Hastag Campus

5 Langkah Tepat Daftar Beasiswa Biar Gak Panik Duluan

Perkembangan teknologi melaju pesat beberapa tahun belakangan ini. Hadirnya smartphone dan peningkatan jaringan internet banyak memberikan dampak pada kehidupan manusia sehingga menjadi lebih mudah.

Salah satu kemudahan tersebut dapat dilihat dalam bidang pendidikan, seperti akses informasi beasiswa. Di antara kita pasti ada yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan beasiswa, kan? Untuk itu, yuk simak ulasan berikut ini agar daftar beasiswanya lancar.

1. Pakai internet untuk cari informasi beasiswa
Di era serba canggih saat ini, gelombang informasi hadir sangat cepat, apa pun yang ingin dicari, tersedia pada mesin pencari. Jika ingin menjadi pejuang beasiswa pastinya harus rajin mencari dan membaca informasi yang dibutuhkan agar aplikasi beasiswa dapat dikerjakan dengan maksimal.

Informasi mengenai sekolah atau universitas saat ini dapat diakses dengan mudah menggunakan komputer, laptop atau smartphone.

Rajinlah untuk membaca dan update informasi terbaru tentang beasiswa yang akan diincar. Perhatikan juga tanggal pendaftaran, berkas yang dibutuhkan dan persyaratan lainnya agar tidak salah dalam mempersiapkan kelengkapannya.

Baca juga: Antilupa! Ini 5 Tips Mengingat Materi Kuliah saat Presentasi di Kampus

2. Gunakan internet untuk belajar
Mendengar kata belajar pasti rasanya malas dan mengantuk, ada saja alasan untuk menghindarinya. Di era serba teknologi saat ini, belajar tidak harus di dalam kelas atau di perpustakaan dengan tumpukan buku yang terkesan membosankan.

Dengan memanfaatkan teknologi, belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja seperti mengikuti kursus kelas online, membaca materi atau buku dalam bentuk soft-file. Mudah kan?

Kamu bisa upgrade pengetahuan atau materi yang harus dikuasai saat akan mendaftar beasiswa. Persiapkan dari awal, sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk berusaha lebih baik.

3. Menyiapkan riset dan membaca jurnal ilmiah
Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi biasanya mensyaratkan rancangan riset dalam persyaratannya. Riset tentunya harus didukung dengan literatur, tidak hanya buku tetapi juga jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah dapat juga diakses secara online dan tidak berbayar namun ada juga yang dapat diakses dengan berlangganan atau berbayar.

Buatlah risetmu sebaik mungkin dan tentunya dengan tema yang kamu kuasai, karena rancangan riset ini dapat memberikan poin lebih yang penting untuk mendukung aplikasi beasiswamu. Konsultasikan juga riset dengan pembimbing atau dosenmu agar mendapat arahan yang baik dan tepat.

Membuat rancangan riset memang memerlukan waktu, ketelitian dan kerja keras, oleh karena itu persiapkan dari awal agar usahamu bisa maksimal.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Belajar Sains dan Matematika, Lebih Efektif

4. Meski sibuk mempersiapkan diri jangan lupa untuk berinteraksi & berbagi dengan teman
Sebuah perjuangan memang menyita waktu dan tenaga. Oleh karena itu kamu memerlukan teman seperjuangan untuk bertukar informasi, berbagi energi positif dan saling menguatkan.

Selain itu, kamu juga perlu tetap terhubung dengan teman yang memiliki pengalaman sebelumnya, seperti teman yang sudah pernah mendaftar atau lolos program tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak semua orang punya waktu luang yang sama, tetapi jangan khawatir, kamu tetap bisa terhubung dengan media sosial.

5. Melakukan kontak dengan universitas yang ingin dituju
Kamu dapat menghubungi bagian administrasi fakultas atau jurusan dari universitas tujuanmu. Misal untuk menanyakan tentang jadwal penerimaan mahasiswa baru, mata kuliah yang ditawarkan, ketersediaan beasiswa untuk mahasiswa atau hal yang belum dipahami atau tidak tercantum di website.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan internet untuk menunjang cita-cita meraih beasiswa. Semangat ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star