Hastag Campus

5 Tips Supaya Mudah Memahami Pelajaran Hitungan, Yuk Terapkan

Begitu banyak pelajar yang sangat membenci pelajaran hitung-hitungan waktu di sekolah atau di kampus. Padahal pelajaran hitung-hitungan semisal matematika, fisika, dan akuntansi, merupakan pelajaran yang sangat penting dan dibutuhkan sewaktu bekerja nanti. Dan kalau sudah paham, pelajaran ini pun akan sangat dicintai karena merupakan ilmu pasti.

Nah, bagi kamu yang kesulitan memahami pelajaran hitung-hitungan. Janganlah membenci pelajaran ini, mulailah terapkan lima tips ini supaya kamu bisa paham dan mencintai pelajaran hitung-hitungan.

1. Usahakan memperhatikan pelajaran dari awal
Berbeda dengan ilmu teori lainnya, yang bisa dipelajari secara otodidak dengan membaca buku, semisalnya kamu ketinggalan pelajaran, ilmu hitung-hitungan sangat wajib kamu ikuti mulai dari materi awal hingga akhir. Karena ilmu ini sangat sukar untuk dipelajari seorang diri. Dibutuhkan sosok pengajar dalam menerangkannya.

Maka dari itu, setiap pelajar hitung-hitungan, kamu harus tiba tepat waktu, sebelum guru mulai menerangkan. Dan selama guru menerangkan, pastikan kamu tetap konsentrasi dan terus mengikuti alur yang guru ajarkan. Jangan sampai kamu lengah, karena sekali kamu ketinggalan, dipastikan kamu tak akan paham lagi dengan materi selanjutnya.

Baca juga: 5 Bekal Utama Biar Bisa Sukses Kerja di Industri Digital

2. Catatlah dan tandai di catatan supaya mempermudahmu nanti
Tentulah apa yang guru ajarkan tak bisa kamu simpan saja ke otak, diperlukan mencatat supaya kamu bisa pelajari sewaktu di rumah. Dan yang harus diingat, catatlah sewaktu guru memberi waktu mencatat. Jangan pula kamu mencatat pada saat guru asyik menerangkan, konsentrasimu akan terbelah nantinya.

Dan juga, catatlah berdasarkan kemudahan kamu sendiri. Dengan cara membuat catatan pinggir supaya mengingatkan kembali pada saat pelajari ulang. Karena terkadang kita bisa lupa jalan materi walaupun sudah dicatat, karena kita tidak mengantisipasinya dengan catatan pinggir.

3. Duduk paling depan
Bukan berarti duduk paling belakang membuatmu tidak paham dengan apa yang diajarkan guru, akan tetapi duduk paling depan membuatmu lebih mudah melihat papan tulis, dan juga godaan teman-temanmu.

Kalau kamu duduk paling belakang, terkadang ada halangan dari temanmu yang ada di depan, yang membuat apa yang ditulis oleh guru di papan tulis tidak nampak. Dan juga ajakan ngobrol dari teman di sebelah, bisa membuatmu menjadi tidak konsen lagi, karena duduk paling belakang sangat asyik untuk saling ngobrol.

Baca juga: Lama Lulus Kuliah? Ini Tips yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuang Stress

4. Bertanyalah kalau ada yang kurang paham
Bertanyalah kalau kamu tak ingin sesat di jalan. Jangan malu-malu dan takut. Karena bertanya adalah jalanmu untuk bisa dikenal guru atau dosenmu. Selain itu, perihal apa yang kurang kamu pahami bisa diatasi nantinya.

Akan hal itulah, bertanyalah kalau-kalau ada yang kurang kamu pahami. Jangan dipendam, apalagi bertanya ke temanmu, lebih baik langsung saja bertanya ke guru yang menerangkan.

5. Pelajari terus dengan cara menguji lewat soal-soal
Apa guna kalau kamu sudah paham dengan suatu materi pelajaran hitung-hitungan, akan tetapi dipendam saja dicatatanmu, lama-lama ilmu itu akan hilang. Sesekali ujilah pemahamanmu dengan cara membuat soal-soal sesuai materi yang baru diajarkan.

Maka dari itu, banyak guru dan dosen memberi tugas kepada muridnya supaya mereka tetap terus paham. Itu suatu hal yang postif, jangan pula tugas kamu anggap suatu bencana besar. Mulailah ubah mindsetmu bahwa tugas suatu hal yang positif.

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan supaya paham dalam pelajaran hitung-hitungan. Matematika, fisika, akuntansi, dan ilmu hitung-hitungan lainnya suatu ilmu yang enteng, kalau kamu sudah mulai menemukan kecintaan dan pemahaman.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star