Hastag Campus

5 Tips Belajar IELTS Biar Gak Bikin Tegang Pikiran

Buat kamu yang sudah pernah ikut tes kompetensi bahasa Inggris tipe IELTS atau yang sekarang masih belajar pasti setuju kalau ujian ini cukup menantang. Gak heran, jauh sebelum ujian kita harus belajar ekstra biar skornya sesuai dengan target.

Ujian IELTS terdiri dari 4 section: listening, reading, writing, dan speaking. Untuk mendapatkan skor tinggi tentunya kamu harus menguasai semua section tersebut. Makanya, gak sedikit orang merasa stres saat masih belajar IELTS.

Nah, biar gak stres belajar IELTS, coba deh lakukan 5 hal berikut. Pastinya kalau kamu konsisten, hasilnya pun akan maksimal.

1. Persiapkan semuanya minimal satu tahun sebelum kamu tes
Hah? Lama banget? Iya, semuanya memang sudah harus dipersiapkan jauh-jauh hari karena yang diuji di sini adalah keterampilan — bukan sekadar pengetahuan bahasa Inggris semata. Kamu harus paham bahwa belajar bahasa itu tidak mudah. Perlu waktu lama sampai akhirnya bisa berbahasa dengan baik. Kita saja masih sering salah kan saat menulis maupun bicara dalam bahasa Indonesia?

Oleh karenanya, semakin lama kamu mempersiapkan ujian, amunisimu akan semakin mantap. Daripada harus bayar berkali-kali untuk ujian, kan?

Baca juga: 7 Cara Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri, Bikin Ortu Bangga!

2. Bikin jadwal belajar reguler, gak perlu banyak-banyak!
Apalagi kalau kamu punya kesibukan lain, misalnya bekerja. Belajar bahasa Inggris sangat butuh banyak tenaga dan waktu. Makanya, kamu perlu bikin jadwal belajar reguler. Pun itu gak perlu harus setiap hari kok!

Pengaturan jadwal belajar itu tergantung dirimu sendiri karena cara belajar setiap orang berbeda-beda. Tapi kalau bingung, kamu bisa pakai strategi jadwal seperti ini:

  • Selasa: Listening pukul 20.00–22.00
  • Rabu: Reading pukul 20.00–22.00
  • Kamis: Writing pukul 20.00–22.00
  • Jumat: Speaking pukul 20.00–22.00

Boleh juga kamu gunakan sedikit waktu akhir pekan untuk belajar. Durasinya juga bisa disesuaikan dengan section prioritasmu, jadi tidak semua harus sama rata.

Asalkan kamu lakukan semuanya secara konsisten dan sabar, pasti keterampilanmu juga akan terasah dengan baik, kok!

3. Jangan digeber semua section dalam satu waktu! Pelan-pelan aja
Yup! Ini penting. Kamu harus sabar saat belajar. Kalau saat try out hasilnya masih tidak sesuai target, jangan menyerah. Pelajari pelan-pelan setiap skill dan konteks penilaian dalam IELTS. Kalau kamu memaksakan harus belajar semua section dalam satu waktu, otakmu akan panas dan akhirnya jadi gak fokus.

Itulah gunanya ada jadwal belajar untuk setiap section — agar bisa fokus. Karena, baik itu listening, reading, writing, dan speaking punya komponen penilaian tersendiri sehingga pasti strategi untuk mengerjakannya pun beda-beda.

Baca juga: Kalau 6 Kiat ini Sudah Kamu Lakukan, Niscaya Habis Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja

4. Cari partner belajar atau tutor biar kamu termotivasi
Nah, ini penting banget. Kita cenderung semakin malas belajar karena tidak punya partner atau tidak ada tutor yang mengarahkan topik pembelajaran. Setidaknya, kehadiran salah satu dari mereka akan membantumu mengasah skill bahasa Inggris khususnya untuk section writing dan listening.

Kedua section ini sangat membutuhkan orang yang bisa mengevaluasi hasil tesmu. Kamu jadi tahu bagian mana saja yang salah dan perlu di-improve. Pun, dengan adanya partner belajar, kalian bisa saling bertukar tips dalam menggunakan bahasa Inggris. Seru, kan?

5. Sama seperti pas mau UN, santaikan diri menjelang tes
Kenapa, sih harus begitu? Karena pada hari tes energimu akan jauh lebih terkuras. Makanya, kamu perlu rileks biar saat tes pikiranmu bisa fokus dan tenang. Jika sampai H-1 kamu masih belajar, kamu akan terus kepikiran hal yang semestinya diperbaiki. Kamu jadi khawatir salah, akhirnya malah bikin grogi saat ujian. Wah, bahaya nih!

Makanya, paling tidak H-1 kamu harus berusaha rileks, gak belajar lagi, dan istirahat cukup. Gak seru dong pas ujian malah pusing gara-gara habis begadang?

Itulah 5 tips belajar IELTS biar pikiranmu gak tegang. Sabar, semuanya perlu proses. Hasilnya akan baik asalkan kamu konsisten belajar.

Semangat, ya! Semoga hasil IELTS-mu sesuai dengan target atau bahkan melebihinya!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

2 replies to “5 Tips Belajar IELTS Biar Gak Bikin Tegang Pikiran

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star