Hastag Campus

5 Hikmah Penting dari Skripsi, Gak Sekadar Syarat Lulus

Skripsi menjadi tantangan tersendiri ketika hendak menyelesaikan studi. Saking banyaknya cerita suka duka, skripsi selalu menjadi bahasan menarik bagi mahasiswa akhir yang sedang memperjuangkannya. Bisa juga karena pengalaman yang berkesan, skripsi menjadi kenangan bagi yang pernah melewatinya.

So, skripsi tidak hanya sebagai syarat lulus, tapi lebih dari itu, kamu akan merasakan 5 pembelajaran ini.

1. Mengenal diri sendiri
Skripsi ditulis sesuai dengan minat penelitinya. Terkadang skripsi yang ditulis mewakili keresahan atau memang sesuai dengan kondisi penelitinya.

Oleh karena itu, skripsi menjadi media untuk mengenal diri sendiri. Di mana peneliti mengetahui apa keinginan atau ketertarikannya beserta memperkirakan kemampuannya dalam menyelesaikan skripsinya.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Saat Ujian, Dijamin Tenang!

2. Belajar memecahkan masalah
Meskipun skripsi sudah dirancang sedemikian rupa sebelum dilakukan penerjunan penelitian, namun kondisi di lapangan tidak selamanya sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, peneliti dituntut untuk berpikir mengenai solusi dari permasalahannya. Sehingga peneliti menjadi terlatih dalam menyelesaikan masalah.

3. Bertahan (resiliensi)
Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk bertahan dalam keadaan sulit atau tertekan dan dapat mengatasinya. Skripsi membuat peneliti berada dalam perjuangan dan membuatnya harus bertahan dan mengatasi serta melewati masa-masa perjuangan dalam menyelesaikan skripsi.

Baca juga: 5 Trik Biar Proses Belajarmu di Sekolah Lebih Maksimal

4. Melatih kemampuan interpersonal
Dalam menyusun skripsi pasti berhubungan dengan banyak orang. Seperti pembimbing untuk berkonsultasi, orang birokrasi kampus untuk perizinan penelitian, dan subjek penelitian.

Semua dibutuhkan kemampuan interpersonal bagaimana untuk bersikap kepada orang dengan karakter, usia, jabatan yang berbeda. Oleh karena itu, skripsi menghasilkan peneliti yang memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

5. Mengetahui arti perjuangan sesungguhnya
Skripsi adalah memperjuangkan untuk menyelesaikan penelitian yang sudah dirancang sejak awal. Jadi meskipun kadang rintangan membuat gentar, namun masih mampu untuk bertahan dan melewatinya.

Setelah semua lika-liku skripsi terlewati dengan baik, selamat kamu adalah orang yang hebat karena mampu menyelesaikan tantangan dan menyelesaikan apa yang telah kamu mulai.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 replies to “5 Hikmah Penting dari Skripsi, Gak Sekadar Syarat Lulus

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star