Hastag Campus

7 Mental yang Harus Kamu Kuatkan Saat Hadapi Ujian Semester

Ujian adalah salah satu hal yang paling menegangkan yang dihadapi siswa selama di sekolah. Siswa harus mempersiapkan diri melalui materi dan hafalan yang tidak sedikit. Namun, ternyata persiapan materi tidak cukup, kamu butuh persiapan mental agar sukses dalam mengerjakan ujian. Berikut ini adalah tujuh mental yang harus kamu punyai jelang ujian. Check it out!

1. Siapkan periode belajar yang efektif.
Siswa harus cerdas dalam mengatur waktu belajar yang efektif. Kamu harus mempersiapkan ujian terlebih dahulu dengan belajar setidaknya beberapa hari menjelang hari ujian. Salah satu cara terbaik untuk merencanakan sesi belajar adalah belajar dalam interval. Cobalah belajar selama 20 sampai 50 menit, diikuti dengan istirahat 5 sampai 10 menit. Ini membantu kamu mempertahankan informasi yang kamu pelajari dan akan sangat membantu saat ujian.

Baca juga: Mulai Terlupakan, Ini 6 Manfaat Terbiasa Mencatat dengan Tulis Tangan

2. Luangkan waktu untuk olahraga sebelum ujian.
Penelitian telah menunjukkan bahwa sangat penting untuk melakukan olahraga sebelum ujian berlangsung. Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke otak yang ideal untuk sesi belajar. Jadi, luangkan waktu untuk berlari atau olahraga lain sebelum belajar.

3. Konsumsi makanan sehat.
Jika kamu ingin memiliki energi dalam sesi belajar yang panjang, kamu harus menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan fungsi optimal. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti telur dan selai kacang, atau konsumsilah buah segar. Stroberi adalah satu buah yang diketahui memberikan energi tambahan.

Baca juga: Suka Belajar Bahasa Asing? Ini 5 Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan

4. Pikirkan alternatif tempat belajar.
Kamu terbiasa belajari di kamar atau perpusatakaan? Mungkin hal ini menjadi salah satu kendala belajar efektif. Mulailah mencari tempat lain untuk sekedar mencari atmosfer baru, tentunya dengan suasana yang nyaman dan sunyi. Terkadang, kamu membutuhkan suasana baru demi membuat otak terbuka akan materi ujian. Jangan terperangkap pada lokasi yang itu-itu aja!

5. Buang rasa kecemasan diri.
Menjelang ujian, selalu ada banyak tekanan seputar sesi belajar. Kamu mungkin khawatir bahwa kamu tidak meninjau materi yang cukup atau kamu mungkin mulai panik memikirkan nilai buruk. Sadarilah bahwa hal ini tidak membawamu pada sebuah kebaikan, sebaliknya membuat kamu jatuh dan tidak bersemangat. Bangkitlah dan buang rasa cemas dalam diri. Yang perlu kamu lakukan adalah berusaha sebaik mungkin dan berdoa, maka hasil akan mengikutinya.

6. Tulis kembali catatan-mu.
Walaupun saat ini semua sudah serba komputer dan ketikan, namun sadarkah kamu ketika menulis kembali dengan tangan sendiri akan lebih efektif? Tulislah kembali catatan yang kamu buat dan pelajari agar kamu dapat kembali menghafal sehingga saat ujian kamu dapat mudah menjawab pertanyaan.

7. Berhenti menunda-nunda pekerjaan.
Karena banyaknya yang harus dikerjakan dan dihafal, terkadang membuatmu malas dan menunda untuk mengerjakannya. Jika kamu ingin berjuang, maka semua pasti bisa dilewati. Buang jauh-jauh kebiasaan menunda pekerjaan, karena semakin banyak menunda, semakin kamu sulit untuk mengorganisir tugas yang ada.

Ujian sudah di depan mata, siapkah kamu? Jangan cuma siapin materi ujian, mental diri juga wajib kamu perhatikan ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star