Hastag Campus

5 Tips Sederhana Biar Tetap Produktif dalam Menulis

Saat ini menulis tak hanya bisa menjadi hobi semata, tapi juga mendapat penghasilan tambahan. Dan sudah menjadi tantangan tersendiri bahwa untuk bisa produktif dalam menulis ini dibutuhkan ketekunan dan juga usaha. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa tetap produktif dalam menulis di sela-sela kesibukan atau saat mengalami writer’s block?

1. Jangan hanya menunggu datangnya ide, kadang ide datang saat kita menulis
Menemukan sebuah ide atau kerangka untuk menulis memang susah-susah gampang. Apalagi jika yang terjadi adalah kita sedang merasa tidak mood atau tidak ada inspirasi. Hal inilah yang membuat kita terus menunggu datangnya ide.

Padahal dengan menulis pun bisa membuat ide datang dan mengalir dengan sendirinya lho. Selama kita menulis dengan enjoy dan relax ide-ide yang selama ini kita cari pun bisa datang atau bahkan ide yang selama ini belum pernah kita bayangkan!

Baca juga: 5 Tips Fokus Belajar Bahasa Asing dengan Mudah, Yuk Coba!

2. Tak bisa dipungkiri dengan banyak membaca juga bisa menambah wawasan dan juga ide
Saat kehilangan inspirasi, tak ada salahnya untuk rehat sejenak dan berganti dengan membaca. Tak hanya bisa menambah wawasan, dari hal itu pun rupanya bisa mendatangkan ide-ide untuk sebuah tulisan serta kamu juga bisa menemukan website-website yang bermanfaat dan juga memotivasimu untuk terus menulis.

3. Konsisten di saat sela-sela keseharian juga membuatmu berprogres
Tak bisa dipungkiri, dalam menulis pun konsisten tetap dibutuhkan. Sama halnya seperti makan dan minum, menulis secara teratur bisa membuat kita terus terlatih dan terbiasa. Meluangkan waktu untuk menulis beberapa paragraf dalam satu hari tentu lebih efektif dibandingkan dengan menulis banyak hanya dalam satu waktu kan?

Baca juga: 5 Rahasia Biar Bisa Lolos Beasiswa LPDP, Cobain Yuk!

4. Jangan jadikan malas sebagai batu halangan ya
Salah satu hal yang menjadi penghalang kita untuk bisa konsisten adalah malas. Menunda-nunda hingga akhirnya tulisan kita menjadi terbengkalai. Meski berat dan enggan, namun perasaan malas ini harus dilawan supaya kita menjadi terbiasa menulis lebih produktif.

5. Tetap temukan hal berarti yang kamu dapatkan dari menulis
Kehilangan inspirasi atau semangat? Mungkin kita harus bertanya kembali alasan mengapa kita ingin menulis. Menemukan hal yang berarti dari apa yang kita lakukan bisa membuat perasaan kita jauh lebih tenang serta kita bisa menulis apa adanya tanpa harus takut kehilangan motivasi.

Pada akhirnya menulis bukan hanya menjadi sekedar kegiatan di waktu senggang, tapi juga bisa memberi kita manfaat untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk menjadi lebih baik

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star