Hastag Campus

5 Alasan Logis Kamu Sebaiknya Bekerja Dulu Sebelum Lanjut Kuliah S2

Gak sedikit freshgraduate S1 yang mungkin dilema, apakah akan bekerja atau lanjut kuliah S2. Bagi yang berminat lanjut kuliah S2 pun, mungkin bingung apakah sebaiknya langsung mendaftar ke program S2 atau bekerja dulu beberapa tahun sebelum kuliah lagi.

Nyatanya, bekerja dulu sebelum kuliah S2 memberikan banyak manfaat untukmu, lho! Kok bisa? Yuk, simak beberapa alasannya.

1. Kamu sudah memiliki bekal pengalaman kerja
Dengan bekal pengalaman kerja yang kamu miliki, tentu akan sangat bermanfaat untukmu selepas lulus S2 nanti. Setelah lulus S2, kamu bisa kembali lagi bekerja ke institusi kerjamu sebelum S2.

Kalau toh kamu terpaksa resign dari pekerjaanmu karena S2, pengalaman-pengalaman yang sudah kamu dapatkan di dunia kerja akan membuatmu lebih dipertimbangkan perusahaan saat mencari pekerjaan baru. Ya, kan?

Baca juga: 5 Tips Belajar IELTS Biar Gak Bikin Tegang Pikiran

2. Kamu tahu ilmu apa yang kamu inginkan dan butuhkan untuk didalami
Kalau kamu masih bingung dan galau dengan jurusan apa yang kamu akan ambil di S2, bekerja dulu mungkin bisa membantumu menjawab itu. Dengan bekerja, kamu akan belajar banyak hal dan bahkan bisa mengeksplor bidang lain yang benar-benar gak sesuai dengan jurusan kuliah S1 dulu.

Misalnya selepas kamu lulus dari jurusan perikanan dan bekerja di pabrik pengolahan ikan, ternyata kamu lebih tertarik ke pemasarannya dibandingkan dengan teknik pengolahan ikan. Dengan begitu, kamu bisa mengambil kuliah S2 di bidang pemasaran atau ekonomi ketimbang mengambil S2 di bidang perikanan lagi.

3. Lebih banyak pilihan beasiswa pascasarjana untukmu
Gak sedikit penyelenggara beasiswa pascasarjana yang mensyaratkan pengalaman kerja minimal beberapa tahun, seperti misalnya beasiswa Chevening (Inggris), Orange Knowledge Programme (Belanda), DAAD (Jerman), Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (Swedia), dan masih banyak lagi.

Memang, banyak juga penyelenggara beasiswa yang gak mensyaratkan pengalaman kerja seperti misalnya beasiswa LPDP. Tapi, kalau kamu mempunyai pengalaman kerja tentunya kamu bisa lebih meyakinkan interviewer nantinya. Kamu pun dianggap kompeten dan bisa berkontribusi untuk negara selepas lulus nanti. Dengan begitu, peluangmu untuk lolos pun menjadi lebih besar.

Bahkan, bukan gak mungkin, perusahaan tempatmu bekerja bisa menawarkan beasiswa lanjut untukmu. Wah, menarik bukan?

Baca juga: 5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

4. Kamu bisa mempersiapkan dokumen S2 lebih baik lagi
Terutama buat kamu yang menginginkan kuliah S2 dengan beasiswa, kamu bisa mempersiapkan dengan lebih baik dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat administrasi mendaftar beasiswamu.

Di luar waktu kerja, kamu bisa meluangkannya untuk belajar IELTS atau TOEFL, GRE atau GMAT, membuat motivation letter, dan masih banyak lagi. Kamu juga punya waktu yang banyak untuk memikirkan kampus dan negara mana yang akan kamu tuju.

5. Pengalaman kerjamu bikin kamu pede kuliah nanti
Berbeda dengan kuliah S1, kuliah S2 menuntutmu untuk lebih banyak berpikir kritis, kreatif, dan solutif dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata.

Pengalaman kerjamu bisa jadi modal untuk itu. Dengan berbagai kompetensi dan pengalaman yang sudah kamu peroleh dari dunia kerja, tentu kamu bisa lebih pede untuk melakukan studi kasus, riset, dan sebagainya.

Nah, bagaimanapun juga, semua keputusan tetap ada di tanganmu nih guys. Ada juga banyak pertimbangan lain yang membuat seseorang lebih baik langsung S2, misalnya jika seseorang sudah mendapatkan beasiswa S2 sementara gak kunjung mendapatkan pekerjaan. Pada akhirnya, semua tergantung pada kita yang menjalaninya, kan?

Jadi, buat kamu freshgraduate S1, mau langsung lanjut S2 atau bekerja dulu nih?

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Alasan Logis Kamu Sebaiknya Bekerja Dulu Sebelum Lanjut Kuliah S2

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star