Hastag Campus

5 Manfaat Kalau Kamu Aktif Bertanya di Kelas, Gak Bakalan Rugi!

Sebagai seorang siswa atau mahasiswa, keaktifan di dalam kelas merupakan hal yang penting dalam proses belajar. Salah satu caranya adalah dengan bertanya di kelas. Manfaat bertanya di kelas sebenarnya bukan hanya untuk mendapat jawaban dari topik yang kamu kurang mengerti saja.

Setidaknya nih, kamu akan mendapatkan 5 manfaat berikut kalau aktif bertanya di kelas. Penasaran? Yuk, kita simak!

1. Kamu dapat melatih rasa percaya diri
Aktif bertanya di kelas merupakan salah satu cara untuk melatih kepercayaan diri kamu. Mengutarakan pendapat dan menanyakan tentang apa yang ingin kamu tanyakan di kelas merupakan salah satu cara untuk melatih kemampuan public speaking.

Semakin sering kamu bertanya di kelas, maka keberanian kamu dalam berbicara secara tidak langsung akan semakin terasah. Sehingga ke depannya kamu tidak lagi gugup dan terbata-bata saat bertanya.

Bukan hanya itu, semakin sering bertanya, kamu juga akan belajar sendiri dalam penggunaan kata yang tepat agar pertanyaan yang ditanyakan akan dengan mudah dimengerti oleh guru/dosen.

Baca juga: Saat Menyusun KRS Online, 7 Hal Ini Pasti Pernah Dialami Mahasiswa

2. Kamu akan lebih dikenal guru atau dosen
Kamu akan lebih dikenal oleh guru atau dosen kamu jika kamu aktif bertanya di dalam kelas. Sering bertanya di kelas bukan berarti kamu “cari muka” tetapi kamu akan dianggap aktif belajar di kelas oleh guru atau dosen.

Beberapa guru atau dosen memiliki penilaian tersendiri mengenai keaktifan seseorang di kelas. Bukan tidak mungkin kalau kamu akan mendapat nilai tambahan jika aktif bertanya di kelas.

3. Secara gak langsung kamu juga membantu teman-temanmu yang malu bertanya
Aktif bertanya di kelas bukan hanya bermanfaat bagi kamu saja lho! Namun, secara tidak langsung kamu juga sedang membantu teman kamu dalam memahami pelajaran.

Sebenarnya, sering kali teman kamu enggan untuk bertanya di kelas karena malu atau tidak mengerti tentang hal yang mau ditanyakan. Namun, dengan kamu bertanya di kelas maka, kamu juga secara tidak langsung membantu teman kamu dalam memahami pelajaran.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru Sebelum Masuk Kuliah

4. Tentunya, pengetahuan dan wawasanmu akan semakin bertambah
Materi pelajaran sering kali terlalu luas jika di ajarkan semuanya di dalam kelas. Nah, keaktifan kamu dalam bertanya inilah yang berperan dalam membantu dosen atau guru kamu untuk mempersempit materi pelajaran.

Bukan hanya itu, dengan kamu bertanya di kelas, maka kamu tentunya akan mendapatkan ilmu di luar dari materi yang telah di jelaskan di dalam buku atau slide power point.

5. Manfaatnya juga akan kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari
Seingkali kita malu untuk bertanya pada orang lain saat kita tidak tahu atau tidak paham. Pembiasaan diri dalam aktif bertanya di kelas dapat membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya ketika kamu sedang tersesat di jalan, karena kamu sudah terbiasa bertanya di kelas, maka kamu gak akan merasa segan atau malu bertanya pada orang lain tentang jalan yang tidak kamu ketahui.

Jadi, itulah kelima manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu aktif bertanya di dalam kelas. Semoga bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star