Hastag Campus

6 Tips Jitu Buat Kamu yang Lagi Galau dengan Topik Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib banget dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Gak jarang pada tahap ini banyak mahasiswa yang bingung banget buat menentukan topik apa yang mesti ia kerjakan. Nah, daripada kamu galau mendingan ikuti 6 tips berikut ini. Dijamin deh kamu bakalan nemu topik yang pas banget buat skripsi kamu.

1. Introspeksi diri
Tips jitu pertama yang mesti kamu lakukan agar mendapatkan ide yang pas buat topik skripsimu adalah introspeksi diri. Tanyakan pada dirimu sendiri apa keinginanmu dan apa minatmu. Coba deh kamu renungkan sejenak dan pikirkan dengan hati yang tenang, pikirkan apa yang mampu kamu kerjakan sesuai keinginanmu. Terkadang, untuk menemukan ide cemerlang kita butuh waktu yang tenang. So, coba deh lakukan pasti kamu nemu topik yang cocok.

Baca juga: 5 Tips Supaya Masa Kuliahmu Tidak Berlalu Sia-sia

2. Bertukar pikiran/diskusi
Tips jitu kedua agar kamu bisa menentukan topik skripsimu adalah dengan bertukaran pikiran dengan orang lain. Carilah orang yang benar-benar paham dengan apa yang kamu mau, entah itu dengan sahabatmu, kakak senior bahkan dengan dosen pembimbingmu.

Terkadang kita membutuhkan bantuan orang lain dalam menentukan apa yang ingin kita lakukan. Saran dan masukan yang mereka berikan bisa jadi membuka pikiranmu untuk menemukan ide topik skripsi yang tepat. Gak ada salahnya kamu berdiskusi dan berbagi ilmu dengan mereka.

3. Membaca skripsi orang lain sesuai jurusanmu
Pernah dengar gak kata mutiara “Buku adalah jendela dunia”? Peribahasa ini kalo kita artikan maknanya memang bener banget guys. Dengan membaca sebuah buku, pikiran dan wawasan kita jadi terbuka serta ilmu pengetahuan kita makin bertambah. Coba deh kamu pergi ke perpustakaan yang ada di kampus kamu, dan baca skripsi dari senior angkatan kamu. Dijamin deh kamu bakalan terinspirasi dan menemukan judul yang pas buat skripsi kamu.

Baca juga: Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeri

4. Membaca banyak jurnal ilmiah
Selain buku dan skripsi, sumber bacaan yang mesti kamu baca agar menemukan ide yang cemerlang buat skripsi adalah jurnal ilmiah. Selain menambah pengetahuan kamu, dengan membaca beberapa jurnal ilmiah bisa jadi kamu tertarik untuk mengembangkan penelitian yang sudah ada. Apalagi topiknya sesuai dengan apa yang kamu mau, pasti deh skripsimu bakalan cepat kelar. So, coba deh tips ini mana tau berhasil.

5. Perbanyak baca berita dari sumber terpercaya
Tips selanjutnya adalah memperbanyak baca berita dari beberapa media seperti koran, majalah ilmiah ataupun media online terpercaya. Kamu juga bisa melihatnya di televisi, mana tau kamu menemukan isu-isu terkini yang pas banget kamu angkat menjadi tema skripsi kamu.

6. Berdoa kepada Tuhan
Terakhir, setelah kamu melakukan semua usaha diatas tahap terpenting adalah berdoa kepada Sang Pencipta. Mintalah petunjuk dan kemudahan Kepada-Nya. Bagaimanapun Tuhan yang memiliki kekuatan untuk memberikan kita kemampuan untuk berpikir dengan baik.

Nah itu dia 6 tips jitu buat kamu yang lagi galau dengan topik skripsi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star