Hastag Campus

5 Tips Ampuh Selesaikan Skripsi dalam Satu Semester

Skripsi atau tugas akhir merupakan “puncak” dari masa kuliah seseorang. Setelah melewati proses disiplin ilmu di bangku perkuliahan selama tujuh atau delapan semester, proses akhir yang harus dilewati oleh para mahasiswa adalah ujian skripsi.

Menulis skripsi memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi kegiatan menulis skripsi ini dapat dilakukan di luar kampus dan tidak sepenuhnya diawasi oleh dosen.Dikarenakan tidak ada pengawasan langsung, kebanyakan mahasiswa pun terlarut dalam masa-masa santainya menulis skripsi.

Banyak lagi faktor selain malas yang membuat para mahasiswa terhambat dalam menyelesaikan penulisan skripsi, seperti tidak paham materi, dosen pembimbing killer, dan banyak hal lainnya. Hingga tanpa sadar mahasiswa tersebut sudah menempuh banyak semester hanya untuk mengerjakan skripsi yang tak kunjung selesai.

Untuk menghindari hal itu terjadi, berikut diberikan tips ampuh menyelesaikan skripsi dalam satu semester agar terhindar dari gelar mahasiswa abadi.

1. Mantapkan niatmu sejak awal
Memantapkan niat memang terdengar sangat klise. Namun percayalah semua hal yang ingin dicapai berawal dari niat yang kuat. Dalam menulis skripsi, tekankan dalam dirimu bahwa kamu akan menyelesaikan skripsi ini dalam satu semester saja.

Temukan hal yang teramat sangat penting bagimu dan jadikan motivasi untuk segera menyelesaikan penulisan. Kamu dapat menjadikan orang tua, kekasihmu, cita-cita dan angan-anganmu sebagai motivasi. Sehingga apabila niatmu untuk mulai menulis skripsi luntur, ingatlah hal-hal yang menjadi motivasimu segera menyelesaikan skripsi.

Pikirkan apa dampaknya terhadap hal-hal penting itu apabila kamu lambat menyelesaikan skripsimu. Dengan ini, kamu bisa memiliki pegangan yang kuat, kenapa kamu harus menyelesaikan skripsi secepat mungkin.

Baca juga: Jangan Panik Hadapi Ujian, Ini 5 Tips Belajar Agar Ujian Lancar

2. Buatlah “to do list” yang akan diselesaikan dalam satu semester
Membuat to do list sangat membantu untuk mengontrol perkembanganmu dalam penulisan skripsi. Usahakan to do list-mu dibuat pada awal semester ketika kamu mengambil mata kuliah skripsi. Sertakan tanggal dan bulan dalam list-mu dan jadikan itu sebagai target yang harus kamu capai dalam satu semester.

Alangkah baiknya apabila To do list yang telah kamu buat ditunjukkan pada dosen pembimbing, sehingga dosen juga dapat membantu mengawasi perkembangan tulisanmu. Untuk meningkatkan semangat dalam menyelesaikan target, kamu bisa menyisipkan hadiah kecil setelah menyelesaikan point dalam to do list-mu.

Hadiah kecil ini dapat berupa makanan yang kamu sukai ataupun kegiatan menyenangkan yang bisa meningkatkan semangat belajarmu. Jangan lupa untuk membuat back up plan apabila terdapat point yang gagal terpenuhi.

3. Luangkan satu waktu dalam sehari untuk menulis skripsi
Agar skripsimu bisa selesai dalam satu semester, kamu harus bisa mengerjakannya secara efektif. Luangkan waktu minimal satu jam setengah atau lebih dalam sehari khusus untuk menulis skripsi. Jangan melewatkan waktu yang telah kamu tetapkan, ingatlah yang menjadi motivasimu ketika rasa malas menulis datang.

Seringkali rasa malas menulis muncul karena tidak memahami materi skripsi karena belum bertemu dengan dosen pembimbing. Namun jangan jadikan alasan itu untuk melewatkan waktu yang telah kamu jatahkan untuk menulis. Kamu dapat menulis hal lain seperti cover skripsimu, daftar pustaka, dan hal-hal lainnya yang dapat kamu cicil untuk menyelesaikan keseluruhan skripsi.

Baca juga: 5 Hal yang Menghalangi Skripsimu Selesai Tepat Waktu, Gak Baik!

4. Buatlah kelompok belajar
Untuk mempermudah dalam menulis skripsi, kamu bisa membentuk kelompok belajar dengan teman-teman yang membahas materi yang sama. Akan lebih baik apabila anggota kelompok belajar ini memiliki target lulus yang sama. Dengan membentuk kelompok belajar, kamu bisa berdiskusi tentang materi yang dibahas dengan teman-teman kelompokmu.

Kelompok belajar ini juga dapat membantu ketika kamu kesulitan dalam memahami suatu materi, sehingga kamu bisa sharing dengan temanmu yang paham. Bila perlu buatlah grup dalam sosial media sehingga kalian bisa berkomunikasi dengan lebih mudah. Kamu juga bisa membagikan to do list-mu dengan kelompok belajar sehingga kalian dapat saling mengingatkan.

5. Jangan malas!
Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan mahasiswa memperoleh gelar “mahasiswa abadi” dikarenakan rasa malas dalam mengerjakan skripsi. Ingatlah bahwa apabila kamu ingin menyelesaikan skripsi dalam satu semester saja, rasa malas tidak boleh ada dalam list-mu.

Rajin-rajinlah datang ke kampus dan bertemu dosen pembimbingmu di kampus. Kamu akan lebih nyaman untuk berdiskusi dengan dosen pembimbingmu apabila dosen tersebut sudah mengenal kamu. Jangan biarkan rasa malas menguasaimu. Ketika waktumu senggang pergilah ke perpustakaan untuk mencari literatur skripsimu.

Hindari bermain sosial media berlama-lama, hal ini akan memicu kamu untuk menunda penulisan skripsimu. Dari pada bermain sosial media, akan lebih baik kamu browsing mengenai materi skripsi yang tidak kamu mengerti, sehingga penulisan skripsimu bisa cepat selesai.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

One reply to “5 Tips Ampuh Selesaikan Skripsi dalam Satu Semester

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star