Hastag Campus

5 Manfaat Bergabung di Lembaga Pers Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Rasanya setiap universitas khususnya yang ada di Indonesia memiliki beragam Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) yang bisa dipilih sendiri oleh mahasiswa sesuai minat dan bakatnya. Salah satunya adalah UKM pers kampus atau lembaga kampus yang bergerak di bidang jurnalistik.

Nantinya mahasiswa yang menjadi anggota UKM pers kampus akan bertugas menjadi wartawan dan meliput beragam kegiatan yang terjadi di sekitar kampus. Kegiatan ini tentu memiliki sisi suka dukanya dan hanya mahasiswa yang menyukai tantangan yang bisa menikmati suka duka menjadi jurnalis kampus ini.

Dibalik semua itu, sebenarnya ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh mahasiswa baru jika bergabung ke lembaga pers kampus seperti penjelasan berikut.

1. Memiliki wawasan luas
Bergabung dengan UKM pers kampus menuntut setiap pelakunya untuk melek informasi. Alhasil jurnalis kampus mau tak mau harus membekali dirinya dengan wawasan yang luas sehingga mudah untuk menjalankan tugasnya sehari-hari. Dengan pola ini, kamu akan terus mengetahui informasi baru, khususnya seputar dunia kampus yang nantinya bisa menjadi bahan untuk tugas peliputan.

Tak hanya itu, menjadi jurnalis kampus juga membuatmu bisa bertemu orang-orang yang rasanya sulit ditemui jika hanya menjadi mahasiswa biasa, misalnya kamu akan sering bertemu rektor atau jajarannya untuk tugas peliputan.

Baca juga: Kelihatannya Sepele, Namun 5 Hal Ini Penting Banget Lho untuk Kariermu

2. Kamu jadi mahasiswa yang produktif
Sebagai mahasiswa baru, sudah seharusnya kamu lebih aktif dan tidak hanya ke kampus untuk tujuan kuliah saja. Artinya, kamu dapat mengisi waktu kosong setelah selesai kuliah dengan aktif berkegiatan, salah satunya dengan berkecimpung di UKM pers kampus.

Dengan bergabung di kegiatan pers kampus, kamu dapat memperoleh manfaat yakni menjadi mahasiswa yang produktif. Sebab kamu akan menghasilkan karya jurnalistik baik berupa tulisan atau video yang nantinya akan dibaca atau dilihat oleh khalayak, terutama publik di kampus. Kamu pun menjadi bermanfaat karena membantu orang lain untuk mendapatkan informasi yang berhak diketahui publik pada umumnya.

Misalnya kamu menulis mengenai mahasiswa disabilitas dari keluarga miskin yang kuliahnya terancam karena tak punya biaya. Dengan adanya tulisanmu, banyak orang menaruh empati kepada mahasiswa tersebut sehingga membantunya untuk bisa terus menjalankan kuliah. Ini karena tulisan karya jurnalistik yang kamu tulis menggugah hati pembaca.

3. Kamu bisa membangun relasi
Sudah jadi rahasia umum rasanya bahwa setiap orang yang bergabung ke sebuah unit atau instansi tertentu maka berpeluang untuk memiliki banyak jaringan dan dapat membangun relasi dengan orang yang ia temui.

Begitu juga jika kamu bergabung dengan UKM pers kampus. Kamu akan bertemu mahasiswa dengan berbagai latar jurusan yang berkecimpung di UKM pers kampus sehingga akan membuat jaringan pertemananmu menjadi luas.

Tak hanya itu kamu juga akan bertemu berbagai orang yang akan menjadi narasumbermu. Dengan begitu kamu bisa membangun relasi sejak di bangku perkuliahan.

Baca juga: Tetap Produktif, Ini 5 Pekerjaan yang Pas untuk Mahasiswa Saat Liburan

4. Melatih mentalmu menjadi semakin kuat
Di lembaga pers kampus, kamu dituntut untuk berani dan tidak takut untuk menghadapi siapapun narasumber yang akan menjadi targetmu dalam tugas peliputan. Misalnya, kamu harus mewawancarai dosen yang terkenal killer, kamu tentu harus berani menemuinya dan mewawancarai dosen tersebut agar karya jurnalistikmu tetap berimbang. Hal ini tentu akan membuat mentalmu semakin kuat sebab tidak banyak mahasiswa yang mau berurusan dengan dosen killer tersebut.

Menjadi jurnalis kampus akan melatihmu untuk bermental kuat. Sehingga hal ini bisa menjadi modalmu untuk menghadapi tantangan di dunia pekerjaan setelah lulus dari kampus.

5. Kamu jadi punya pengalaman dan modal untuk terjun ke profesi jurnalis setelah lepas dari kuliah
Saat ini tidak sedikit alumni UKM Pers kampus menjadi wartawan di media-media nasional. Bahkan beberapa media nasional juga mencari kandidat reporter baru yang pernah memiliki pengalaman di lembaga pers kampus. Ini menjadi hal positif bagi kamu yang ingin terjun menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Pengalamanmu sebagai jurnalis kampus akan berguna ketika kamu memutuskan untuk menjadi jurnalis setelah lulus kuliah.

Demikianlah 5 manfaat bergabung dengan lembaga pers kampus bagi mahasiswa baru. Kamu yang berminat dan suka dunia jurnalistik, maka kamu cocok untuk menyalurkan minatmu ke lembaga pers kampus.

Selain kaya pengalaman, kamu bisa banyak belajar bagaimana menjadi seorang jurnalis yang tetap mengedepankan etika jurnalistik dalam setiap proses kerjanya. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk bergabung dengan UKM Pers kampus?

Sumber: Idntimes.com

One reply to “5 Manfaat Bergabung di Lembaga Pers Kampus Bagi Mahasiswa Baru

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star