Hastag Campus

5 Hal Ini Akan Dialami Mahasiswa Baru di Kampus, Sudah Siap?

Seringkali di media sosial atau di tempat umum terdengar sejumlah anak SMA/sederajat yang membicarakan tentang bagaimana kehidupan saat kuliah dengan versinya masing-masing. Tentunya, tak jauh dari ekspektasi yang indah sama seperti yang diceritakan di berbagai sinetron.

Akan tetapi, kita pasti tidak akan tau bagaimana kenyataannya sebelum mencoba atau menjalaninya. Seperti ekspektasi tentang masa kuliah yang indah ala calon mahasiswa baru, berikut 5 hal yang akan dialami oleh mahasiswa baru pertama kali ketika kuliah.

1. Suasana belajar beda banget dengan jenjang pendidikan sebelumnya
Siapa pun pasti akan merasa jika suasana belajar di bangku kuliah akan sangat berbeda ketimbang saat masih SMA/SMK/MA dulu. Jika di jenjang pendidikan sebelumnya semuanya sudah diatur misalnya jadwal belajar dari pagi sampai siang atau menjelang sore, maka ketika kuliah hal tersebut tinggal kenangan saja.

Misalnya jadwal kuliah yang terkadang mengharuskan mahasiswa datang sebelum jam 7 pagi atau rela jauh-jauh datang ke kampus jam 4 sore yang pada akhirnya dosen berhalangan masuk.

Tak hanya itu, proses belajar juga membuat mahasiswa baru sadar bahwa mereka juga harus mencari sumber pengetahuan yang lain selain dari dosen. Berpendapat juga mesti rasional dan disertai sumber dari buku atau sumber lainnya yang kredibel.

Baca juga: Ini 7 Hal Positif Jika Kamu Menempuh Pendidikan ke Luar Negeri

2. Kuliah gak seindah seperti yang diceritakan sinetron maupun film di bioskop
Mungkin sebagian besar pelajar di tingkat SMA/sederajat membayangkan jika kuliah akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan seperti yang digambarkan di sinetron. Mulai dari berpenampilan sesukanya, suasana belajar yang santai hingga kisah asmara yang selalu berakhir di pelaminan.

Namun, semua ekspektasi tersebut tidak semuanya benar bahkan mungkin saja mengecewakan mahasiswa baru. Misalnya, uang kuliah yang terasa memberatkan, senior yang mungkin saja galak, mengejar nilai bagus tak segampang membalikkan telapak tangan sampai harus menjomblo untuk fokus belajar.

Bahkan terkadang di kampus yang masih berbenah diri, mahasiswa barunya harus berdesakan di dalam kelas yang sebenarnya over kapasitas tanpa AC, WC yang kurang terawat lengkap dengan air bau karat dan sampah yang ditumpuk di mana-mana.

3. Keberagaman semakin terasa, mulai dari asal daerah, penampilan, agama bahkan ideologi
Memasuki bangku kuliah juga berarti memasuki dunia yang lebih luas lagi karena mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan berbagai hal yang mungkin belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.

Contohnya model pakaian dan rambut yang beragam, teman dengan berbagai kepribadian yang berbeda satu sama lain, tradisi suatu agama atau kepercayaan yang baru didengar atau dilihatnya, serta berbagai bahasa daerah yang baru didengar maupun ideologi yang dianut oleh mahasiswa lainnya.

Baca juga: 7 Trik Agar Presentasimu Dilirik Dosen, Lebih Gampang Menjelaskan Pun Bisa Nambah Nilai

4. Belajar bukan hanya di kelas, tetapi tidak terbatas tempat ataupun materi
Di bangku kuliah, mahasiswa baru pasti semakin menyadari jika waktu luang lebih baik dimanfaatkan untuk mencari pengetahuan baru.

Oleh karena itu, selain dari dosen ketika menjelaskan di dalam kelas, pengetahuan juga bisa bersumber dari sejumlah kajian atau diskusi lepas yang biasanya digelar oleh sekelompok mahasiswa lainnya.

Tak hanya persoalan mata kuliah yang sedang atau sudah dipelajari, tetapi terkadang juga merembet ke hal-hal lainnya misalnya filsafat, feminisme atau politik. Jadi, pengetahuanmu akan semakin luas deh!

5. Semakin sering memikirkan masa depan
Tentunya di bangku kuliah, mahasiswa baru akan semakin sering membuat rencana tentang bagaimana dirinya di masa yang akan datang. Hal tersebut biasanya ditulis di kertas atau disimpan di kepala sebagai pengingat dan motivasi.

Hal ini dikarenakan mahasiswa baru semakin sadar tentang tanggung jawabnya kelak bagi negara maupun keluarga sendiri. Apalagi jika mendengar kisah temannya atau sepupunya yang sudah sukses maupun seniornya yang berhasil.

Nah, itulah 5 hal unik yang akan ditemui mahasiswa baru saat pertama kali memasuki dunia kuliah. Tentu akan ada kesan gegar budaya, tapi lama kelamaan kamu akan bisa menyesuaikan diri kok! Semangat, ya!

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Hal Ini Akan Dialami Mahasiswa Baru di Kampus, Sudah Siap?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star