Hastag Campus

5 Hal yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru di Semester Pertama

Tahun ajaran yang baru dimulai juga menandakan setiap kampus pasti memiliki mahasiswa baru yang sebagian besar baru saja lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya yakni SMA/sederajat. Ada juga yang pindah kampus atau baru menuntaskan niat untuk kuliah setelah beberapa tahun tidak lulus seleksi atau masalah lainnya.

Tentunya, mahasiswa baru yang benar-benar “baru masuk kampus” mesti beradaptasi dengan lingkungan barunya agar nantinya dapat menyesuaikan diri dengan semua civitas akademika kampus tersebut. Hal ini penting agar tidak menjadi mahasiswa yang tidak berbeda jauh ketika masih berstatus siswa yang taunya belajar dan pulang makan.

Nah, bagi kamu mahasiswa baru, lima hal di bawah ini harus kamu ketahui di semester pertama kuliah agar dapat merasakan menjadi mahasiswa yang “sebenarnya”.

1. Kenali karakter semua dosen dalam mengajar. Kamu juga bisa menanyakan hal ini ke seniormu
Dosen dan guru pada umumnya memiliki kebiasaan mengajar yang berbeda meskipun tujuannya sama yakni untuk mengubah kamu dari yang tidak tau menjadi tahu. Seringkali setiap dosen memiliki karakter yang berubah-ubah bahkan susah ditebak untuk pertama kalinya.

Oleh karena itu, kamu bisa menanyakan hal ini ke seniormu tentang karakter setiap dosen dalam mengajar. Hal ini berguna agar kamu bisa dengan cepat menyesuaikan diri ketika belajar nantinya tanpa membuat dosenmu memberi label “buruk” terhadap sikapmu.

Baca juga: 6 Hal Penting Ini Wajib Kamu Coba Setelah Berstatus Lulus Kuliah

2. Bagaimana “tradisi” senior memperlakukan mahasiswa baru
Setiap mahasiswa yang lebih duluan masuk di kampus tertentu biasanya memiliki “tradisi” dalam memperlakukan mahasiswa yang baru saja masuk di kampus tersebut. Entah itu sikap cuek ke maba, tatapan sinis maupun hal-hal yang tidak semestinya dilakukan oleh orang terpelajar apalagi di tempat yang bernuansa ilmiah.

Nah, sebagai mahasiswa yang baru saja masuk, kamu harus melakukan “riset” tentang bagaimana para senior memperlakukan kalian. Informasinya bisa kamu gali dari keluarga yang sedang atau sudah berkuliah di kampus tersebut maupun lewat tradisi tahunan kampus yakni penyambutan mahasiswa baru (PMB).

Hal ini berguna agar kamu bisa menentukan “sikap” ke depannya dalam menghadapi setiap senior di kampusmu. Harapan penulis sih, semoga saja mereka memperlakukan para maba dengan baik layaknya saudara dengan menjadi teman bertukar pengetahuan.

3. Managemen waktu
Suasana perkuliahan sangat berbeda dengan di jenjang pendidikan sebelumnya termasuk waktu, jadi pastikan kamu mampu membagi aktivitasmu dengan baik pula agar tidak membuatmu menyesal pada akhirnya.

Pahami jadwal kuliahmu dengan baik lalu sesuaikan dengan kebiasaan tidur, belajar, bermain gadget, maupun nongkrong dengan teman-temanmu. Dengan demikian, kamu tidak akan melewatkan suatu momen yang mungkin saja penting untuk kamu lakukan.

Baca juga: 5 Tips Agar Presentasimu Mendapat Nilai Bagus dari Dosen

4. Cara mendapatkan beasiswa maupun penghasilan sendiri
Untuk meringankan beban ekonomi keluargamu sekaligus belajar mandiri, sebaiknya mulai cari informasi dari berbagai sumber seputar beasiswa yang tersedia di kampusmu maupun dari pihak luar kampus. Kenali dan persiapkan sedini mungkin segala persyaratan untuk memperoleh beasiswa tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu belajar untuk memperoleh uang dengan hasil keringat sendiri. Cari pekerjaan yang tidak akan mengganggu aktivitas akademik misalnya kerja paruh waktu di sebuah tempat usaha atau sebagai freelancer. Selain itu, jika kamu memiliki keahlian, kamu menjual jasa penerjemah, desain grafis, programming atau jurnalistik.

5. Rencana kuliah ke depannya, organisasi maupun akademik
Sedari awal, pastikan kamu memiliki “campus life plan” sebagai pedoman untuk menjalani masa-masa kuliah kedepannya. Misalnya jadwal untuk wisuda di tahun keberapa, jumlah SKS yang ingin diprogram maupun jika ingin merasakan pengalaman berorganisasi di tempat yang kamu inginkan.

Hal ini berguna agar kamu tidak perlu merasa terbebani jika ada temanmu yang mungkin selangkah lebih dulu berada di depan. Bukankah kamu sudah memiliki rencana kuliah sehingga tidak perlu risau dengan kebehasilan orang lain.

Nah, mahasiswa baru sudah siap gak nih untuk merasakan suasana kuliah yang tentunya beda banget ketimbang di jenjang pendidikan sebelumnya. Jangan lupa terapin tips di atas agar kamu bisa beradaptasi di kampusmu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star