Hastag Campus

5 Alasan Peta Konsep Bisa Bantu Proses Belajar Jadi Lebih Mudah

Peta konsep menjadi salah satu cara belajar yang paling mudah untuk memahami pelajaran. Meskipun sering dinilai terlalu ramai atau membutuhkan kreativitas yang tinggi dalam membuatnya, peta konsep ini punya alasan yang jelas tentang seberapa efektif mereka bagi para pelajar.

Buat kamu yang masih bingung dan gak suka menggunakan cara ini dalam belajar, berikut 5 alasan peta konsep bisa bantu proses belajar jadi lebih mudah!

1. Media gambar yang mampu mewakilkan kata-kata
Kumpulan gambar dalam peta konsep merupakan alat grafis yang mampu mewakilkan kata-kata. Melalui warna, simbol dan singkatan materi panjang lebar bisa dituliskan jadi lebih ringkas.

Ini bahkan bekerja lebih baik dari rangkuman biasa, peta konsep bekerja seajaib itu dalam membantu proses belajar, guys.

Baca juga: 5 Hal yang Sebenarnya Jadi Pertimbangan HRD untuk Menerima Lamaran Kerja Para Fresh Graduate

2. Jembatan penghubung antar materi
Peta konsep menjadi jembatan antar materi yang bekerja melalui asosiasi alami. Maksudnya, dengan belajar lewat peta konsep otak akan secara otomatis bekerja mencari titik hubung antara satu materi dengan materi lainnya sehingga terbentuk suatu pemahaman luas yang tidak sulit untuk dicerna.

3. Mempermudah proses penyerapan banyak informasi
Bayangkan saja jika dalam satu bab kamu merangkum materi dalam bentuk tulisan, pasti membosankan banget dan sulit untuk diingat kan? Berbeda halnya dengan peta konsep yang bisa menyulap satu bab menjadi sebuah gambar jelas yang menyimpan banyak materi. Proses belajar dan penyerapan informasi akan lebih mudah dan cepat.

Baca juga; Kalau 6 Kiat ini Sudah Kamu Lakukan, Niscaya Habis Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja

4. Mengasah kreativitas yang bisa memudahkan pemahaman
Berbeda dengan catatan biasa yang membuat penulisnya seolah mencotek gaya yang membosankan, hanya mengutip dan merangkum kembali materi dalam setumpuk tulisan. Peta konsep justru bikin orang yang membuatnya jadi lebih kreatif, karena peta konsep dirancang lebih praktis namun harus tetap memiliki efektifitasnya dalam menyampaikan materi.

5. Menstimulasi otak untuk bekerja secara maksimal
Peta konsep seperti bentuk miniatur dari otak manusia yang berkumpul dalam satu tempat dan saling menghubungkan informasi-informasi yang ada di dalamnya. Dengan begini peta konsep jelas menjadi lebih efektif dibandingkan catatan biasa yang membuat otak berpikir secara linear.

Kamu gak perlu galau lagi guys saat memiliki banyak materi yang harus dilahap abis untuk ujian. Buat saja peta konsep dan jadikan ini sebagai senjata ampuh yang siap hasilkan nilai sempurna.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star