Hastag Campus

9 Cara Ampuh Hadapi Dosen Killer, Kamu Wajib Tahu!

Salah satu tipe dosen pengajar di kampus adalah tipe dosen killer. Pada umumnya, dosen killer adalah mereka yang sering dianggap sebagai momok bagi mahasiswa. Pasalnya, dosen killer terkenal akan kegalakannya, sikap judesnya, banyaknya tugas yang diberikan, hingga pelitnya mereka memberi nilai kepada mahasiswa. Jadi sangat wajar jika akhirnya mahasiswa akan sangat takut untuk berhadapan dengan dosen killer.

Namun hakikatnya, mau tidak mau, suka tidak suka, setiap mahasiswa pasti akan bertemu dengan tipe dosen killer ini. Jadi kamu hanya perlu berhati-hati dan upayakan kamu sudah tahu cara yang tepat untuk menghadapinya.

Nah, berikut ini akan disampaikan terkait dengan cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi dosen killer.

1. Bersikap ramah dan sopan
Sudah kewajiban mahasiswa untuk selalu bersikap ramah dan sopan kepada setiap dosen, termasuk dosen killer. Kamu tidak perlu takut, sesekali kamu boleh menyapa dan mengajak dosenmu untuk berdiskusi terkait materi yang diajarkan. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah masalah waktu. Jangan sampai kamu mengajak dosenmu ngobrol di waktu yang tidak tepat sebab malah akan membuatmu dinilai negatif.

2. Rajin masuk kelas
Kamu harus berusaha untuk memperbaiki kehadiranmu. Jangan sampai karena takut berhadapan dengan dosen killer kamu menjadi malas untuk masuk kelas. Ingat! Itu hanya akan membuatmu rugi nantinya, sebab dosen killer selain menghafal wajah-wajah mahasiswa yang rajin juga mengingat siapa saja yang jarang masuk kelas. Jadi hati-hati, ya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Wanita Introvert untuk Meningkatkan Karier

3. Upayakan datang tepat waktu
Biasanya dosen killer adalah orang-orang yang punya sikap disiplin yang sangat baik. Mereka akan berusaha untuk hadir tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jadi, kamu tentu harus berusaha pula untuk hadir tepat waktu. Alangkah tidak baiknya kalau kamu datang disaat dosenmu sudah ada di kelas, terlebih kalau dosenmu itu killer, siap-siap saja kamu akan dicap mahasiswa lambat.

4. Berhati-hatilah ketika ingin mengoreksi
Ketika kamu menemukan kekeliruan dari penjelasan dosen, kamu tentu sangat boleh untuk mengoreksinya. Namun, kamu harus tetap perhatikan adab dan norma kesopanan. Koreksilah dengan penuh rasa hormat dan dengan kata-kata yang baik. Jangan sampai kamu kesannya menggurui.

5. Jangan pernah mengkritiknya di depan umum
Siapapun orangnya tentu tidak akan senang bila dikritik di hadapan banyak orang, terlebih ketika ia termasuk dosen killer. Kalau kamu ingin mengkritiknya, maka kritiklah secara bijak dengan cara menemuinya langsung. Sebab hal tersebut juga bisa membuat dosen akan merasa lebih dihormati dan dihargai.

6. Selesaikan tugas yang diberikan dengan baik
Tugas adalah salah satu kewajiban yang memang sudah seharusnya dikerjakan oleh setiap mahasiswa. Maka, kamu harus berupaya menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya, usahakan tepat waktu, dan jangan sampai tugasmu adalah hasil copy paste dari tugas temanmu, ya.

Baca juga: Tetap Produktif, Ini 5 Pekerjaan yang Pas untuk Mahasiswa Saat Liburan

7. Ambil perhatiannya dengan cara aktif di kelas
Ketika di sela-sela mengajar dosenmu memberikan pertanyaan, maka sebisa mungkin kamu memberanikan diri untuk mengacungkan tangan dan menjawabnya. Walaupun kenyataannya kamu sedang berhadapan dengan dosen killer, kamu tidak perlu malu dan ragu. Kalau kamu memang merasa tahu jawabannya, beranikanlah dirimu untuk berbicara setidaknya itu bisa menjadi penilaian positif bagi dosen terhadap dirimu.

8. Perhatikan dengan serius ketika ia mengajar
Bukan hanya dosen killer melainkan semua dosen pasti tidak akan senang jika saat mengajar mahasiswa malah tidak memperhatikan atau bahkan mengobrol di kelas. Maka, setiap kali dosenmu mengajar, kamu harus perhatikan dengan baik dan serius. Hal itu juga perlu kamu lakukan sebagai bentuk kamu menghargai dosenmu.

9. Jangan pernah tidur di kelas
Tidur sebenarnya adalah hal yang wajar, namun kamu juga harus tempatkan di tempat yang tepat. Ketika dosen sedang mengajar, jangan sampai kamu berani untuk tidur meski kondisimu sedang kantuk berat. Kamu bisa keluar kelas sejenak untuk mencuci muka dan merilekskan badan agar pikiranmu kembali jernih dan siap untuk belajar. Intinya jangan sampai tidur kalau kamu tidak mau dapat masalah dengan dosenmu, ya.

Itulah 9 cara ampuh untuk menghadapi dosen killer. Sekarang kamu tidak perlu lagi takut untuk berhadapan dengan dosenmu, ya.

Sumber: Idntimes.com

4 replies to “9 Cara Ampuh Hadapi Dosen Killer, Kamu Wajib Tahu!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star