lainnya akan menyita waktumu lebih banyak. Tetap sediakan waktu untuk me time atau kumpul bersama teman, sekaligus bisa refresh otak biar gak makin suntuk.

5. Pastikan memiliki waktu istirahat yang cukup
Meskipun banyak tugas-tugas dan pekerjaan lain, tetap sediakan waktu yang cukup untuk tidur paling gak 6-7 jam. Gak perlu terlalu dipaksakan kalau badan sudah gak bisa kompromi. Disela-sela mengerjakan pun sediakan waktu paling gak 5-15 menit untuk istirahat sebentar, biar kamu tetap fresh saat mengerjakan!

Baca juga: 5 Hal yang Menghalangi Skripsimu Selesai Tepat Waktu, Gak Baik!

6. Jauhkan segala sesuatu yang bisa membuat konsentrasi terpecah
Jauhkan hal-hal yang membuat kamu terdistraksi, misalnya sosial media. Karena jika berhadapan dengan hal itu, kamu makin menunda pekerjaanmu dan kamu pasti akan kecanduan dengannya. Boleh sesekali mengecek, asalkan tahu batasannya.

7. Niat dan rajin dalam mengerjakan tugas akhir
Kunci paling penting ialah niat. Dalam melakukan kegiatan tiap hari, mengatur waktu, juga saat mengerjakan tugas akhir, yang dibutuhkan ialah niat dari dalam diri. Percuma kalau gak ada niat pasti menjalaninnya akan ogah-ogahan dan makin banyak waktu yang terbuang.

Ikuti tips di atas agar bisa mengatur waktu disela kegiatan kuliah semester akhir yang makin menguras energi. Waktu yang kamu punya jangan disia-siakan ya, karena waktu adalah harta!

Sumber: Idntimes.com

2 replies to “7 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Tingkat Akhir, Biar Cepat Lulus!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star