Hastag Campus

Pertahankan, Ini 5 Tanda Kamu Belajar dengan Cara yang Cerdas

Selama ini, cukup banyak orang yang berpikir bahwa untuk mencapai hasil belajar yang baik adalah dengan cara belajar keras. Tak salah sih, tapi tentu hal ini tidak cocok untuk semua orang ya dan seringkali dianggap kurang efektif.

Sebaliknya, belajar cerdas adalah cara yang dianggap lebih efektif dan memberikan hasil yang optimal. Lalu, apa nih tanda-tanda kalau selama ini kamu sudah belajar cerdas? Yuk kita simak!

1. Kamu tidak merasa terbebani selama proses belajar
Ingat, salah satu hal penting yang menandakan kamu belajar cerdas adalah dilihat dari kenyamanan kamu selama proses belajar. Itu artinya, kamu tidak merasa terbebani dan bahkan kamu sangat menikmati proses belajar tersebut lho.

Uniknya, waktu belajar malah terasa terlalu singkat dan cepat berlalu, dan kamu pun serius namun tetap santai selama kegiatan belajar. Kalau kamu merasakan hal ini, selamat ya sebab kamu telah menemukan cara belajar cerdas yang sesuai untukmu.

Baca juga: 6 Negara Ini Menggratiskan Biaya Kuliah, Lho!

2. Hasil belajar terlihat dari prestasi yang semakin meningkat
Gak bisa dipungkiri, salah satu indikator penting dari hasil belajar dapat terlihat dari prestasi seseorang. Semakin baik hasilnya, berarti semakin baik pula proses belajar yang dilakukan.

Seperti belajar cerdas ini, karena kamu belajar secara serius, efektif dan tetap santai, maka prestasi belajar pun semakin meningkat.

Sebaliknya, bila dengan belajar keras, mungkin akan membuahkan hasil, tapi bila terus menerus dilakukan, sangat mungkin timbul rasa jenuh dan stres yang akan berdampak pada prestasimu.

3. Kamu tidak mudah lupa dengan materi yang sudah dipelajari
Apakah kamu sering belajar keras untuk ujian dengan sistem kebut semalam? Kalau iya, coba lihat hasilnya ya. Saat ujian tengah berlangsung, kamu mungkin bisa mengingat apa yang dipelajari dengan baik.

Tapi nih, belum tentu kamu bisa mengingatnya dengan baik setelah kamu selesai ujian. Bukankah hasil belajar yang maksimal gak hanya terlihat saat ujian saja, melainkan setelah ujian selesai? Jadi, ayo temukan cara belajar yang cerdas dan sesuai buatmu ya.

Baca juga: Biar Lancar, Kuasai Skill Bahasa Inggris dengan 5 Tips Belajar Ini

4. Waktu untuk belajar dan bersantai dapat diatur secara seimbang
Salah satu perbedaan yang mendasar dari belajar keras dan belajar cerdas adalah dilihat dari seimbang tidaknya waktu untuk belajar dengan waktu untuk kegiatan lainnya. Saat belajar keras, hampir seluruh waktumu mungkin akan tersita untuk kegiatan belajar ini.

Tapi tidak untuk belajar cerdas, di mana kamu masih bisa menyeimbangkan waktu untuk belajar dan waktu untuk bersenang-senang atau bersantai, tentunya dengan hasil yang baik juga.

5. Kamu punya trik belajar andalan yang jauh lebih efektif
Yang namanya belajar cerdas, tentu selama proses belajar kamu punya trik andalan yang efektif untuk menunjang kegiatan belajar. Contohnya? Ya, misalnya saja kamu tahu teknik berhitung dan menghafal yang jauh lebih cepat dari biasanya.

Bandingkan bila kamu harus menghafal dengan cara biasa, dengan sebegitu banyaknya materi, seringkali bikin orang cepat menyerah dan jenuh. Intinya, trik belajar ini bisa coba kamu pelajari, cari tahu dan sesuaikan dengan yang paling pas untukmu ya.

Jadi, itulah kelima tanda kalau kamu belajar dengan cara yang cerdas. Tetap pertahankan guys!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star