Hastag Campus

5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

Setelah lulus, kebanyakan siswa SMA akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tapi di situlah munculah beberapa pertanyaan yang membingungkan. Misalnya ingin kuliah di mana? PTN atau PTS? Lalu ingin mengambil jurusan apa? Pertanyaan itulah yang akan muncul di benak siswa SMA.

Makanya tidak sedikit dari siswa SMA yang akhirnya salah mengambil jurusan. Memang waktu awal masuk kuliah masih belum terasa. Tetapi saat di pertengahan, di situlah mereka baru berasa kalau mereka sudah salah jurusan. Sebenarnya apa sih penyebab seseorang bisa salah jurusan? Biar kamu tidak salah jurusan, sebaiknya perhatikan penyebabnya berikut ini.

1. Kurang riset terhadap jurusan yang ingin diambil
Riset itu sangat penting lho sebelum menentukan jurusan yang ingin diambil. Masalahnya kebanyakan siswa SMA jarang melakukan riset untuk menentukan jurusan yang ingin diambil. Dengan informasi yang kurang akurat, tak jarang mereka akan berkspektasi terlalu tinggi. Nah, saat di pertengahan semester ternyata ekspektasinya tidak sesuai. Maka dari itu lakukanlah riset terlebih dahulu agar kamu tidak salah jurusan.

Baca juga: 8 Langkah Kecil Ini Akan Membuat Harimu Lebih Produktif

2. Belum menemukan passion
Masa-masa SMA memang merupakan masa-masa seseorang masih mencari passion. Terkadang mereka masih bingung passion mereka itu di bidang apa. Saat menentukan jurusan kuliah, tak jarang calon mahasiswa ini asal ambil jurusan saja. Sehingga kasus salah jurusan pun bisa dialami oleh mereka.

3. Ikut-ikutan teman
Kuliah karena ikut-ikutan teman bisa menjadi penyebab seseorang salah jurusan. Walaupun sebenarnya dia tidak ada minat di jurusan tersebut, tetapi dia tetap mengambil jurusan tersebut karena teman-temannya banyak di jurusan itu. Makanya tak jarang seseorang bisa salah jurusan.

Alangkah lebih baik kamu kuliah tidak ikut-ikutan temanmu. Kalaupun tetap ingin ikutin temanmu, sebaiknya jurusan yang kamu ambil memang sudah sesuai dengan minat dan cita-citamu.

4. Keinginan orangtua
Terkadang ada kasus di mana seseorang kuliah karena keinginan orang tuanya. Misalnya dia ingin kuliah di jurusan DKV, sedangkan orang tuanya ingin dia kuliah di jurusan akuntansi. Akhirnya dia mengambil jurusan tersebut karena keinginan orangtuanya. Tetapi karena dari awal keinginannya bukan di jurusan akuntansi, makanya dia kuliah tidak dengan sepenuh hati dan menyebabkan dia salah jurusan.

Baca juga: Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negeri

5. Gengsi
Gengsi merupakan hal yang paling fatal penyebab seseorang salah jurusan. Biasanya seseorang yang gengsi akan kuliah di kampus ternama dengan jurusan yang banyak peminatnya. Padahal minatnya bukan pada bidang tersebut. Semua itu dilakukan karena dia hanya ingin dipandang saja. Karena minatnya bukan di jurusan itu, lama kelamaan dia akan merasa kalau dia sudah salah jurusan.

Mengenali penyebab salah jurusan sangat penting bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah. Salah jurusan dapat menyebabkan seseorang akan malas-malasan saat kuliah. Kalau saat kuliah sudah malas-malasan, kemungkinan lulus pun bisa telat. Kemudian yang lebih parahnya, seseorang bisa menjadi tidak produktif. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang ingin kuliah agar tidak salah jurusan.

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star