Hastag Campus

5 Tips Fokus Belajar Bahasa Asing dengan Mudah, Yuk Coba!

Belajar bahasa asing memang menjadi tantangan tersendiri di era globalisasi saat ini. Dengan mempelajari bahasa asing tentunya dapat meningkatkan kemampuan diri menjadi lebih baik, memudahkan saat bepergian, berbisnis, tinggal atau menempuh studi di negara lain.

Mempelajari bahasa yang berbeda dengan bahasa ibu (mother tongue) memang membutuhkan usaha lebih, karena perbedaan tata bahasa, kosakata dan pengucapan yang belum tentu mudah dipahami. Untuk itu kita harus memiliki motivasi dan strategi untuk menguasai pelajaran dengan baik. Bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut ini.

1. Pikirkan kembali apa tujuanmu mempelajari bahasa tersebut
Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam setiap tindakannya. Tujuan dapat berfungsi sebagai arah, seperti mengendarai motor seseorang harus memiliki tujuan ke mana akan berjalan. Memiliki tujuan dapat membuatmu menjadi lebih fokus dalam belajar serta dapat menginspirasi dan menambah memotivasi.

Oleh karena itu tetapkan tujuanmu sebelum memulai belajar. Apa sebenarnya tujuanmu mempelajari bahasa asing? Ingin bekerja, belajar atau lainnya. Kenali dahulu tujuanmu agar motivasi tetap terjaga karena dengan memiliki tujuan kamu punya goals yang harus dicapai jadi tidak sekadar angan-agan.

Baca juga: 5 Cara Jitu Biar Mudah Beradaptasi Jika Tinggal di Luar Negeri

2. Buat catatan kecil yang mudah dibaca dan dipelajari
Tidak ada rumus untuk pintar selain belajar, jadi biasakan rutin belajar meski singkat. Tidak perlu dengan tumpukan buku, mulailah dengan membuat catatan-catatan kecil yang dapat dibaca di mana saja dan kapan saja.

Buat catatan pada buku kecil sehingga mudah dibawa atau sticky notes yang diletakkan di tempat dengan visibilitas tinggi jadi mudah dilihat. Bisa juga dicatat pada HP agar mudah dibaca saat mobile sekalipun.

3. Konsisten belajar
Konsisten merupakan kunci keberhasilan dalam belajar, oleh karena itu buatlah jadwal belajar dengan waktu yang realistis, artinya dapat dijalankan. Kerjakan dengan konsisten dan pantang menyerah meski motivasimu sedang turun. Ingatlah tujuan awalmu belajar, tetap semangat.

Baca juga: 7 Cara Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri, Bikin Ortu Bangga!

4. Gunakan sumber belajar yang tepat
Di era teknologi seperti sekarang ini dengan sangat mudah kita temui berbagai macam sumber belajar, baik secara online melalui kelas atau grup di sosial media atau belajar di dalam kelas bertatap muka dengan tutor atau belajar sendiri dengan membaca artikel, menonton televisi atau menulis.

Sebelum memutuskan untuk memilih sumber pelajaran, sebaiknya kenali dahulu kemampuan diri. Metode seperti apa yang cocok dan efektif untukmu belajar agar ilmu terserap dengan baik.

5. Cari teman dengan passion yang sama
Beberapa di antara kita mungkin pernah merasa malu berbicara atau latihan percakapan dengan bahasa Inggris karena khawatir dibilang ‘sok Inggris’. Padahal belajar bahasa asing akan menjadi lebih baik jika dipraktikkan agar terbiasa dan tidak kaku.

Saat belajar bahasa kamu bisa mencari teman dengan passion yang sama agar dapat berdiskusi mengenai hal yang sedang dipelajari, selain itu kamu juga bisa praktik percakapan dengan temanmu tanpa khawatir dinilai ‘sok-sokan’.

Itulah beberapa kiat untuk fokus belajar bahasa asing yang dapat dicoba. Semangat belajar!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star