Hastag Campus

5 Tips Agar Tetap Konsisten dan Serius Kuliah Sampai Wisuda

Sudah menjadi kebiasaan jika mahasiswa baru lebih bersemangat untuk masuk kelas dan belajar. Semua perintah dosen akan dituruti dan dikerjakan secepat mungkin. Kursi depan pun akan penuh dengan wajah-wajah antusias untuk mencari tahu.

Lalu bagaimana jika sudah di pertengahan dan di akhir semester? Apakah masih bersemangat? Nyatanya banyak mahasiswa yang tidak bisa konsisten dan serius belajar. Rasa bosan dan jenuh bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya, yuk cek lima cara agar tetap konsisten dan serius kuliah!

1. Tetapkan target nilai IPK yang ingin dicapai
Di awal semester biasanya mahasiswa baru lebih bersemangat masuk kelas dan belajar. Hanya saja, jangan lupa tetapkan target nilai IPK yang ingin diraih. Kamu bisa memutuskan untuk meraih nilai cumlaude dari awal dengan menyusun rencana setiap per semester.

Catat dan tempelkan rencana dan target nilai yang ingin diraih, agar di tengah semester kamu masih semangat untuk mengingat impianmu. Tetapkan juga berapa tahun kamu bisa menyelesaikan kuliah dan mencari kerja.

Baca juga: 6 Trik Supaya Lolos Seleksi Perguruan Tinggi Swasta. Jangan Sepelekan, Tetap Persiapkan!

2. Berteman dengan teman super rajin dan pintar
Memilih-milih teman di awal semester bukanlah hal salah. Disini kamu dituntut untuk memperkaya jaringan sosial yang berkualitas. Setidaknya pengaruh dari temanmu yang super rajin dan pintar akan mendorongmu untuk semangat belajar. Teman yang baik akan memaksamu untuk cepat-cepat menyelesaikan kuliah. Mereka tidak suka menyia-yiakan waktu di luar kepentingan kuliah.

3. Tidak terjebak dengan rutinitas organisasi yang super sibuk
Biasanya mahasiswa baru akan tertarik untuk mengikuti berbagai organisasi di kampus. Meski organisasi bisa meningkatkan kecakapan dalam komunikasi, tanggung jawab, dan memperbanyak relasi. Kamu juga harus mengutamakan tugas kuliah dan belajar.

Menjadi anggota organisasi dan terjebak dengan rutinitasnya yang banyak justru membuat kuliahmu terbengkalai. Jika tertarik masuk organisasi, belajarlah mengatur waktu antara kuliah dan kegiatan lain.

Baca juga: 9 Trik Menghadapi Sempro untuk Meyakinkan Dosen, Bahwa Judul Skripsimu Layak Diangkat

4. Berteman dengan kakak kelas tingkat akhir yang menyusun skripsi
Sesekali duduklah dengan kakak kelas untuk saling bertukar pikiran. Biasanya kakak kelas akan senang hati membagi ilmu dan wawasannya. Mereka akan memberimu gambaran tentang suka duka dalam mengerjakan skripsi. Pengalaman dari mereka bisa memicumu lebih semangat untuk segera menyusun skripsi.

5. Menjadikan perpus sebagai tempat favorit saat kelas kosong
Jika selama ini kantin menjadi tempat favorit saat tidak ada kelas. Segera ubah kebiasaan tersebut dengan mendatangi perpustakaan. Sering mengunjungi perpustakaan akan membiasakanmu berpikir selangkah lebih maju. Banyak buku-buku menarik di luar materi kuliah yang bisa menjadi inspirasi baru. Di perpus kamu juga bisa memiliki teman baru yang bisa diajak bertukar pikiran.

Menjaga konsistensi memang tidak mudah, apalagi bisa serius belajar di pertengahan dan akhir semester. Bentuklah kebiasaan baik dari awal semester sehingga nantinya kamu terbiasa mengikuti target kuliah sampai wisuda.

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star