Hastag Campus

Ngantuk? Coba 5 Tips Ini Biar Kamu Tetap Fresh Saat Belajar

Rasa kantuk terkadang mungkin selalu muncul saat kamu sedang belajar. Terlebih, jika materi yang sedang kamu pelajari cukup sulit dan membosankan. Jika kamu sedang belajar di rumah, mungkin tidak masalah bagi kamu bisa untuk mengistirahatkan tubuh lebih dulu.

Tetapi, berbeda jika rasa kantuk itu muncul saat kamu sedang belajar di dalam kelas bersama guru dan teman-teman. Nah, agar rasa kantuk itu hilang, kamu bisa coba beberapa tips berikut ini.

1. Bergerak
Cara yang paling mudah untuk menghilangkan rasa kantuk saat belajar adalah dengan bergerak. Kamu bisa coba bergerak dengan cara meregangkan tangan dan leher. Cara ini memang cukup sederhana, tapi tetap efektif untuk menghilangkan rasa kantuk.

Baca juga: 8 Langkah Kecil Ini Akan Membuat Harimu Lebih Produktif

2. Minum air mineral
Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, hai ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lelah dan rasa ngantuk pun muncul. Itulah mengapa minum air mineral yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena, dapat menghilangkan dehidrasi yang menyebabkan rasa kantuk.

3. Cuci muka
Ketika kamu sudah bergerak saja dengan beranjak dari tempat duduk, hal itu sudah membantu kamu menghilangkan rasa kantuk. Ditambah dengan kesegaran air saat kamu membasuh wajah, maka rasa kantuk akan hilang seketika.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Belajar Tanpa Perlu Ikut Bimbel, Berani Coba?

4. Gunakan alat tulis warna warni
Supaya gak monoton dan bikin malas belajar, kamu bisa coba menggunakan alat tulis dengan warna yang kamu suka dan lucu. Hal ini cukup efektif untuk meningkatkan mood kamu saat belajar, lho.

5. Pajang foto idola
Jadikan idola kamu sebagai penyemangat saat kamu sedang belajar, terutama saat rasa kantuk mulai datang. Simpan foto idola kamu di buku atau kontak pensil. Sehingga, saat kamu melihat wajahnya, kamu jadi lebih bersemangat dan mulai belajar lagi dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rasa kantuk saat belajar. Semoga bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star