Hastag Campus

5 Tips Membuat Skripsimu Dipermudah oleh Sang Dosen Pembimbing

Mahasiswa semester akhir sudah tentu tidak akan asing lagi dengan yang namanya skripsi. Tugas akhir yang menentukan kelulusan ini memang dirasa cukup krusial sebab eksistensinya mampu menentukan nasib kita di dunia perkuliahan. Tak sedikit mahasiswa yang mengeluhkan hal ini bahkan gagal dalam penyusunannya sehingga harus menunda lama kelulusannya.

Untuk kamu yang masih mempersiapkan untuk skripsi, berikut tips yang dapat dilakukan agar skripsimu mampu dilancarkan oleh dosen pembimbing. Simak yuk apa saja!

1. Judul skripsi yang up to date dan cerdas
Pemilihan judul skripsi memang menjadi aspek paling fundamental sebab kamu harus mampu menentukan judul dari bahan yang akan kamu kaji selanjutnya dan tentu saja itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jika kamu mampu memilih judul skripsi yang up to date dan cerdas dalam kajiannya, bisa jadi dosen pembimbing mu justru akan memudahkan skripsimu.

Baca juga: Meski Dianggap Remeh, 6 Jurusan Ini Punya Prospek Kerja yang Oke

2. Jika dapat memilih, pilihlah dosen pembimbing yang sesuai bidangnya dengan topik skripsimu
Seperti yang kita ketahui bahwa setiap dosen tentu saja memiliki berbagai bidang dan latar belakang yang berbeda-beda. Hal itulah yang dapat menjadi kunci utama untuk mempermudah pengerjaan skripsimu, yaitu apabila diperbolehkan memilih dosen pembimbing maka pilihlah dosen pembimbing yang memiliki latar belakang bidang yang sesuai dengan topik skripsimu agar dapat mempermudahmu dalam pengerjaannya.

3. Rajinlah meminta bimbingan pada beliau
Satu hal yang satu ini dapat menjadi nilai tambah apabila kamu ingin menunjukan gigi sekaligus membuktikan kegigihanmu dalam mengerjakan skripsi. Rajinlah dalam mengevaluasi setiap bab dalam pengerjaannya dan mintalah dosen pembimbingmu untuk mengevaluasinya kembali. Dengan begitu tentu saja akan mempermudahmu dalam menyelesaikan skripsi.

Baca juga: Biar Lancar, Kuasai Skill Bahasa Inggris dengan 5 Tips Belajar Ini

4. Etika menjadi kunci utama
Jangan pernah sekalipun menunjukkan etika tidak baik pada dosen pembimbing jika kamu tidak ingin mengulang untuk semester-semester berikutnya. Tunjukanlah bahwa kamu mahasiswa yang patuh dan taat untuk mengerjakan skripsi dengan serius sehingga dosen pembimbing pun akan mudah percaya padamu dan membantumu dalam menyelesaikan skripsi.

5. Tidak menunda-nunda pengerjaan skripsi
Ini adalah yang paling utama dari semuanya yaitu jangan pernah menunda pengerjaan skripsi setelah mendapatkan evaluasi dari dosen pembimbing. Jika memang skripsimu harus direvisi, maka cepatlah kerjakan sesuai dengan target yang diminta oleh dosen pembimbing sehingga akan mempermudahmu juga.

Nah, 5 tips di atas dapat kamu coba agar pengerjaan skripsimu dapat dipermudah oleh sang dosen pembimbing sehingga skripsi dan sidang pun menjadi lancar. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star