Hastag Campus

5 Tips untuk Membuat Anggota Kelompokmu Makin Kompak

Tidak semua orang memiliki ketertarikan yang besar dengan bekerja kelompok. Sebagian orang lebih memilih bekerja dengan dirinya sendiri meskipun sedang dalam kelompok. Hal ini sungguh tidak baik dalam usaha untuk mencapai cita-cita kelompok.

Setiap anggota harus mengusahakan agar kelompoknya menjadi kompak. Tidak hanya satu pihak saja, melainkan semuanya. Ini dia tips untuk kalian yang memiliki cita-cita agar anggota kelompoknya bisa kompak.

1. Jaga komunikasi
Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam menjaga keutuhan kelompok. Jangan sampai ketika ada persoalan yang sulit dipecahkan, sesama anggota kelompok saling diam. Komunikasi harus diusahakan oleh semua anggota kelompok agar persoalan cepat terselesaikan.

Baca juga: 5 Rahasia Biar Bisa Lolos Beasiswa LPDP, Cobain Yuk!

2. Memiliki inisiatif
Memiliki inisiatif dalam bekerja kelompok berarti sama dengan bekerja secara totalitas. Setiap anggota kelompok harusnya sadar bahwa inisiatif diperlukan agar semakin dekat pada tujuan. So, jangan gengsi-gengsi untuk memulai inisiatif.

3. Menghormati perbedaan pendapat
Perbedaan pendapat memang sering terjadi dalam bekerja kelompok. Meskipun begitu, akan lebih baik jika perbedaan itu dapat dikomunikasikan secara baik-baik. Jadi, menghargai perbedaan pendapat bisa membuat kelompokmu makin kompak.

Baca juga: 5 Tips Fokus Belajar Bahasa Asing dengan Mudah, Yuk Coba!

4. Bersikap kooperatif dalam bekerja
Seringkali kalian temui bahwa ada saja anggota kelompok yang bersikap tidak kooperatif dan suka seenaknya sendiri. Tentu hal itu sangat merugikan kelompok kalian. Untuk menghindari hal itu, setiap anggota harus tetap fokus pada tujuan bersama.

5. Bersikap dewasa dalam menghadapi masalah
Bersikap dewasa saat bekerja kelompok itu seperti tidak gampang tersulut emosi dengan rekan yang lain. Konflik tidak akan menjadi masalah besar jika kalian memiliki kedewasaan berpikir. Kedewasaan berpikir akan membuat kelompok kalian semakin matang dan diperhitungkan.

Bangunlah kekompakan kelompokmu mulai dari dirimu sendiri. Kelompok yang kompak tentu akan lebih mudah meraih apa yang menjadi tujuannya. Jadi, jangan goyah dengan halangan-halangan kecil yang berpotensi memecah kelompokmu.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star